Sukses

FOTO: Bio Bemo Siap Mengaspal di Jalanan Ibukota

Adalah Hendrico Halim, warga Kemang, Jakarta Selatan, yang berinisiatif menciptakan Bio Bemo. Bemo generasi terbaru yang ramah lingkungan ini akan segera dipamerkan kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi. Jika Jokowi tertarik, Hendrico menyatakan siap memperbanyak bemo ciptaannya itu.

Tidak seperti Bemo kebanyakan, Bio Bemo ini menggunakan bahan bakar listrik. Karena itu, bemo ini menghasilkan minim polusi.

"Ini beda dengan Bemo yang kita lihat selama ini. Tidak menimbulkan polusi, ramah lingkungan, karena tidak menggunakan bensin. Kami memakai aki untuk menjalankannya," kata Hendrico beberapa waktu lalu.

Bio Bimo ini mampu memutar motor listrik sejauh 50 kilometer. Ujicoba sudah dilakukan dari Stasiun Beos ke daerah Kemang. Untuk spesifikasi mesinnya, tenaga listrik Bio Bemo dihasilkan dari 4 buah baterai yang masing-masing berkapasitas 12 volt.

"Untuk pengisian baterai, Bio Bemo ini bisa di-charge (isi ulang) dengan dicolok ke outlet listrik PLN dengan daya 1.300 watt dan bertegangan 220 volt. Proses isi ulang memakan waktu 8 jam," pungkas Hendrico. Berikut foto-foto Bio Bemo:

1. Bersama bemo 'jadul'

2. Baterai sebagai pemasok energi utama


3. Masih dalam tahap ujicoba

4. Digeber

5. Melaju di lapangan Karet Kubur

6. Tampak samping

7. Interior

8. Teknisi mengisi baterai

(Ism)