Sukses

Jokowi Datangi Tempat Kumpul Kubu Prabowo-Gibran Usai Kampanye Akbar, Ada Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendatangi Hotel Fairmont Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2024) malam. Hotel tersebut merupakan tempat elite pendukung Prabowo-Gibran berkumpul usai kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Berdasarkan pantauan, Jokowi tiba pukul 20.25 WIB, dengan menggunakan mobil Alphard hitam bernomor polisi B 8169 ZZH. Jokowi datang menggunakan kaos bewarna hitam.

Jokowi keluar mobil bersama kedua cucunya yakni, Jan Ethes Srinarenda dan La Lembah Manah. Keduanya merupakan anak dari putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Tak selang lama sekitar 15 menit, Gibran dan istrinya Selvi Ananda masuk ke lobi Hotel Fairmont. Setelah 25 menit, Jokowi pun kembali ke lobi hotel.

Jokowi mengatakan, dia hanya mengantar kedua cucunya kepada Gibran dan Selvi. Dia mengaku menghabiskan waktu bermain dengan sang cucu selama Gibran melakukan kampanye akbar.

"Ya seharian saya momong cucu. Malamnya saya anterin ke yang punya anak," ujar Jokowi kepada wartawan.

Jokowi tak menjawab ditanya apakah ada pembahasan soal kampanye akbar dengan Gibran. Dia langsung melambaikan tangan kepada awak media dan pergi meninggalkan hotel.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menggelar konferensi pers di hotel yang sama. Dalam konferensi pers itu, hadir Ketua Umum TKN, Rosan Roeslani, Wakil Ketua TKN, Habiburokhman, dan Juru bicara Menteri Pertahanan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Istana Tegaskan Jokowi Tak Hadiri Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di GBK Hari Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dipastikan tidak akan menghadiri kampanye akbar pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (10/2/2024). Hal ini menyusul pernyataan Jokowi yang menegaskan tak akan berkampanye.

"Presiden tidak akan kampanye. Ini telah ditegaskan beliau, 7 Februari 2024 yang lalu," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana saat dikonfirmasi soal kehadiran Jokowi di kampanye Prabowo-Gibran, Sabtu (10/2/2024).

Sebelumnya, Jokowi menegaskan tidak akan ikut berkampanye pada Pemilu maupun Pilpres 2024. Hal ini disampaikan Jokowi menjawab kabar yang menyebutkan dirinya akan ikut kampanye akbar terakhir pada 10 Februari 2024.

Dia menuturkan presiden memang diperbolehkan berkampanye dan memihak sesuai Undang-Undang Nomor Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Namun, Jokowi tak menggunakan kesempatan untuk kampanye.

"Yang bilang (akan ikut kampanye) siapa? Ini saya ingin menegaskan kembali pernyataan saya sebelumnya bahwa presiden memang diperbolehkan undang-undang untuk kampanye dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturannya," kata Jokowi di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu (6/2/2024).

"Tapi jika pertanyaannya apakah saya akan kampanye, saya jawab tidak. Saya tidak akan berkampanye," sambung Jokowi.

Sementara itu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan melakukan kampanye akbar bersama para Tim Kemenangan Nasional (TKN) partai pengusung serta para pendukung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini