Sukses

Relawan Capres-Cawapres Pemilu 2024 Komit Dorong Penggunaan Produk Lokal

Relawan capres-cawapres peserta Pemilu 2024 didesak komit untuk tidak menggunakan produk yang terafiliasi dengan aktor pembersihan etnis di Palestina dan beralih menggunakan produk lokal.

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan momentum penting bagi sebuah negara dalam menentukan arah kepemimpinan dan masa depan. Di tengah dinamika politik yang semakin kompleks, peran relawan menjadi krusial dalam menggerakkan massa, memperluas jangkauan pesan, dan membentuk opini publik.

Berkaitan dengan itu, para relawan capres-cawapres peserta Pemilu 2024 pun didesak komit untuk tidak menggunakan produk yang terafiliasi dengan aktor pembersihan etnis di Palestina dan beralih menggunakan produk lokal.

Gerakan Kebangkitan Produk Nasional (Gerbang Pronas) dan Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) pun menyerukan agar relawan capres-cawapres peserta Pemilu 2024 untuk komit menggunakan produk lokal yang tidak terafiliasi dengan aktor pembersihan etnis di Palestina.

Ketua Gerbang Pronas, Fuad Adnan menilai, komitmen tidak menggunakan produk tersebut merupakan jalan untuk mendorong produk lokal berkembang dan menjadi tuan di negeri sendiri. 

“Kami mendesak capres-cawapres untuk terus menjaga komitmen dengan tidak mendukung produk asing. Agenda tidak mendukung produk asing dapat menjadi momentum untuk membangkitkan penggunaan produk nasional,” ujarnya dalam sebuah dialog di Kafe Tendean, Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Fuad pun mengungkapkan, berbagai produk lokal yang tersedia merupakan produk pengganti dari produk asing. Ia mengatakan, mendukung produk lokal berarti membangun peluang agar ekonomi bangsa Indonesia dapat berkembang lebih mandiri. 

“Tidak mendukung ini bisa menjadi momentum untuk mendorong penggunaan produk lokal secara besar-besaran. Situasi ini tentu baik bagi perekonomian nasional agar lebih mandiri dan tidak bergantung kepada produk asing,” ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penentu Besar

Direktur Eksekutif YKMI, Ahmad Himawan menjelaskan, sikap dukungan capres-cawapres untuk tidak mendukung produk yang terafiliasi dengan aktor pembersihan etnis di Palestina akan menjadi penentu besar terhadap nasib kehidupan masyarakat di sana.

“Tidak mendukung produk asing ini adalah selemah-lemahnya perjuangan ummat. Karena itu, aksi ini semestinya mendapat dukungan dari seluruh ummat, termasuk para capres-cawapres tersebut,” jelasnya.

“Mereka harus ikut berjuang membela dan mendukung Palestina merdeka,” imbuh Ahmad.

Ia pun membeberkan, mengutip hasil survei Halal Watch, Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tersebut memunculkan kesadaran masyarakat untuk membeli produk lokal.

"Sebagai ummat, kami meyakini cinta Tanah Air adalah sebagian dari iman. Oleh karenanya, kami yakin dengan gerakan tidak mendukung produk asing dan dengan  mendorong masyarakat untuk menggantinya ke produk lokal adalah sumbangsih," beber Ahmad.

"Jangan sampai masyarakat mendapatkan misinformasi dari produk-produk asing yang mengaku produk nasional melalui iklan-iklan yang sekarang tayang dengan masif di televisi maupun sosial media, lalu memberikan bantuan untuk mengambil hati masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Ahmad pun mengajak kepada masyarakat untuk melek informasi dan selektif agar aksi tidak mendukung produk asing bisa tepat sasaran.

3 dari 3 halaman

Komitmen Gunakan Produk Lokal

Untuk itu, relawan capres-cawapres peserta Pemilu 2024 pun berkomitmen untuk tidak menggunakan produk asing dan beralih ke produk lokal. Selain itu, relawan capres-cawapres peserta Pemilu 2024 bersama Pronas dan YKMI menyerukan empat tuntutan konsumen.

  1. Sebagai ummat, kami percaya bahwa cinta Tanah Air adalah bagian dari iman. Salah satunya tentu dengan melakukan aksi tidak mendukung produk asing.
  2. Kami menyuarakan tuntutan ini agar bangsa Indonesia lebih berdikari dalam bidang ekonomi dan tidak bergantung pada produk asing.
  3. Karena itu, kami mendorong pasangan capres-cawapres untuk ikut menyuarakan seruan aksi tidak mendukung ini agar masyarakat terus melakukannya dan berdampak pada pembangunan ekonomi Indonesia yang lebih kuat.
  4. Masyarakat Indonesia tidak boleh diperalat produk-produk asing dengan mengaku sebagai produk nasional melalui iklan-iklan yang tersebar masif di televisi maupun sosial media dan mengambil simpati konsumen Indonesia dengan memberikan berbagai bantuan.

Sebagai informasi, dalam dialog yang digelar di Kafe Tendean, Jakarta pada Jumat (2/2/2024) tersebut dihadiri oleh relawan dari tiga pasang calon capres-cawapres peserta Pemilu 2024. Mereka adalah Zulkifli (Muda Bersuara Relawan Anis-Muhaimin), Marzuki Alie (Jaringan Santri Indonesia/ Prabowo-Gibran), dan Suroto (Ekonom/TPN Ganjar Mahfud).

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini