Sukses

Ahok Mundur dari Komisaris Utama Pertamina, Kaesang: Biasa Aja

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menanggapi santai soal mundurnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari Komisaris Utama PT Pertamina.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menanggapi santai soal mundurnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari Komisaris Utama PT Pertamina.

Anak Presiden Jokowi itu menyatakan pengunduran diri Ahok hal biasa. Bahkan di kubu Prabowo-Gibran juga banyak yang mundur dari jabatannya dan memilih fokus kampanye.

"Ya biasa aja, banyak yang mundur kok. Ada Pak Michael Umbas dari TKN, banyak kok yang seperti itu. Itu hal yang biasa," kata Kaesang Pangarep di kawasan Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (3/2/2024).

Sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi mundur dari jabatannya sebagai Komisaris Utama Pertamina. Ahok menyatakan akan mulai berkampanye untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Ahok bahkan langsung ikut kampanye akbar pasangan capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar-Mahfud dengan tema 'Harapan Jutaan Rakyat (Hajatan Rakyat) dan Konser Salam Metal 03 Menang Total' di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (3/2/2024).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyatakan pengakuan mundurnya untuk menghilangkan kebingungan atau misinformasi di kalangan Ahokers terkait berita-berita hoaks yang beredar mengenai arah politiknya pada pilpres 2024.

"Intinya agar para Ahokers tidak bingung arah politik saya ke mana. Dengan ikut kampanye dukung Pak Ganjar dan Pak Mahfud, semua isu hoaks bahwa saya dukung pasangan lain, langsung setop," kata Ahok dalam keterangannya, Jumat (2/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ganjar Semangat Didukung Ahok

Calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo, menyampaikan terima kasih atas dukungan mantan Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang telah menyatakan siap berkampanye untuk Ganjar-Mahfud.

"Terima kasih dukungan dan tambahan energinya Mas BTP," kata Ganjar dikutip dari akun X @ganjarpranowo, Jumat (2/22023).

Ganjar Pranowo berharap dukungan Ahok membuat semangat tim dan paslon 03 kian menyala dan berkobar. "Semakin manyala, mari kita berjuang demi demokrasi Indonesia," kata Ganjar.

3 dari 4 halaman

Ahok Mundur untuk Dukung Ganjar-Mahfud, Erick Thohir: Itu Pilihan, Kita Negara Demokrasi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menghargai keputusan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mundur dari jabatan Komisaris Utama Pertamina (Persero).

Ahok sendiri mundur karena ingin fokus mendukung capres-cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Pak Ahok kasih tahu saya bahwa Beliau ingin bergabung, tentunya ke Ganjar-Mahfud. Itu pilihan kan, kita negara demokrasi," ujar Erick di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu (3/2/2024).

Menurut Erick, langkah Ahok sama dengan keputusan Mahfud Md yang mundur sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Erick Thohir menegaskan dirinya akan tetap bekerja bersama Presiden Jokowi.

4 dari 4 halaman

Erick Dukung Prabowo-Gibran dan Janji Tidak akan Pakai Fasilitas Negara

Erick Thohir sendiri menyatakan dukungannya untuk capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Erick memastikan tak akan menggunakan fasilitas negara saat melakukan kampanye pilpres 2024.

"Saya tidak memakai kepentingan atau tentu fasilitas yang ada. Insyaallah saya jaga amanahnya. Saya kerja, tetapi pada saat bersamaan saya punya pilihan yang saya rasa ini baik buat Indonesia," kata Erick Thohir.

Erick mengaku belum menentukan siapa Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) pengganti Ahok. Dia berjanji akan mencari sosok yang baik untuk duduk di jabatan tersebut.

"Belum, kan baru kemarin (Ahok mundur). Nanti kita cari yang baik," ucap Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.