Sukses

7 Fakta KA Pandalungan Anjlok di Stasiun Tanggulangin, Pembatalan Tiket Dapat Refund 100%

Kereta Api atau KA Pandalungan anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu 14 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta Api atau KA Pandalungan anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu 14 Januari 2024. KA Pandalungan relasi Gambir - Surabaya - Jember itu anjlok sekitar pukul 07.57 WIB.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) pun menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan perjalanan kereta api akibat adanya kejadian KA Pandalungan anjlok.

"Jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin untuk sementara waktu belum dapat dilalui akibat anjlokan tersebut. KAI saat ini sedang melakukan upaya evakuasi rangkaian KA Pandalungan tersebut," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus di Jakarta, Minggu 14 Januari 2024.

Joni menjelaskan, jalur yang terganggu akibat kejadian ini adalah jalur dari Surabaya menuju Malang dan Surabaya menuju Jember. Dia mengatakan, sampai saat ini tidak ada penumpang yang terluka maupun korban jiwa akibat insiden anjloknya KA (75A) Pandalungan.

"Tidak ada penumpang yang luka dan tidak ada korban (jiwa)," kata Joni.

Usai peristiwa KA Pandalungan anjlok tersebut, Joni memastikan, KAI menyediakan layanan bus dari Stasiun Bangil dan Stasiun Sidoarjo untuk mengantar pelanggan menuju stasiun tujuan.

Sebagai layanan lanjutan bagi para pelanggan, KAI melakukan skema operasional perjalanan KA dari lintas Bangil memutar lewat Malang dan Kertosono, Jawa Timur.

"KAI menyediakan bus dari Stasiun Bangil dan Stasiun Sidoarjo untuk mengantar pelanggan menuju stasiun tujuan," kata Joni.

Sementara itu, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengungkapkan, proses evakuasi KA Pandalungan yang mengalami anjlok di jalur rel Stasiun Tanggulangin Sidoarjo pada Minggu 14 Januari 2023, kini sudah selesai.

"Proses evakuasi sudah selesai pukul 00.22 WIB, dini hari tadi. Dan kami pastikan bahwa rel di Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, sudah dapat dilintasi kereta api," ujar Luqman, Senin (15/1/2024).

Berikut sederet fakta terkait Kereta Api atau KA Pandalungan anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin pada Minggu 14 Januari 2024 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. KA Pandalungan Anjlok, Jalur Kereta Tak Bisa Dilewati

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan akibat peristiwa Kecelakaan Kereta Api, berupa anjloknya KA Pandalungan relasi Gambir - Surabaya - Jember di Emplasemen Stasiun Tanggulangin pada Minggu (14/10) pukul 07.57 WIB.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, saat ini KAI masih melakukan evaluasi terhadap rangkaian KA Pandalungan anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin.

"Jalur KA untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi rangkaian KA Pandalungan tersebut," kata Luqman dalam keterangannya, Minggu 14 Januari 2024.

Upaya selanjutnya dari KAI adalah melakukan upaya evakuasi rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan.

"Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan selanjutnya," pungkas Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya tersebut.

 

3 dari 8 halaman

2. KAI Lakukan Evakuasi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan perjalanan Kereta Api, akibat adanya kejadian KA Pandalungan anjlok.

KA Pandalungan relasi Gambir - Surabaya - Jember ini anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Kab. Sidoarjo pada Minggu 14 Januari 2024 pukul 07.57 WIB.

"Jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin untuk sementara waktu belum dapat dilalui akibat anjlokan tersebut. KAI saat ini sedang melakukan upaya evakuasi rangkaian KA Pandalungan tersebut," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus di Jakarta, Minggu 14 Januari 2024.

Joni menjelaskan, jalur yang terganggu akibat kejadian ini adalah jalur dari Surabaya menuju Malang dan Surabaya menuju Jember. Ada pun KA-KA yang terganggu sementara ini akibat anjolkan tersebut yaitu KA (75A) Pandalungan relasi Gambir - Surabaya – Jember dan KA (432) Commuterline Penataran.

 

4 dari 8 halaman

3. Sejumlah Perjalanan Terganggu, Tak Ada Korban Jiwa

Joni mengatakan, jalur yang terganggu akibat kejadian KA Pandalungan anjlok ini adalah jalur dari Surabaya menuju Malang dan Surabaya menuju Jember.

Sementara untuk perjalanan kereta yang terganggu akibat anjloknya kereta tersebut yaitu KA (75A) Pandalungan relasi Gambir - Surabaya – Jember dan KA (432) Commuterline Penataran.

"Adapun KA-KA yang terganggu sementara ini akibat anjlokan tersebut yaitu KA (75A) Pandalungan relasi Gambir - Surabaya – Jember dan KA (432) Commuterline Penataran," kata Joni.

Joni mengatakan, sampai saat ini tidak ada penumpang yang terluka maupun korban jiwa akibat insiden anjloknya KA (75A) Pandalungan relasi Gambir - Surabaya - Jember di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo pada Minggu 14 Januari 2024.

"Tidak ada penumpang yang luka dan tidak ada korban (jiwa)," kata Joni.

Upaya selanjutnya dari KAI adalah secepatnya melakukan evakuasi terhadap rangkaian kereta api tersebut

"Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan berikutnya," ucap Joni.

 

5 dari 8 halaman

4. Penumpang Kereta Diangkut Pakai Bus, Perjalanan 10 Kereta Ini Harus Memutar

Usai peristiwa KA Pandalungan anjlok tersebut, Joni memastikan, KAI menyediakan layanan bus dari Stasiun Bangil dan Stasiun Sidoarjo untuk mengantar pelanggan menuju stasiun tujuan.

Sebagai layanan lanjutan bagi para pelanggan, KAI melakukan skema operasional perjalanan KA dari lintas Bangil memutar lewat Malang dan Kertosono, Jawa Timur.

"KAI menyediakan bus dari Stasiun Bangil dan Stasiun Sidoarjo untuk mengantar pelanggan menuju stasiun tujuan," ucap Joni.

Dampak KA Pandalungan anjlok di emplasemen Stasiun Tanggulangin untuk sementara waktu belum dapat dilalui oleh KA. Jalur KA yang terganggu akibat kejadian ini adalah jalur dari Surabaya menuju Malang dan Jember.

Adapun KA-KA yang terganggu sementara ini akibat kejadian tersebut yaitu KA (75A) Pandalungan relasi Gambir - Surabaya – Jember dan KA (432) Commuterline Penataran.

Selain itu, ada juga KA yang mengalami pola operasi memutar melalui lintas Bangil - Kertosono, sebagai berikut :

  1. KA Plb 114BW1 (RANGGAJATI) Lintas BG-KTS
  2. KA PLB 190BW1 (Sebagai KA LOGAWA) Lintas BG-KTS
  3. KA PLB 83BW (KA ARJUNO) Lintas SGU-KTS
  4. KA PLB 83BW2 (KA ARJUNO) Lintas KTS-ML
  5. KA PLB 243BW2 (KA SRI TANJUNG) lintas KTS-BG
  6. KA PLB 244BW1 ( KA SRI TANJUNG) lintas BG-KTS
  7. KA PLB 187BW2 (Sebagai KA LOGAWA) lintas KTS-BG
  8. KA PLB 110BW1 (KA JAYABAYA) Lintas ML-KTS
  9. KA PLB 110BW (KA JAYABAYA) Lintas KTS-SGU
  10. KA PLB 113BW2 (KA RANGGAJATI) lintas KTS-BG

Senada, Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro mengatakan bahwa pada pukul 07.57 WIB jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin untuk sementara waktu belum dapat dilalui akibat anjlokan tersebut. KAI saat ini sedang melakukan upaya evakuasi rangkaian KA Pandalungan tersebut.

Jalur yang terganggu akibat kejadian ini adalah jalur dari Surabaya menuju Malang dan Surabaya menuju Jember. Adapun Kereta api yang terganggu sementara ini akibat anjolkan tersebut yaitu KA (75A) Pandalungan relasi Gambir - Surabaya – Jember dan KA (432) Commuterline Penataran.

"Upaya selanjutnya dari KAI secepatnya melakukan evakuasi terhadap rangkaian kereta api yang anjlok agar perjalanan kereta api segera dipulihkan," kata Cahyo.

Cahyo menambahkan, untuk perkebangan proses evakuasi kereta api Pandalungan akan diinformasikan lebih lanjut. Sebab saat ini masih terus dilakukan upaya evakuasi tersebut oleh petugas di lapangan.

"Nanti terus kita update ya perkembanganya, karena saat ini masih terus kita lakukan evakuasi," tutur Cahyo.

 

6 dari 8 halaman

5. Daop 8 Surabaya Lakukan Pengalihan Perjalanan Kereta

PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya melakukan perubahan pola operasi dari lintas Bangil memutar lewat Malang dan Kertosono ataupun sebaliknya, karena ada evakuasi akibat anjloknya KA Pandalungan di emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo.

