Sukses

Istana Bantah Kabar Jokowi Copot Mahfud Md hingga Kepala BIN Budi Gunawan dari Kabinet

Dalam surat yang beredar, Jokowi telah menyetujui pergantian 13 jabatan di kabinet. Mulai dari, Hadi Tjahjanto disebut menggantikan Mahfud Md hingga posisi Kepala BIN akan diisi oleh mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sekretaris Negara Pratikno membantah surat yang beredar bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju. Pratikno menegaskan bahwa surat yang beredar tersebut adalah hoaks.

"Hoaks," kata Pratikno kepada Liputan6.com, Rabu (22/11/2023).

Dalam surat yang beredar, Jokowi disebut telah menyetujui pergantian 13 jabatan di kabinet. Mulai dari, Hadi Tjahjanto disebut menggantikan Mahfud Md dari posisi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. Sedangkan, posisi Hadi sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang diisi Indrajaya Murod.

Kemudian, ada nama Budi Gunawan yang direshuffle dari Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Posisi Kepala BIN akan diisi oleh mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman.

Selanjutnya, berdasarkan surat yang beredar, Jokowi disebut mengganti jabatan-jabatan yang diisi oleh kader PDI Perjuangan (PDIP). Jabatan itu akan diisi kader partai dari koalisi pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Misalnya, posisi Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial diganti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhohoyono. Lalu, posisi Menteri Hukum dan Keamanan yang dijabat Yasonna Laoly akan diisi Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Selanjutnya, jabatan Sekretaris Kabinet yang sejak periode pertama pemerintahan Jokowi dijabat Pramono Anung disebut akan digantikan oleh Wakil Ketua DPP PAN Yandri Susanto. Sementara itu, jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Reformasi, Birokrasi yang kini dijabat Azwar Anas diisukan akan diisi oleh Ibnu Susilo.

Surat itu ditandatangani oleh Mensesneg Pratikno. Namun, Pratikno menegaskan bahwa surat tersebut palsu dan tidak benar.

Dia mengatakan bahwa Presiden Jokowi tak berencana melakukan reshuffle kabinet dalam waktu dekat. Pratikno meminta semua pihak mewaspadai informasi yang beredar di media.

"Ini menunjukkan banyaknya hoax yang harus diwaspadai," jelas Pratikno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Budi Gunawan soal Isu Akan Dicopot sebagai Kepala BIN

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan angkat bicara soal isu pergantian Kepala BIN. Dia mengaku tak mengetahui soal jabatan Kepala BIN yang diisinya sejak 2016 akan digantikan oleh orang lain.

"Wah enggak tau," ucap Budi Gunawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (22/11/2023).

 Sebelumnya, Jenderal Dudung Abdurachman menjawab isu dirinya akan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Budi Gunawan, usai tak lagi menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Dia mengaku belum mengetahui soal isu tersebut.

"Belum tau saya juga (jadi Kepala BIN). Belum, belum," kata Dudung di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Dudung menyebut dirinya belum mendapatkan penugasan baru dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai pensiun dari TNI. Namun, dia siap menjalankan tugas-tugas yang diminta oleh Jokowi.

"Belum (ada) sampai sekarang," ujarnya.

"Saya tegak lurus kepada Bapak Presiden," sambung Dudung.

3 dari 3 halaman

Kata Dudung Abdurachman soal Isu Jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan

Jenderal Dudung Abdurachman menjawab isu dirinya akan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Budi Gunawan, usai tak lagi menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Dia mengaku belum mengetahui soal isu tersebut.

"Belum tau saya juga (jadi Kepala BIN). Belum, belum," kata Dudung Abdurachman di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Dudung menyebut dirinya belum mendapatkan penugasan baru dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai pensiun dari TNI. Namun, dia siap menjalankan tugas-tugas yang diminta oleh Jokowi.

"Belum (ada) sampai sekarang," ujarnya.

"Saya tegak lurus kepada Bapak Presiden," sambung Dudung.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik sejumlah pejabat negara di Istana Negara Jakarta, Rabu (25/10/2023) pagi. Adapun pejabat negara yang akan dilantik antara lain, Menteri Pertanian (Mentan), Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), hingga Duta Besar RI untuk Argentina.

"Pagi ini, Bapak Presiden akan melantik Menteri Pertanian untuk Sisa Masa Jabatan 2019-2024, Kepala Staf Angkatan Darat dan Duta Besar RI untuk Republik Argentina," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Rabu (25/10/2023).

"Pelantikan akan diselenggarakan di Istana Negara," sambungnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com dari sumber di lingkungan pemerintah, Menteri Pertanian yang akan dilantik yakni, Amran Sulaiman. Dia akan menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri karena terjerat kasus dugaan korupsi.

Kemudian, Letjen Agus Subiyanto akan dilantik menjadi KSAD. Dia sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle

  • Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,
    Politikus, ilmuwan, tokoh agama. Guru Besar Tata Negara UII, mantan anggota DPR, mantan Ketua Konstitusi,

    Mahfud MD

  • Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.
    Budi Gunawan, wakil Kapolri saat ini adalah mantan ajudan Presiden Megawati saat Megawati memimpin.

    Budi Gunawan