Sukses

BKN Raih Predikat Badan Publik Informatif di Ajang Keterbukaan Informasi Publik 2023

Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali menerima penghargaan predikat Badan Publik Informatif dalam ajang Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali menerima penghargaan predikat Badan Publik Informatif dalam ajang Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia.

Ketua Lembaga Negara Komisi Informasi (Pusat) Donny Yoesgiantoro menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Haryomo Dwi Putranto pada Selasa (19/12/2023) di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Donny Yoesgiantoro menjelaskan di era keterbukaan informasi tidak dapat terhindarkan bahwa ketersediaan informasi mampu meningkatkan akselerasi proses pencerdasan bangsa dan menorehkan berbagai perubahan yang tidak terbayangkan sebelumnya.

“Pada tahun 2023 monitoring dan evaluasi (monev) keterbukaan informasi badan publik menggunakan e-monev.komisiinformasi.go.id yang digunakan juga oleh Komisi Informasi Provinsi menjamin penyelenggaraan monev secara terbuka, transparan dan akuntabel yang dapat dilihat publik serta dapat membuka peta ketersediaan informasi publik di Indonesia yang diharapkan semakin baik dari waktu ke waktu, “terang Donny saat membuka acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Badan Publik yang Meraih Kualifikasi Informatif

Donny mengatakan bahwa jumlah badan publik yang mendapatkan kualifikasi informatif berjumlah 139 atau 37,7% dari 369 yang naik secara signifikan dari tahun 2022 yaitu 122 badan publik dari 372.

Lebih lanjut, Donny mengucapkan selamat kepada seluruh badan publik yang informatif semoga kedepannya kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat ditingkatkan lebih baik lagi.

3 dari 3 halaman

Pesan Wapres Ma’ruf Amin

Senada dengan pernyataan tersebut, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin yang turut hadir menjelaskan bahwa keterbukaan informasi publik adalah unsur esensial dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan merupakan penentu keberhasilan program-program reformasi birokrasi dan transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Saya berharap kegiatan seperti ini akan menyalakan semangat untuk mengoptimalkan pemenuhan keterbukaan informasi publik oleh seluruh penyelenggara negara dan badan publik dan semoga bagi para penerima penghargaan pada hari ini untuk mempertahankan dan meningkatkan standar layanan informasi kedepannya,” tuturnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.