Sukses

6 Fakta Jokowi Beri Penghargaan Bintang Jasa pada Presiden FIFA hingga Resmikan Kantor Tetapnya di Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino di Istana Negara Jakarta tepat pada Hari Pahlawan, Jumat 10 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino di Istana Negara Jakarta tepat pada Hari Pahlawan, Jumat 10 November 2023.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Gianni Infantino tampak memakai setelan jas dan peci bewarna hitam. Dia terlihat berbincang-bincang dengan Jokowi dan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir sebelum acara penganugerahan.

Penganugerahan Bintang Budaya kepada Presiden FIFA sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 70/TK tahun 2023 tentang Penghormatan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama.

"Menganugerahkan Bintang Jasa Pratama kepada Gianni Infantino sebagai penghargaan atas jasa-jasa yang besar di suatu bidang yang bermanfaat bagi kebesaran bangsa dan negara di bidang olahraga yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," kata Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan membacakan isi Keppres.

Kemudian Presiden Jokowi pun menyematkan lencana tanda jasa kepada Infantino. Mereka lalu saling berjabat tangan dan berfoto bersama.

Usai menerima penghargaaan Bintang Jasa, Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi. Infantino mengatakan penghargaan ini sangat spesial untuknya.

"Ini merupakan kehormatan bagi saya menerima penghargaan ini. Penghargaan yang sangat spesial untuk saya. Ini merupakan yang pertama kalinya (mendapat penghargaan seperti ini)," ucap Infantino.

Selain memberikan penghargaan, tepat pada hari yang sama, Presiden Jokowi juga meresmikan kantor tetap FIFA Asia di Menara Mandiri 2, Jakarta. Jokowi menyebut keberadaan kantor tetap FIFA Asia di Jakarta ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi besar memajukan sepak bola Tanah Air di kancah dunia.

"Keputusan FIFA untuk membangun kantor tetap Asia-hub di Jakarta membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan dan memajukan persepakbolaan Indonesia di tingkat global," kata Jokowi saat peresmian.

Berikut sederet fakta terkait Presiden Jokowi beri Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Negara Jakarta tepat pada Hari Pahlawan, Jumat 10 November 2023 hingga resmikan kantor tetapnya dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Anugerahkan Bintang Budaya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino di Istana Negara Jakarta, Jumat 10 November 2023. Gianni Infantino dianugerahkan Bintang Budaya.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Infantino tampak memakai setelan jas dan peci bewarna hitam. Dia terlihat berbincang-bincang dengan Jokowi dan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir sebelum acara penganugerahan.

Penganugerahan Bintang Budaya kepada Presiden FIFA sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 70/TK tahun 2023 tentang Penghormatan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama.

"Menganugerahkan Bintang Jasa Pratama kepada Gianni Infantino sebagai penghargaan atas jasa-jasa yang besar di suatu bidang yang bermanfaat bagi kebesaran bangsa dan negara di bidang olahraga yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," kata Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan membacakan isi Keppres.

Jokowi menyematkan lencana tanda jasa kepada Infantino. Mereka lalu saling berjabat tangan dan berfoto bersama.

 

3 dari 7 halaman

2. Presiden FIFA Gianni Infantino Sebut Ini Sangat Spesial

Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang telah memberikan penghargaan tanda kehormatan bintang jasa kepadanya. Infantino mengatakan penghargaan ini sangat spesial untuknya.

"Ini merupakan kehormatan bagi saya menerima penghargaan ini. Penghargaan yang sangat spesial untuk saya. Ini merupakan yang pertama kalinya (mendapat penghargaan seperti ini)," ujar Gianni Infantino usai mendapat penghargaan di Istana Negara Jakarta.

Dia menuturkan, penghargaan tersebut bukan hanya kebanggaan baginya, namun juga untuk FIFA dan dunia sepakbola. Infantino juga mengapresiasi masyarakat Indonesia sebagai salah satu negara pecinta sepak bola.

"Kita tidak hanya untuk bermain dan menikmati permainan terbaik para pemain muda dunia di Piala Dunia FIFA U-17 yang dimulai hari ini untuk pertama kalinya di Indonesia," ucap Infantino.

