Sukses

Disperindag Kukar Bakal Tata Ulang Pedagang di Pasar Tangga Arung

Disperindag Kukar berencana melakukan penataan ulang pedagang di Pasar Tangga Arung, Kecamatan Tenggarong.

Liputan6.com, Tenggarong Revitalisasi Pasar Tangga Arung, Kecamatan Tenggarong dipastikan rampung pada akhir tahun 2023 dan diperkirakan dapat beroperasi pada tahun 2024.

Dalam rangka persiapan jelang penempatan kembali pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar berencana melakukan penataan ulang pedagang di Pasar Tangga Arung.

“Kita akan tata ulang penempatan pedagang, setelah nanti pembangunan pasar selesai dan secara legal diserahterimakan ke Disperindag,” kata Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma Pratama, Senin (27/11/2023). 

Ia menyebut pembahasan penataan tersebut pastinya melibatkan pedagang pasar, Satpol PP, Dishub, Dinas Koperasi dan UKM.

"Nanti kita sepakati di lantai I dan lantai II itu diisi berdasarkan jenis dagangannya," sebutnya.

Dari hasil pendataan Disperindag Kukar, jumlah pedagang di Pasar Tangga Arung mencapai 703. Pedagang tersebut terbagi menjadi empat kriteria, di antaranya pedagang yang aktif bayar retribusi dan masih beroperasi.

Kemudian, ada pedagang yang aktif bayar retribusi tapi tidak beroperasi, kemudian pedagang yang beroperasi tapi tidak aktif bayar retribusi dan ada yang tidak beroperasi juga tidak bayar retribusi.

"Kriteria tersebut juga akan kami diskusikan karena tidak mungkin perlakuannya sama," ungkapnya.

Dirinya berharap ketika pasar Tangga Arung sudah beroperasi, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya para pedagang.

"Kami berharap dengan adanya pasar Tangga Arung ekonomi masyarakat akan meningkat," pungkasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.