Sukses

Telan Biaya Rp 4 Triliun, Jokowi Resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor sepanjang 14,8 kilometer telah diresmikan Presiden Jokowi. Jokowi yakin, jalan tol yang diresmikan akan melengkapi struktur jaringan jalan bebas hambatan tol Jabodetabek yangg sudah ada.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pagi hari ini, Senin (8/1/2024). Jokowi menyebut, jalan tol baru ini memiliki ruas jalan sepanjang 14,8 kilometer dan menghabiskan dana sebesar Rp4 triliun.

“Alhamdulilah pagi ini kita resmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, dengan total panjang 14,8 KM dan total investasi adalah Rp 4 triliun,” kata Jokowi saat meresmikan di lokasi, seperti dikutip dari siaran daring Youtube Sekretariat Presiden, Senin (8/1/2024).

Jokowi yakin, jalan tol yang diresmikan akan melengkapi struktur jaringan jalan Tol di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang selama ini sudah ada, seperti lingkar dalam, Jakarta Outer Ring Road atau JORR 1 dan JORR 2 yang penyelesaiannya tinggal sedikit lagi dan akan selesai dalam waktu dekat.

“Jadi ini juga tinggal nanti beberapa kilometer lagi bisa diselesaikan di kuartal kedua tahun ini,” jelas presiden.

Jokowi menambahkan, hadirnya jalan tol yang baru saja diresmikan akan memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di Cibubur, Bogor dan Tangerang untuk menjangkau tempat-tempat tujuan, khususnya seperti Bandara Soekarno-Hatta tanpa perlu masuk Tol Dalam Kota.

“Ini akan memperlancar mobilitas orang, barang dan logistik yang kita harapkan ini akan mengurangi kemacetan dan masyarakat memilih jalan alternatif dengan menggunakan ruas yang lebih lancar,” kata Jokowi menandasi.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Layani Mudik Nataru

Sebelumnya diberitakan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menginformasikan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin (8/1/2023).

"Setelah beroperasi melayani arus mudik dan balik pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai 22 Desember 2023, Presiden Jokowi akan meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor pada Senin, 8 Januari 2024," kata Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Mirza Nurul Handayani dikutip dari Antara, Minggu (7/1/2024).

Diketahui, rangkaian ruas jalan tol tersebut dioperasikan oleh dua Badan Usaha Jalan Tol, yaitu PT CSJ, anak usaha dari Jasa Marga, yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ), yang mengoperasikan Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

"Selama persiapan peresmian kedua jalan tol tersebut, PT CSJ dan PT TLKJ mendukung rekayasa lalu lintas sesuai diskresi Kepolisian, penutupan sebagian dan penutupan sementara Gerbang Tol (GT) Limo di Jalan Tol Cinere-Jagorawi," ungkap Mirza.

 

3 dari 4 halaman

Ditutup Sementara Saat Peresmian

Adapun, pengaturannya, yakni pada Sabtu (6/1) pukul 18.30 WIB sampai dengan Minggu (7/1) pukul 24.00 WIB, akan dilakukan penutupan sementara GT Limo Utama Ruas Tol Cinere-Jagorawi."Pengguna jalan dari arah Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Serpong dan sekitarnya yang ingin menuju Jalan Tol Jagorawi/Jalan Tol Cijago akan diarahkan memutar di GT Limo 1," tutur dia.

Sementara itu, lanjut Mirza, untuk pengguna dari arah Jalan Tol Jagorawi/Jalan Tol Cijago yang akan menuju Bandara/Soekarno Hatta Tangerang, Serpong dan sekitarnya akan diarahkan untuk memutar balik pada GT Limo 2.

Selanjutnya pada Senin (8/1), mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB, GT Limo Utama, GT Limo 1, GT Limo 2, dan akses area Jalan Tol Cinere-Serpong Seksi 2 Pamulang-Cinere akan dilakukan penutupan sementara.

"Selama penutupan sementara ini, pengguna jalan dari arah Cinere menuju Jalan Tol Cijago/Jalan Tol Jagorawi akan dialihkan keluar melalui GT Pamulang," kata Mirza.

4 dari 4 halaman

Beroperasi Normal Senin Siang

Sementara itu, untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol Cijago/Jalan Tol Jagorawi yang akan menuju arah Cinere dialihkan keluar melalui GT Krukut 4 (arah Sawangan) dan GT Krukut 5 (arah Jakarta/Antasari).

Mirza mengatakan pada Senin (8/1) pukul 12.00 WIB, lalu lintas melalui GT Limo Utama, Limo 1, dan Limo 2 akan beroperasi normal kembali menyesuaikan situasi lalu lintas di lapangan atas diskresi Kepolisian.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami selama rekayasa lalu lintas berlangsung," ucap Mirza.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini