Sukses

Mensesneg Pratikno Bantah Kabar Ada Menteri Mundur dari Kabinet

Pratikno juga membantah Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan perombakan menteri atau reshuffle kabinet.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membantah kabar adanya menteri mundur dari Kabinet Indonesia Maju. Isu tersebut sebelumnya disampaikan pengacara Hotman Paris Hutapea melalui akun instagramnya @hotmanparisofficial.

"Tidak ada," kata Pratikno kepada wartawan, Jumat (16/2/2024).

Dia juga membantah Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet. Pratikno menegaskan hingga kini tidak ada rencana menteri akan diganti.

"Tidak ada menteri yang akan diganti," jelasnya.

Sebelumnya, Hotman Paris mengunggah sebuah video dalam akun instagramnya. Hotman mengatakan bahwa akan ada Menteri yang selama ini mendukung pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud, mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menepis kabar yang menyebutkan dirinya mundur dari kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Basuki menyebut dirinya terus bekerja.

"Alah, (isu) itu udah lewat, besok udah nyoblos (Pemilu). Saya kan kerja terus," kata Basuki kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/2/2024).

Dia mengaku mendapat perintah untuk menyelesaikan tugas sebagai Menteri PUPR hingga berakhir pada Oktober 2024 mendatang. Basuki menyebut kabinet Indonesia Maju sast ini juga masih solid.

"Masih (solid) kalau saya, enggak ada urusan," ujarnya.

Saat ditanya apakah perintah tersebut berasal dari Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Basuki mengatakan dirinya belum bertemu kembali dengan Presiden kelima RI itu. Basuki terakhir bertemu Megawati saat acara ulang tahun.

"Belum ketemu saya (dengan Megawati). Ulang tahun beliau dulu (terakhir bertemu)," tutur Basuki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Muhadjir Ungkap Suasana Terkini Kabinet di Tengah Isu Para Menteri Mundur

Sebelumnya, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menjamin suasana di kabinet masih aman di tengah ramainya isu mundur para menteri. Hanya saja, frekuensi rapat di Istana memang menurun karena sudah tahun politik Pemilu 2024.

"Jadi kalau itu masih rutin-rutin saja, tapi kalau frekuensi turun iyalah gitu, kan tahun politik kalau masih tetap banyak, itu apa bedanya itu," kata Muhadjir saat Media Briefing di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2024).

Muhadjir menyebut, dalam tahun politik ini banyak menteri yang mencalonkan jadi caleg maupun tim sukses. Selain itu, ada menteri juga mencalonkan sebagai capres. Sehingga, menjadi wajar bila intensitas rapat menurun.

"Apalagi kan banyak menteri yang juga nyaleg, ada menteri yang jadi tim pemenang-pemenangan, ada juga menteri yang sedang maju Presiden, ada yang Wapres jadi itu biasa saja," ucapnya.

Atas hal itu, Muhadjir menjamin kabinet Indonesia tetap aman. Dia juga menegaskan, dirinya tidak mundur dari kabinet.

"Saya jamin aman-aman, termasuk isu saya mundur enggak ada saya mundur. Saya itu jangan kan mundur, maju saja enggak bisa," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.