 

4 dari 7 halaman

3. Presiden FIFA Gianni Infantino Sebut Sekarang Sudah Jadi Orang Indonesia

Gianni Infantino menyampaikan Indonesia akan menjadi salah satu negara sepak bola yang terkemuka tidak hanya di Asia Tenggara, namun juga di Asia dan juga dunia. Menurut dia, Indonesia juga memiliki kapasitas dan semangat untuk mengembangkan sepak bola.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah dengan federasi harus bekerja sama mengembangkan sepak bola dan membuat masyarakat semakin mencintai olahraga ini.

Kemudian, Infantino berkelar bahwa dirinya kini sudah menjadi orang Indonesia setelah mendapat penghargaan Bintang Jasa Pratama dari Presiden Jokowi.

"Indonesia merupakan negara yang penting di Asia Tenggara dengan 280 juta penduduk plus satu penggemar sepak bola, karena sekarang saya orang Indonesia, jadi bertambah satu orang," kata Infantino.

 

5 dari 7 halaman

4. Perkuat Hubungan FIFA dan Indonesia

Gianni Infantino menuturkan pemberian penghargaan ini akan memperkuat hubungan FIFA dan Indonesia. Adapun FIFA membuka kantor di Jakarta yang juga diresmikan pada Jumat 10 November 2023.

"Ini lebih dari sekedar kantor. Ini adalah hub bagi seluruh wilayah. Indonesia adalah negara penting (dan) negara besar," tutur Infantino.

Terkait pembangunan pusat pelatihan sepak bola di Ibu Kota Nusantara (IKN), dia menilai langkah tersebut sangat penting. Terlebih, Indonesia memiliki banyak talenta di bidang sepak bola.

Infantino pun berharap, keberadaan pusat pelatihan sepak bola di IKN bisa tumbuh dan berkembang bersama di dunia internasional.

"Ini proyek yang sangat penting dan juga dibiayai oleh FIFA forward program," pungkas Infantino.

 

6 dari 7 halaman

5. Jokowi Resmikan Kantor Tetap FIFA di Jakarta

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan kantor tetap Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Asia di Menara Mandiri 2, Jakarta, Jumat 10 November 2023.

Jokowi menyebut keberadaan kantor tetap FIFA Asia di Jakarta ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi besar memajukan sepak bola Tanah Air di kancah dunia.

"Keputusan FIFA untuk membangun kantor tetap Asia-hub di Jakarta membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan dan memajukan persepakbolaan Indonesia di tingkat global," kata Jokowi saat peresmian, Jumat 10 November 2023.

Saat peresmian, Jokowi didampingi oleh Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua PSSI Erick Thohir. Jokowi menyampaikan komitmen Indonesia mendukung dan memfasilitasi FIFA meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia.

"Kami berkomitmen mendukung dan memfasilitasi FIFA untuk meningkatkan integritas dan kualitas sepak bola Indonesia," ujar dia.

"Dan ini saya kira betul-betul kita memulai sebuah babak baru persepakbolaan Indonesia," sambung Jokowi.

Selain itu, kata Jokowi, Indonesia siap bekerja sama dengan FIFA mengembangkan infrastruktur olahraga yang memadai, melatih, mendidik, dan mengembangkan bakat-bakat muda sepak bola Indonesia.

"Serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara Indonesia dengan komunitas sepak bola dunia," tutur Jokowi.

 

7 dari 7 halaman

6. Harapan Presiden Jokowi saat Resmikan Kantor Tetap FIFA

Presiden Jokowi berharap, keberadaan kantor FIFA di Jakarta menjadi langkah awal untuk mencetak prestasi gemilang bagi persepakbolaan Indonesia, meningkatkan kualitas kompetisi di seluruh Indonesia. Jokowi juga berharap anak-anak muda Indonesia dapat meraih impian, memperkuat sportivitas, dan menaklukkan dunia.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada FIFA atas kepercayaan, atas komitmen terhadap sepak bola Indonesia—atas dukungan yang begitu besar bagi dunia persepakbolaan Indonesia," kata dia.

"Terima kasih atas pembangunan train center sepak bola di ibu kota baru Nusantara, dan juta terima kasih atas pembukaan Kantor FIFA di Jakarta ini," sambung Jokowi.

Dalam kesempatan ini, dia berterima kasih kepada Presiden FIFA Gianni Infantinoatas kontribusinya terhadap perkembangan sepak bola Indonesia. Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan FIFA menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

"Semoga ini bisa menjadi awal yang baik untuk menggelar lebih banyak event FIFA di Indonesia," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.