Sukses

AHY Akan Dilantik Sebagai Menteri ATR, Gerindra: Pasti Pak Jokowi Punya Pertimbangan Matang

Menurut Muzani, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki pertimbangan tersendiri dalam menunjuk seseorang menjadi menteri dalam kabinetnya, termasuk AHY sebagai Menteri ATR.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra mengapresiasi penunjukan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Menteri ATR.

"Kami percaya dan kami menyambut baik keputusan itu," kata Muzani seperti dikutip dari Antara, Rabu, (21/2/2024).

Menurut Muzani, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki pertimbangan tersendiri dalam menunjuk seseorang menjadi menteri dalam kabinetnya. Namun, ia meyakini penunjukan AHY sebagai Menteri ATR dengan pertimbangan yang matang. 

Dia melanjutkan salah satu pertimbangan Presiden Jokowi yakni melihat kualitas dan latar belakang seseorang agar sesuai dengan jabatan yang akan diberikan.

"Pak Presiden melakukan pertimbangan yang matang untuk mengangkat siapapun namanya, dari partai manapun, termasuk Agus Harimurti Yudhoyono dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang," kata dia.

Namun, Muzani enggan mengomentari terkait pelantikan AHY lantaran Partai Demokrat telah berkoalisi dengan barisan Prabowo-Gibran.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pada Rabu, 21 Februari 2024. Jokowi mengatakan reshuffle kabinet akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB.

"Besok dilihat saja jam 10 (siapa menteri yang di-reshuffle)," kata Jokowi usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Ecovention Hall di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/2/2024).

Dia tak memberi jawaban pasti saat ditanya soal kabar Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Jokowi meminta semua pihak menunggu siapa saja menteri yang akan dilantik Rabu besok.

"Besok dilihat saja," ucap Jokowi.

Meski demikian, sumber di Istana membenarkan dua tokoh yang akan dilantik sebagai menteri yaitu AHY dan Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan adanya pelantikan Menko Polhukam dan Menteri ATR di Istana Negara pada Rabu besok.

Namun, Ari enggan membeberkan siapa menteri-menteri yang akan dilantik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gantikan Mahfud Md

"Rabu besok, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara," jelas Ari kepada wartawan.

"Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok ya," sambung dia.

Seperti diketahui, posisi Menko Polhukam saat ini kosong usai Mahfud Md mengundurkan diri beberapa minggu lalu. Sementara itu, Hadi Tjahjanto saat ini menjabat sebagai Menteri ATR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.