Sukses

Top 3 News: Tujuh Kisah Pilu Korban Erupsi Gunung Marapi

Liputan6.com, Jakarta - Erupsi Gunung Marapi yang terjadi pada Minggu sore 3 Desember 2023 menelan korban jiwa. Saat insiden terjadi, Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang berstatus Level II atau waspada itu sedang didaki 75 orang. Itulah top 3 news hari ini.

Dari 75 orang yang sedang mendaki saat erupsi Gunung Marapi, sebanyak 23 orang menjadi korban meninggal dunia. Banyak kisah pilu di balik terjadinya erupsi Gunung Merapi tersebut.

Pendaki terakhir yang hilang setelah erupsi Gunung Marapi akhirnya ditemukan pada Rabu 6 Desember 2023. Nyawanya tidak selamat. Ia adalah Siska Afrina. Jenazahnya baru bisa diidentifikasi jelang tiga hari akan diwisuda.

Sementara itu, sebanyak empat bocah di Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel) ditemukan meninggal dunia usai dikunci oleh ayah kandungnya di dalam kamar mandi pada Rabu 6 Desember 2023. Peristiwa itu dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Bintoro.

Menurut Bintoro, sang ayah Panca (40) diduga ingin mengakhiri hidupnya setelah mengetahui empat anak yang dikunci di dalam kamar mandi tewas. Keempat anak yang menjadi korban tersebut terdiri dari dua anak perempuan berinisial VA (6) dan S (4). Adapun dua anak yang lain merupakan anak laki-laki berinisial AR (3) dan AS (1).

Ayah yang diduga sebagai pelaku atas tewasnya empat anak kandungnya telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Kemudian, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi menyebut, sang ayah Panca (40) sempat mencoba bunuh diri saat polisi akan memeriksanya terkait kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) atas laporan istrinya, (D).

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melantik Irjen Marthinus Hukom menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Jumat 8 Desember 2023. Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara Jakarta, pukul 10.45 WIB.

Di saat yang sama, Jokowi juga dijadwalkan menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Ridwan Mansyur sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Ridwan Mansyur menggantikan hakim MK Manahan Malontinge Pardamean Sitompul yang sudah purna tugas karena memasuki usia pensiun 70 tahun.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 8 Desember 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tujuh Kisah Pilu Korban Erupsi Gunung Marapi, Mereka yang Berhasil Selamat hingga Meninggal Dunia

Erupsi Gunung Marapi yang terjadi pada Minggu sore 3 Desember 2023 menelan korban jiwa. Saat insiden terjadi, Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang berstatus Level II atau waspada itu sedang didaki 75 orang.

Dari 75 orang yang sedang mendaki saat erupsi Gunung Marapi, sebanyak 23 orang menjadi korban meninggal dunia. Banyak kisah pilu di balik terjadinya erupsi Gunung Merapi tersebut.

Pendaki terakhir yang hilang setelah erupsi Gunung Marapi akhirnya ditemukan pada Rabu 6 Desember 2023. Nyawanya tidak selamat. Ia adalah Siska Afrina. Jenazahnya baru bisa diidentifikasi jelang tiga hari akan diwisuda.

"Korban terakhir yang terdata berjenis kelamin perempuan atas nama Siska, demikian informasi dari posko pencarian erupsi Gunung Marapi," tulis akun resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDP) Kota Bukittinggi @bpbd.kotabukittinggi, diunggah Rabu, 6 Desember 2023.

Mahasiswa Universitas Negeri Padang itu seharusnya akan wisuda pada 17 Desember 2023. Perjuangannya dalam menyelesaikan kuliahnya tertuang di kata pengantar terakhir skripsi. Ia telah menjalani sidang komprehensif pada November kemudian resmi bergelar S.Pd atau sarjana pendidikan.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Lima Fakta Kasus Empat Bocah Tewas yang Diduga Dibunuh Ayah di Jagakarsa

Sebanyak empat bocah di Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel) ditemukan meninggal dunia usai dikunci oleh ayah kandungnya di dalam kamar mandi pada Rabu 6 Desember 2023. Peristiwa itu dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Bintoro.

"Iya benar (kabar 4 bocah tewas)," singkat Bintoro saat dikonfirmasi merdeka.com, Rabu 6 Desember 2023.

 Menurut Bintoro, sang ayah Panca (40) diduga ingin mengakhiri hidupnya setelah mengetahui empat anak yang dikunci di dalam kamar mandi tewas.

"Sementara untuk orang tuanya sendiri, orang tuanya yang diduga sebagai pelaku mencoba untuk bunuh diri juga," jelas Bintoro.

Keempat anak yang menjadi korban tersebut terdiri dari dua anak perempuan berinisial VA (6) dan S (4). Adapun dua anak yang lain merupakan anak laki-laki berinisial AR (3) dan AS (1).

Ayah yang diduga sebagai pelaku atas tewasnya empat anak kandungnya telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Jokowi Lantik Irjen Marthinus Hukom Jadi Kepala BNN Hari Ini, Jumat 8 Desember

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Irjen Marthinus Hukom menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Jumat 8 Desember 2023. Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara Jakarta, pukul 10.45 WIB.

Di saat yang sama, Jokowi juga dijadwalkan menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Ridwan Mansyur sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Ridwan Mansyur menggantikan hakim MK Manahan Malontinge Pardamean Sitompul yang sudah purna tugas karena memasuki usia pensiun 70 tahun.

"Hari ini, pukul 10.45 WIB, dijadwalkan pengucapan sumpah di hadapan Presiden, Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H sebagai Hakim MK RI, dan pelantikan Irjen Pol. Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat (8/12/2023).

"Acara akan diselenggarakan di Istana Negara," sambungnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.