Manager humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan bahwa pihaknya menyediakan bus dari Stasiun Bangil dan Stasiun Sidoarjo untuk mengantar pelanggan menuju stasiun pemberhentian selanjutnya.

"Yakni bus dari Stasiun Bangil akan menuju Stasiun Surabaya, Mojokerto, sementara bus dari Stasiun Sidoarjo akan menuju Stasiun, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Klakah, dan Jember," ucapnya di Surabaya.

Adapun KA jarak jauh yang perjalanannya terdampak dan melakukan perubahan pola operasi perjalanan, diantaranya KA Ranggajati relasi Jember - Surabaya Gubeng - Cirebon dan KA Logawa relasi Jember - Surabaya Gubeng- Purwokerto.

"Sementara KA yang dibatalkan perjalanannya yaitu, KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng - Malang," katanya.

Oleh karena itu, sebagai bentuk kompensasi atas keterlambatan dan kedatangan KA kepada pelanggan, pihaknya memberikan service recovery berupa minuman, makan ringan hingga makanan berat, serta pembatalan perjalanan 100 persen bagi pelanggan KA yang terdampak.

"KAI menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak tersebut. Kami dengan pihak-pihak terkait terus melakukan upaya evakuasi dan normalisasi jalur agar perjalanan kembali lancar," ujar Luqman.

 

7 dari 8 halaman

6. Evakuasi KA Pandalungan Anjlok Selesai, Jalur Rel Tanggulangin Sidoarjo Bisa Dilewati

Luqman Arif mengungkapkan, proses evakuasi KA Pandalungan yang mengalami anjlok di jalur rel Stasiun Tanggulangin Sidoarjo pada Minggu 14 Januari kemarin, kini sudah selesai.

"Proses evakuasi sudah selesai pukul 00.22 WIB, dini hari tadi. Dan kami pastikan bahwa rel di Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, sudah dapat dilintasi kereta api," ujar Luqman.

Luqman mengatakan, kereta api pertama yang melintasi jalur tersebut yakni KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang - Semarang Tawang Bank Jateng dengan kecepatan terbatas 20 km/jam pada pukul 03.11 WIB.

"Jalur tersebut sudah bisa dilewati namun masih dalam pengawasan dan perbaikan petugas KAI Daop 8 Surabaya," ucapnya.

Luqman memastikan bahwa proses evakuasi berjalan lancar. Seluruh pelanggan maupun kru KA Pandalungan selamat dan tidak ada yang terluka. Lebih lanjut, Luqman menyebut, KAI Daop 8 Surabaya telah memberikan alternatif solusi transportasi untuk mengantar pelanggan sampai ke tujuan masing - masing.

"Para pelanggan terdampak dilakukan proses peralihan transportasi dengan menggunakan bus yang disediakan di Stasiun Bangil maupun Sidoarjo," ucap dia.

Luqman menyampaikan, bagi para calon pelanggan yang ingin membatalkan perjalanannya berikut juga tiket persambungan, dapat melakukan pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen di luar bea pesan hingga H+7 keberangkatan.

 

8 dari 8 halaman

7. Batalkan Tiket Kereta Imbas KA Pandalungan Anjlok di Tanggulangin, Penumpang Dapat Refund 100%

PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang, Jawa Tengah, mencatat perjalanan tiga KA mengalami keterlambatan akibat KA Pandalungan anjlok di Stasiun Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu 14 Januari 2024.

Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo, mengatakan keterlambatan KA masuk ke wilayah Semarang itu berkisar antara 80 hingga 197 menit.

Ketiga KA yang mengalami keterlambatan adalah KA Jayabaya relasi Surabaya-Semarang-Jakarta mengalami keterlambatan 197 menit.

KA Pandalungan relasi Jember-Surabaya-Semarang-Jakarta mengalami keterlambatan 122 menit serta KA Brawijaya relasi Malang-Semarang-Jakarta yang terlambat 80 menit.

Ia menyebut total terdapat 305 penumpang di ketiga kereta tersebut yang terkendala keberangkatannya di Stasiun Semarang Tawang.

"Kami meminta maaf kepada pelanggan atas keterlambatan tersebut dan berupaya agar perjalanan KA dapat segera normal," katanya dikutip dari Antara, Senin (15/1/2024).

Ia menuturkan kompensasi berupa pemberian air mineral, makanan ringan, hingga berat telah diberikan kepada pelanggan yang terdampak keterlambatan.

Selain itu, lanjut dia, kepada pelanggan yang membatalkan keberangkatannya maka biaya pembelian tiket kereta api akan dikembalikan 100 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.