Sukses

BNPB Beri Bantuan Darurat untuk Warga Terdampak Gempa 4,0 di Bogor

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan darurat berupa 300 paket sembako dan dua tenda pengungsi terhadap warga terdampak gempa bumi magnitudo 4,0 di Bogor, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan darurat berupa 300 paket sembako dan dua tenda pengungsi terhadap warga terdampak gempa bumi magnitudo 4,0 di Bogor, Jawa Barat.

"Kami sudah membawa tenda pengungsi kemudian peralatan juga logistik sebagai langkah awal. Apabila dibutuhkan Pemda Bogor nanti bisa mengajukan kepada kami," kata Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (10/12/2023).

Fajar meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengajukan bantuan lain apabila dibutuhkan kepada BNPB dan pihaknya akan mendukung meringankan penderitaan warga terdampak.

"Apapun yang diminta, kami akan support," ujarnya.

Ia bersyukur kejadian gempa bumi yang berdampak hingga wilayah Kabupaten Sukabumi tidak ada korban jiwa. "Syukur tidak ada korban jiwa yang dapat dimaknai bahwa masyarakat sudah paham ketika terjadi gempa sudah bisa menyelamatkan diri," tuturnya.

Fajar menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang tinggal di lereng tebing maupun kaki gunung dan bukit, agar selalu waspada apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi lebih dari satu jam.

Ia menambahkan sinergi seluruh unsur forkopimda dapat dimaksimalkan demi memastikan keselamatan masyarakat.

"Yang perlu kita pertimbangkan adalah bagaimana kita bisa penyelamatan masyarakat, khususnya yang tinggal di lereng pegunungan yang rentan terhadap longsor ketika terjadi hujan deras," tuturnya. Dilansir dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BPBD Jabar Serahkan Bantuan

Adapun berdasarkan perkembangan kaji cepat di lapangan, seorang warga Desa Purwabakti di Kabupaten Sukabumi mengalami luka ringan setelah tertimpa material bangunan. Warga tersebut sudah mendapatkan penanganan intensif oleh tim medis.

Terkait bantuan, BPBD Jabar juga telah menyerahkan dukungan 40 paket sembako kepada warga terdampak.

Pada Jumat (8/12) pukul 02.00.45 WIB wilayah Kota Bogor dan sekitarnya diguncang gempa bermagnitudo 4,0. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

3 dari 3 halaman

Belasan Rumah di Bogor Rusak Diguncang Gempa Magnitudo 4,0

Gempa magnitudo 4,0 menggetarkan wilayah Bogor, Jawa Barat, Jumat dini hari (8/12/2023), pukul 02.00.45 WIB. Sebanyak rumah penduduk rusak akibat gempa tersebut.

Adapun rumah warga yang mengalami kerusakan tersebar di Kampung Garehong dan Kampung Cianten, Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

"Iya betul, data sementara ada 14 rumah yang rusak dengan kategori rusak sedang dan ringan," kata Kepala Desa Purwabakti, Tajudin Arifin, saat dihubungi Jumat (8/12/2023).

Kerusakan meliputi atap rumah bolong karena gentingnya melorot, dinding retak-retak hingga ada yang ambruk akibat guncangan gempa tesebut.

Arifin memastikan, tidak ada korban luka apalagi meninggal dunia pada bencana yang terjadi dini hari tadi. Hingga saat ini, mereka masih menempati rumahnya masing-masing.

"Untuk korban jiwa atau luka, tidak ada ya," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.