Sukses

Punya Kesempatan Bertemu Paus Fransiskus, Ini Permohonan Gubernur Olly Dondokambey

Menurut Gubernur Olly Dondokambey, Paus Fransiskus atau dalam bahasa Latin, Pontifex Maximus yang Paus adalah satu-satunya dari Amerika Latin atau pertama dari luar Eropa ini yang dikenal Paus yang merakyat.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menapakkan kaki di  Basilika Santo Petrus, Vatikan. Di kota suci itu, dia bertemu dengan pemimpin umat Katolik, Paus Fransiskus. 

Dalam pertemuan dengan Paus Fransiskus, Gubernur Olly meminta permohonan kepadanya. Dia meminta agar Paus mendoakan dan memberkati Sulawesi Utara pada khususnya dan memberkati Indonesia pada umumnya. 

Kesempatan bertemu pemimpin tertinggi Katolik itu lantaran Gubernur Olly turut serta mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bertemu Paus. Dalam sebuah kesempatan, Gubernur Olly Dondokambey mengaku sangat bersyukur berkesempatan bertemu langsung Bapa Suci.

 

"Saya pribadi, keluarga, dan sebagai kepala daerah Sulawesi Utara, sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus karena di suasana menyambut perayaan Natal, bisa bertemu langsung  Bapa Suci Paus Fransiskus. Dalam kesempatan ini, saya sekaligus bermohon kiranya Bapa Suci dalam doanya, ikut mendoakan berkat bagi bangsa Indonesia dan lebih khusus lagi berkat bagi Sulawesi Utara," ujar Gubernur Olly Dondokambey, Senin (18/12).

Paus Fransiskus adalah salah satu orang yang menyerukan solidaritas besar, untuk mengatasi masalah global dan isu-isu sosial lain. Menurut Gubernur Olly Dondokambey, Paus Fransiskus atau dalam bahasa Latin, Pontifex Maximus yang Paus adalah satu-satunya dari Amerika Latin atau pertama dari luar Eropa ini yang dikenal Paus yang merakyat. Ya, Paus Fransiskus lahir dengan nama Jorge Mario Bergoglio. Dia terpilih sebagai Paus pada Maret 2013 dan menjadi Paus pertama dari Amerika Latin.

"Paus Fransiskus dikenal karena pendekatan pastoralnya yang ramah dan vokal terhadap isu-isu sosial seperti kemiskinan, keadilan, dan lingkungan," ujar Gubernur Olly Dondokambey.

Vatikan sendiri adalah pusat gereja Katolik Roma seluruh dunia dan merupakan gereja terbesar di dunia dalam hal jumlah umat. Dengan lebih dari satu miliar umat di seluruh dunia. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.