Sukses

Tingkatkan Literasi, Pemkab Kukar Apresiasi Bantuan Buku Baca Kemendikbudristek & Tanoto Foundation

Pemkab Kukar apresiasi penyaluran bantuan buku baca yang dilakukan Kemendikbudristek dan Tanoto Foundation di SDN 018 Tenggarong Seberang.

Liputan6.com, Tenggarong Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berkomitmen meningkatkan indeks literasi masyarakat melalui berbagai agenda literasi yang inovatif dan menarik. Beberapa program yang dijalankan antara lain Festival Pelangi Literasi, Lomba Bertutur, Penganugerahan Duta Baca Pelajar, Pemberian Penghargaan Pegiat Literasi, dan Penulis Buku Kabupaten Kukar Tahun 2023.

"Program Pembangunan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) yang dilakukan oleh Pemkab Kukar melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) telah memberikan dampak positif dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) menjadi 77,49 persen pada tahun 2022," kata Kepala Bidang Pendidikan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Ahmad Nurkhalish mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah saat kegiatan penyaluran bantuan buku baca yang dilakukan Kemendikbudristek dan Tanoto Foundation di SDN 018 Tenggarong Seberang, Senin (27/11/23).

Dalam kesempatan itu, Ahmad Nurkhalish menyampaikan ucapan terima kasih Bupati Edi atas dukungan Kemendikbudristek dan Tanoto Foundation yang telah menyalurkan bantuan buku baca bagi siswa-siswi sekolah dasar. 

Untuk meningkatkan literasi, Ahmad mengatakan Disdikbud Kukar juga menciptakan Portal Kukar Pintar Idaman yang menyediakan bahan pembelajaran, perangkat, dan video yang dapat diakses secara gratis.

"Kami berharap bahwa bantuan buku dari Kemendikbudristek dan Tanoto Foundation dapat membantu mewujudkan peningkatan literasi masyarakat, sesuai dengan visi misi Kukar Idaman yang mengedepankan inovasi, daya saing, dan kemandirian," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemkab Dukung Program PINTAR

Sementara Kepala Sekolah SDN 018 Tenggarong Seberang, Sumiyati, menyambut baik bantuan ini dan mengungkapkan kesiapannya dalam menjalankan program yang telah direncanakan.

SDN 018 Tenggarong Seberang berharap agar program ini tidak hanya berlaku di sekolah ini saja, tetapi dapat diperluas ke sekolah lainnya.


"Jumlah buku yang diserahkan mencakup 156 judul dengan total 624 eksemplar, dan distribusi buku direncanakan pada bulan Februari 2024." sebutnya.

Ia mengatakan bahwa program PINTAR dari Tanoto Foundation juga mendukung pembelajaran aktif untuk meningkatkan kemampuan literasi. Dengan melibatkan 25 kabupaten di Indonesia, Tanoto Foundation berupaya memperbaiki kemampuan literasi di berbagai daerah.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini