Sukses

Ada Konser Coldplay, Penumpang MRT Jakarta Tembus 163.162 Orang

Pihak MRT Jakarta menjelaskan, lonjakan penumpang ini karena adanya konser musik band asal Inggris Coldplay yang membuat jam operasional diperpanjang sampai pukul 01.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - PT MRT Jakarta melayani 163.162 penumpang pada Rabu, 15 November 2023. Padahal, rata-rata penumpang MRT per harinya pada Oktober 2023 hanya mencapai 101.306 orang.

"Pada hari Rabu kemarin, MRT Jakarta mencatatkan sejarah baru dengan berhasil mengangkut 163.162 orang penumpang dalam sehari," tulis MRT dalam akun Instagram resminya @mrtjkt, Kamis (16/11/2023).

MRT menjelaskan, lonjakan penumpang ini karena adanya konser musik band asal Inggris Coldplay yang membuat jam operasional diperpanjang sampai pukul 01.30 WIB.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari kolaborasi banyak pihak mulai dari masyarakat yang mempercayakan MRT Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan yang mendukung gelaran konser Coldplay kemarin dengan memperpanjang waktu operasional hingga 01.30 WIB dan seluruh insan MRT Jakarta yang bertugas dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat," tulis MRT.

MRT mengungkapkan bahwa perpanjangan jam operasional ini sebetulnya sudah beberapa kali dilakukan untuk membantu mobilitas warga dalam menghadiri acara-acara yang diselenggarakan di sekitar Stasiun MRT Jakarta.

"Sebelumnya hal ini juga dilakukan saat gelaran acara SMTOWN di Jakarta. Hal ini sejalan dengan kampanye MRT Jakarta #UbahJakarta, di mana hal ini menjadikan MRT Jakarta bagian dari gaya hidup masyarakat."

Maka dari itu, MRT berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mempercayakan MRT Jakarta sebagai transportasi publik pilihan dalam bermobilisasi.

"Kami percaya bahwa transportasi publik dapat juga diandalkan untuk bermobilisasi aman dan nyaman oleh masyarakat dalam acara-acara besar level nasional hingga internasional," imbuh pihak MRT.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konser Coldplay: Transjakarta Operasi Sampai Jam 01.00 WIB

Pemprov DKI Jakarta memperpanjang layanan moda transportasi umum pada Rabu (15/11/2023) karena adanya konser band asal Inggris, Coldplay.

Pertama, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan penyesuaian untuk tiga layanan. Ketiga layanan itu adalah Kalideres-GBK (3F), Pinang Ranti-GBK (9C), dan Tanjung Priok-Blok M (10H).

Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta Wibowo mengatakan, tiga rute ini akan melayani masyarakat hingga pukul 01.00 WIB.

"Ketiga layanan ini merupakan rute yang melintas dan terintegrasi dengan layanan menuju GBK lainnya akan diperpanjang hingga pukul 01.00 WIB dari sebelumnya beroperasi hingga pukul 22.00 WIB," kata Wibowo dalam rilis resminya, Selasa 14 November 2023.

Selain itu, Bowo juga mengingatkan bahwa 13 koridor Transjakarta telah beroperasi selama 24 jam.

Dia berharap, Transjakarta bisa memudahkan pelanggan yang ingin menuju ke lokasi konser Coldplay dan kembali ke kediaman masing-masing.

"Kita berharap, masyarakat yang menonton konser bisa menggunakan layanan transportasi publik, khususnya Transjakarta sehingga lebih fleksibel," ujar Bowo.

 

3 dari 3 halaman

Operasional MRT hingga Pukul 01.30 WIB

Selain Transjakarta, MRT juga memperpanjang layanan. Khusus hari Rabu ini, MRT akan beroperasi hingga pukul 01.30 WIB.

"Perubahan pola operasi tersebut sebagai bentuk tindak lanjut Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0158 tahun 2023 tentang Penugasan Kepada PT MRT Jakarta untuk Penyediaan Layanan Perkeretaapian Pendukung Pendukung Konser Coldplay," kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo.

Ahmad menegaskan, jam operasional ini hanya berlaku untuk satu hari. Pola operasi untuk hari selanjutnya akan kembali menggunakan jadwal operasional normal, yaitu Senin-Minggu mulai pukul 05.00 hingga 00.00 WIB.

"PT MRT Jakarta senantiasa mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk menjaga ketertiban dan menaati arahan petugas di stasiun. Informasi detail mengenai jadwal operasional dapat dilihat di akun media sosial MRT Jakarta @mrtjkt dan @mrtjktinfo," ujar Ahmad.

 

 

 

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.