Sukses

Jokowi Anugerahkan Bintang Budaya kepada Presiden FIFA Gianni Infantino

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/11/2023). Gianni Infantino dianugerahkan Bintang Budaya.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/11/2023). Gianni Infantino dianugerahkan Bintang Budaya.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Infantino tampak memakai setelan jas dan peci bewarna hitam. Dia terlihat berbincang-bincang dengan Jokowi dan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir sebelum acara penganugerahan.

Penganugerahan Bintang Budaya kepada Presiden FIFA sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 70/TK tahun 2023 tentang Penghormatan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama.

"Menganugerahkan Bintang Jasa Pratama kepada Gianni Infantino sebagai penghargaan atas jasa-jasa yang besar di suatu bidang yang bermanfaat bagi kebesaran bangsa dan negara di bidang olahraga yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," kata Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan membacakan isi Keppres.

Jokowi menyematkan lencana tanda jasa kepada Infantino. Mereka lalu saling berjabat tangan dan berfoto bersama.

Sebelumnya, Presiden Jokowi akan menganugerahkan tanda kehormatan kepada Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (Federation Internationale de Football Association/FIFA) Gianni Infantino pada November 2023.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi usai menganugerahkan tanda kehormatan kepada sejumlah tokoh di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/8/2023).

"Gianni Infantino enggak bisa hadir. Nanti mungkin akan diberikan di bulan November," kata Presiden Jokowi.

Presiden menjelaskan bahwa Presiden FIFA Gianni Infantino tidak dapat menghadiri penganugerahan tanda kehormatan pada Senin (14/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda Kehormatan kepada Gianni Diserahkan saat Ajang Piala Dunia U-17 di Indonesia

Seharusnya, penyerahan tanda kehormatan kepada Gianni bersamaan dengan penyerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Nararya kepada Wishnutama Kusubandio selaku penggiat seni.

Presiden Jokowi mengatakan rencananya tanda kehormatan kepada Gianni diserahkan pada November mendatang, bersamaan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia yang berlangsung pada 10 November sampai dengan 2 Desember 2023.

"Kemungkinan iya," kata Presiden saat ditanya awak media tentang penyerahan tanda kehormatan itu saat Piala Dunia.

3 dari 4 halaman

Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional kepada 6 Tokoh

Pada Hari Pahlawan ini, Presiden Jokowi menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Upacara penganugerahan digelar di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Keenam tokoh yang menjadi Pahlawan Nasional itu yakni, Ida Dewa Agung Jambe dari Bali, Bataha Santiago dari Sulawesi Utara, Mohammad Tabrani dari Jawa Timur, Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah, Kiai Haji Abdul Chalim dari Jawa Barat, dan Kiai Haji Ahmad Hanafiah dari Lampung.

Pemberian gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 115/TK tahun 2023 tentang Penganugerahan Pahlawan Nasional.

Jokowi lalu memberikan plakat kepada para ahli waris dari masing-masing Pahlawan Nasional.

Dalam kesempatan ini, hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraha Dito Ariotedjo, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kemudian, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

4 dari 4 halaman

Jokowi Ziarah ke Makam Pahlawan di TMP Kalibata

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Upacara digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (10/11/2023).

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi memasuki lokasi upacara sekitar pukul 08.1 WIB. Jokowi tampak didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Tak lama, prosesi upacara pun dimulai dengan memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Kemudian, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi.

Upacara peringatan Hari Pahlawan juga dihadiri oleh beberapa pejabat negara. Mereka antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Kemudian Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi Teten Masduki, Panglima TNI Yudo Margono dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meletakkan karangan bunga sebagai tanda penghormatan kepada arwah pahlawan. Jokowi dan Ma'ruf Amin juga melakukan proses tabur bunga di beberapa makan pahlawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.