Sukses

Haul ke-14 Gus Dur, Menggali Kepemimpinan Etika Demokrasi Abdurrahman Wahid

Acara peringatan haul ke-14 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur digelar di Warung Silah, Ciganjur, Jakarta Selatan. Adapun tema yang diusung adalah menggali kepemimpinan etika demokrasi Presiden RI ke-4 itu.

Liputan6.com, Jakarta - Acara peringatan haul ke-14 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur digelar di Warung Silah, Ciganjur, Jakarta Selatan. Adapun tema yang diusung adalah menggali kepemimpinan etika demokrasi Presiden RI ke-4 itu.

“Malam ini kita akan membawakan tema menggali kepemimpinan etika demokrasinya Gus Dur. Karena kami merasa bahwa tema tersebut relevan banget dengan situasi hari ini di Indonesia. Kita bicara demokrasi, bener nggak sih udah demokratis, demokrasi itu beneran ada di Indonesia apa jangan-jangan dia juga cuma jadi salah satu gimik saja nih yang sering muncul, yang sering jadi jargon saja,” tutur Ketua Panitia Haul Gus Dur ke 14, Inayah Wulandari Wahid di Warung Silah, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12/2023).

Inayah menyebut, malam ini akan dikupas apa sebenarnya demokrasi yang dibawa oleh Gus Dur berikut kontribusinya.

“Yang akan bicara nanti tentu saja akan ada orasi kebangsaannya untuk mengupas demokrasi yang di-purpose oleh Gus Dur, itu tentu saja kita memunculkan yang memang piawai di bidang itu,” jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amanah

Situasi tahun politik saat ini, lanjutnya, menjadikan penting bagi bangsa Indonesia membahas lebih dalam tentang demokrasi. Diharapkan, haul ke-14 Gus Dur ini juga dapat menelurkan tuntunan yang dapat diberikan kepada KPU dan Bawaslu, termasuk DKPP selaku penyelenggara pemilu.

“Yang nantinya kita berharapnya itu akan disebarluaskan kepada para capres, cawapres, caleg, dan semua yang ikut berkontestasi dalam Pemilu 2024. Kita harapkan itu bisa menjadi amanah, makanya kenapa kita menyebutnya sebagai amanah Ciganjur nanti gitu. Jadi itu yang akan jadi puncak acara malam ini,” Inayah menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.