Sukses

Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas Kampanye Akbar di JIS dan GBK Jakarta

Kampanye akbar di Jakarta akan berlangsung di dua lokasi yakni Stadion GBK untuk paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran dan JIS untuk paslon nomor urut 1 Anies-Cak Imin pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye akbar di Jakarta akan berlangsung di dua lokasi dalam waktu bersamaan yakni Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan pada Sabtu, 10 Februari 2024 mendatang.

Kampanye akbar di JIS, Jakarta Utara diselenggarakan oleh pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), sementara kampanye akbar di Stadion GBK, Jakarta Pusat digelar oleh paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Kepolisian pun telah menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi kampanye akbar, namun pemberlakuannya bersifat situasional tergantung kondisi dan situasi di lapangan.

"Kami telah menyiapkan rekayasa lalu lintas, tapi sifatnya situasional," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dalam keterangannya, Rabu (7/2/2024).

Latif menjelaskan, pihaknya menerjunkan 230 personel untuk mengatur arus lalu lintas di kawasan menuju ke JIS, Jakarta Utara. Sedangkan, sebanyak 612 personel dikerahkan untuk mengatur lalu lintas di kawasan menuju ke GBK.

Latif mengimbau masyarakat yang tidak berkepentingan untuk menghindari kawasan JIS dan GBK saat kampanye berlangsung.

"Kami imbau kepada masyarakat yang tidak ada kepentingan agar menghindari kawasan JIS dan GBK," ujar dia.

Latif kemudian menjelaskan, rekayasa lalu lintas di sekitar Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar JIS

Adapun, kendaraan khusus kendaraan penghuni pemukiman dan pengunjung JIS dari Jalan RE Martadinara diluruskan ke Bintang Mas.

Kemudian, kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Polair belok kiri ke arah Jalan Enggano Raya.

Berikutnya, kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Jalan Yos Sudarso ke Pluit diputar balikkan di pertigaan terminal dan kembali ke Yos Sudarso.

Lalu, kendaraan dari arah Tol Papanggo di pertigaan Papanggo khusus penghuni pemukiman dan pengunjung JIS.

Selanjutnya, kendaraan di perempatan Bisma khusus penghuni pemukiman dan pengunjung JIS.

Terakhir, kendaraan di perempatan Sertiva khusus penghuni dan pengunjung JIS.

Latif mengatakan, pihaknya juga menyediakan kantong parkir untuk menampung kendaraan khusus tamu VIP & VVIP atau tamu undangan. Latif menyebut, lokasi yakni parkir dalam stadion, parkir timur 1 JIS dan parkir timur 2 JIS.

Untuk parkir kendaraan umum, Latif menyebut lokasinya ada di Ancol Karnaval, samping Wisma Atlet dan JI-Expo Kemayoran.

 

3 dari 3 halaman

Rekayasa Lalu Lintas Kawasan GBK

Sementara itu, rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Gelora Bung Karno. Latif menjelaskan arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi.

Kemudian, arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

Berikutnya, arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan menuju ke Jalan Pintu I Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi.

Selain itu, arus lalu lintas dari Jalan Mustopo menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan ke Jalan Hang Tuah.

Lalu, arus lalu lintas dari Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar.

Terakhir, arus lalu lintas arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Lapangan tembak diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

Latif mengatakan, massa yang membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor direkomendasikan untuk parkir di dalam areal GBK. Namun, bila penuh akan diarahkan ke Lapangan Aldiron atau Gedung Smesco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini