Sukses

Dani Setiawan-Nu`man Abdul, Gubernur dan Wagub Jabar

Liputan6.com, Bandung: Rapat Paripurna Khusus DPRD Jawa Barat di Bandung, Kamis (22/5), memilih pasangan Dani Setiawan dan Nu`man Abdul Hakim sebagai Gubernur dan Wakil Jawa Barat periode 2003-2008. Pasangan yang dijagokan Fraksi Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan ini mendapat 49 suara mengalahkan calon Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa, Tayo Tarmadi dan Rudi Harsya Tanaya yang mendapat 39 suara.

Dari 100 suara, 11 di antaranya abstain dan satu suara anggota Dewan, Rizal Fadillah dari Fraksi PPP keluar sidang atau walk out. Alasannya, rapat khusus pemilihan gubernur ini dinilainya cacat hukum. Setelah usai pemilihan, pasangan terpilih ini diberi waktu tiga hari oleh panitia pemilihan untuk uji publik. Selama masa tersebut, masyarakat diberi kesempatan untuk memberi kritik, saran dan masukan terhadap calon terpilih.

Proses penentuan kepala daerah Jabar ini sempat dibatalkan anggota Dewan, Senin silam. Alasannya, terdapat surat Menteri Dalam Negeri berisi seruan untuk konsultasi dahulu. Padahal, saat itu undangan rapat paripurna khusus pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jabar untuk lima tahun mendatang ini sudah disebar [baca: Rapat Pemilihan Gubernur Jabar Dibatalkan].(ORS/Patria Hidayat)