Sukses

Dedikasi Tujuh Dekade, HMI Cetak Kader Terbaik Bagi Bangsa

Sejak didirikan pada tahun 1947, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) telah menjadi salah satu organisasi pemuda terdepan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak didirikan pada tahun 1947, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) telah menjadi salah satu organisasi pemuda terdepan di Indonesia.

Ketua Umum PB HMI (Periode 2024-2026) Bagas Kurniawan mengatakan, HMI sudah mencetak jutaan kader yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air yang tidak hanya menjadi wadah pengembangan diri bagi mahasiswa Islam, tetapi telah memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa Indonesia, mulai dari pendidikan, politik, ekonomi, hingga sosial budaya.

“Kiprahnya dalam menyiapkan pemuda yang cerdas, terampil, dan berakhlak mulia telah memberikan sumbangsih nyata bagi kemajuan Indonesia,” kata Bagas seperti dikutip dari siaran pers, Senin (5/2/2024).

Bagas menjelaskan, peran pemuda, khususnya kader-kader HMI di seluruh Indonesia menjadi semakin crucial. Dengan demikian, Visi Indonesia 2045 bukanlah sekedar mimpi, melainkan peta jalan yang membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, tidak terkecuali kader-kader HMI di seluruh Indonesia.

"Selama lebih dari tujuh dekade, kader-kader HMI telah menjadi pilar utama dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Perwujudan dedikasi kader HMI tidak hanya dalam bentuk gagasan, namun manifestasi dari ide yang diaktualisasikan secara nyata,” kata Bagas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dedikasi

Bagas meyakini, dedikasi kader-kader HMI kedepannya akan semakin membumi mulai dari ruang-ruang ilmiah (insan akademis), ruang-ruang aksi (pencipta), dan ruang-ruang kontribusi (pengabdi) secara berkelanjutan.

“Tahun 2045 merupakan momen bersejarah bagi Bangsa Indonesia di mana Indonesia akan genap berusia 100 tahun. Untuk meraih cita-cita bersejarah tersebut, maka lahirlah Visi Indonesia 2045 dalam rangka menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2045,” yakin Bagas.

Maka dari itu, Bagas menjelaskan proses perkaderan HMI yang dimulakan pada level basic training, intermediate training, hingga advanced training. Hal itu merupakan aspek paling fundamental bagi terbinanya kader-kader yang bertanggung jawab atas terwujudnya pembangunan Visi Indonesia 2045.

“Pemuda Indonesia hari ini merupakan stakeholders utama bagi perwujudan Visi Indonesia Emas 2045 mendatang," dia menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.