Sukses

3 Fakta Akun Instagram Mahfud Md Diretas

Peretasan diduga dilakukan tentara Israel. Lantaran dalam unggahan Mahfud Md di akun Instagramnya nampak sejumlah prajurit tengah bermain bola di pinggir pantai dan terlihat pula lambang Angkatan Laut Israel.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya pemulihan akun Instagram Menko Polhukam Mahfud Md kini tengah dilakukan setelah aksi peretasan yang diduga dilakukan oleh tentara Israel viral di media sosial.

Adanya peretasan di akun Instagram milik calon wakil presiden nomor urut 3 tersebut pertama kali disampaikan staf khusus Menko Polhuka Rizal Mustary dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (16/1/2024).

"Saat ini, status akun Instagram pribadi Bapak Mahfud Md (www.instagram.com/mohmafudmd) diretas oleh pihak lain di luar tim pengelola. Situasi ini terjadi sejak siang hari Selasa tanggal 16 Januari 2024, dan upaya pemulihan sedang dilakukan," tutur Rizal.

Dugaan peretasan dilakukan tentara Israel, lantaran dalam unggahan Mahfud Md di akun Instagramnya terlihat sejumlah prajurit tengah bermain bola di pinggir pantai.

Selain itu, terlihat pula lambang Angkatan Laut Israel pada Angkatan Pertahanan Israel yang beroperasi di Laut Tengah, Teluk Aqaba, dan Laut Merah.

Lantas, bagaimana aksi peretasan tersebut bisa terjadi?

Sebelumnya, kabar peretasan tersebut dibenarkan Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud Md, Chico Hakim. Menurutnya, saat ini permasalahan tersebut tengah diurus ke perusahaan yang membawahi Facebook dan Instagram yakni Meta.

"Intinya ini betul di-hack, dan semoga saja tidak ada postingan lain yang menyesatkan sebelum akun ini bisa disetop," ucap Chico.

Berikut sederet fakta aksi peretasan terhadap akun Instagram Menko Polhukam Mahfud Md yang dihimpun dari Liputan6.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kronologi Peretasan Akun Instagram Mahfud Md

Akun Instagram Mahfud MD dengan alamat @mohmahfudmd diretas oleh hacker tak bertanggung jawab. Hal ini terlihat dari unggahan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 itu yang mengunggah video diduga berisi tentara Israel.

Terkait hal ini Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud memberikan penjelasan terkait kronologi peretasan akun Instagram Mahfud MD.

"Akun Instagram Mahfud MD diretas sekitar pukul 16.00 hari ini," kata Wakil Direktur Eksekutif Konten dan Media Sosial TPN Ganjar-Mahfud, Eko Kuntadhi, melalui keterangannya, Selasa (16/1/2024).

Ia menjelaskan, sejak Senin kemarin (15/1/2024) terdapat aktivitas janggal yang mengakibatkan unggahan Mahfud soal Ganjar Pranowo menolak timnas sepak bola Israel hilang dari akun Mahfud.

“Saat ini kami masih berusaha mengambil alih akun Instagram Mahfud Md,” ucap Eko menambahkan.

Lebih lanjut, pihaknya berharap peretasan ini tidak ada hubungannya dengan pemilihan presiden. Meski demikian, ia bersama timnya tetap menelusuri segala kemungkinan penyebabnya.

Menurut pemantauan TPN, sejak beberapa hari terakhir performa Mahfud Md di media sosial lebih unggul dibanding cawapres lainnya.

“Prof Mahfud sedang menjadi sorotan. Kami pantau dari media sosial, dukungan publik kepada beliau bertambah secara organik menjelang debat ke-4 hari Minggu ini,” Eko memaparkan.

“Saya mengimbau pengikut akun Prof Mahfud Md agar mengabaikan jika ada pesan yang masuk mengatas namakan beliau,” pungkas Eko. 

3 dari 4 halaman

2. Akun Instagram Mahfud MD Diretas, Unggah Video Diduga Tentara Israel

Peretasan ini terlihat dari unggahan Mahfud MD yang mengunggah video diduga berisi tentara Israel.

Keterangan dalam unggahan tersebut berisi tulisan dengan bahasa Ibrani yang bermakna soal Tuhan.

“Tuhan di atasku, siapa yang bisa mengendalikanku?,” demikian keterangan dalam unggahan Mahfud MD yang diduga diretas, diterjemahkan Tekno Liputan6.com, Selasa (16/1/2024).

Video itu menampilkan sejumlah tentara Israel yang menggunakan seragam sedang menyundul bola. Mereka mengumpan bola satu sama lain dengan kepala dengan latar belakang pantai.

Terkait hal ini banyak warganet yang menyadari kalau akun Instagram Mahfud MD telah kena retas.

"Wah di hack akun nyaa," tulis @pie***

"Akun IG milik Prof Mahfud diretas dan peretasnya sengaja mengupload video ini agar terkesan dgn narasi Prof Mahfud dukung Israel. Target peretas adalah netizen yg membela Gaza yg menonton video tsb agar suara Prof Mahfud berpindah. Kita bantu balikkan akun IG Prof Mahfud ya," komentar seorang warganet dengan akun @albe***

"wah parah dihack, kok panik sampe harus ngehack akun pak Mahfud," timpal @yod***

4 dari 4 halaman

3. Kena Retas, Pemulihan Akun Mahfud Md Tengah Berjalan

Menurut Stafsus Menko Polhukam Mahfud Md, Rizal Mustary, aksi peretasan ke akun Instagram Mahfud MD ini sudah dilakukan sejak Selasa, 16 Januari 2024, siang. Karenanya, saat ini tengah dilakukan upaya pemulihan akun tersebut.

Akibat aksi tersebut, Rizal menyatakan, semua unggahan maupun DM (Direct Message) yang berasal dari akun tersebut sejak pagi ini bukan berasal dari Mahfud MD.

Untuk diketahui, dari pantauan, unggahan terakhir Menko Polhukam memang berbeda dari kebanyakan unggahan lain.

Unggahan itu menampilkan sekelompok orang berseragam yang diduga berasal dari Israel sedang memainkan bola.

Tidak diketahui sosok dalam video tersebut, tapi unggahan di Instagram Mahfud MD itu disertai caption dalam bahasa Ibrani.

Apabila diterjemahkan ke bahasa Inggris memanfaatkan fitur yang tersedia di Instagram, kata-kata dalam unggahan tersebut berbunyi,"God is above me, who can control me?"

Hingga berita ini ditayangkan, unggahan di Instagram tersebut sudah mendapatkan sekitar 2.700 komentar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini