Sukses

Top 3 News: Kemacetan Mengular Gambir hingga Monas Akibat Demo di Kawasan Istana Kepresidenan Jakarta

Aksi unjuk rasa kembali berlangsung di Jakarta Pusat, tepatnya di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu 7 Februari 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi unjuk rasa kembali berlangsung di Jakarta Pusat, tepatnya di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu 7 Februari 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Aksi tersebut dihadiri oleh sejumlah elemen masyarakat, seperti kelompok sipil, mahasiswa dan buruh. Mereka menyuarakan hak berpendapatnya soal memilih pemimpin berdasarkan rekam jejak. Mereka menamakan gerakan tersebut dengan Koalisi Pilih Pulih.

Mengantisipasi massa aksi meluas, aparat keamanan menutup sejumlah ruas jalan ditutup mulai dari Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Barat hingga Medan Merdeka Utara yang berada seberang Istana Kepresidenan Jakarta.

Imbasnya, berdasarkan pantauan di lokasi pukul 15.00 WIB, kemacetan parah kendaraan terjadi mulai dari ruas jalan Tugu Tani, Masjid Istiqlal Jakarta hingga Stasiun Juanda. Termasuk lalu lintas yang mengarah ke Jalan Gajah Mada, padatnya volume kendaraan membuat arus tersendat bahkan stuck.

Sementara itu, pada bulan Rajab ini, ada salah satu peristiwa penting yaitu Isra Miraj. Momen Isra Miraj tersebut merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam.

Mengapa begitu? Sebab, pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. Saat Isra Miraj, Allah SWT memperjalankan Nabi Muhammad dari Masjidilharam Makkah, menuju Masjidil Aqsha Paletina.

Isra Miraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab di kalender Hijriah. Dan pada tahun 2024 ini, Isra Miraj jatuh pada Kamis 8 Februari 2024 mendatang.

Pada malam Isra Miraj 27 Rajab, ada amalan doa yang dapat dibaca umat Islam. Doa ini memiliki keistimewaan yaitu segala hajat atau keingian yang diminta akan dikabulkan oleh Allah SWT, melansir NU Online, Rabu 7 Februari 2024.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan dirinya tak akan ikut berkampanye pada Pemilu maupun Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Jokowi menjawab kabar yang menyebutkan dirinya akan ikut kampanye akbar terakhir pada 10 Februari 2024. Dia menuturkan presiden memang diperbolehkan berkampanye dan memihak sesuai Undang-Undang Nomor Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Namun, Jokowi tak menggunakan kesempatan untuk kampanye.

Disamping itu, Jokowi kembali mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, hingga Badan Intelijen Negara (BIN) dalam menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 7 Februari 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Demo di Kawasan Istana Kepresidenan Jakarta, Kemacetan Mengular dari Gambir hingga Monas

Aksi unjuk rasa kembali berlangsung di Jakarta Pusat, tepatnya di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu 7 Februari 2024. Aksi tersebut dihadiri oleh sejumlah elemen masyarakat, seperti kelompok sipil, mahasiswa dan buruh.

Mereka menyuarakan hak berpendapatnya soal memilih pemimpin berdasarkan rekam jejak. Mereka menamakan gerakan tersebut dengan Koalisi Pilih Pulih.

Mengantisipasi massa aksi meluas, aparat keamanan menutup sejumlah ruas jalan ditutup mulai dari Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Barat hingga Medan Merdeka Utara yang berada seberang Istana Kepresidenan Jakarta.

Imbasnya, berdasarkan pantauan di lokasi pukul 15.00 WIB, kemacetan parah kendaraan terjadi mulai dari ruas jalan Tugu Tani, Masjid Istiqlal Jakarta hingga Stasiun Juanda.

Termasuk lalu lintas yang mengarah ke Jalan Gajah Mada, padatnya volume kendaraan membuat arus tersendat bahkan stuck.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Keistimewaan Doa Malam Isra Miraj 27 Rajab yang Bisa Kamu Amalkan Hari Ini, Rabu 7 Februari 2024

Pada bulan Rajab ini, ada salah satu peristiwa penting yaitu Isra Miraj. Momen Isra Miraj tersebut merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam.

Mengapa begitu? Sebab, pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. Saat Isra Miraj, Allah SWT memperjalankan Nabi Muhammad dari Masjidilharam Makkah, menuju Masjidil Aqsha Paletina.

Kemudian Nabi Muhammad pergi melintasi lapisan-lapisan langit tertinggi sampai batas yang tidak dapat dijangkau pengetahuan malaikat, manusia, maupun jin dengan mengendarai Buraq.

Isra Miraj diperingati setiap tanggal 27 Rajab di kalender Hijriah. Dan pada tahun 2024 ini, Isra Miraj jatuh pada Kamis 8 Februari 2024 mendatang.

Pada malam Isra Miraj 27 Rajab, ada amalan doa yang dapat dibaca umat Islam. Doa ini memiliki keistimewaan yaitu segala hajat atau keingian yang diminta akan dikabulkan oleh Allah SWT, melansir NU Online, Rabu 7 Februari 2024.

Oleh karena itu, alangkah baiknya umat Islam tidak melewatkan amalan ini, yang hanya ada pada satu momentum dalam setahun, yakni pada Rabu malam 7 Februari 2024 Kamis ini.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Jokowi Tegaskan Tak Akan Ikut Kampanye Pilpres 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan dirinya tak akan ikut berkampanye pada Pemilu maupun Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Jokowi menjawab kabar yang menyebutkan dirinya akan ikut kampanye akbar terakhir pada 10 Februari 2024.

Dia menuturkan presiden memang diperbolehkan berkampanye dan memihak sesuai Undang-Undang Nomor Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Namun, Jokowi tak menggunakan kesempatan untuk kampanye.

"Yang bilang (akan ikut kampanye) siapa? Ini saya ingin menegaskan kembali pernyataan saya sebelumnya bahwa presiden memang diperbolehkan undang-undang untuk kampanye dan juga sudah pernah saya tunjukkan bunyi aturannya," kata Jokowi di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu 7 Februar 2024.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.