Sukses

Peringati Sumpah Pemuda, Habitat for Humanity Bangun Rumah Layak Huni di Mauk Tangerang

Menurut National Director Habitat For Humanity Indonesia, Susanto Samsudin, untuk di Mauk Kabupaten Tangerang, ada 9 rumah tak layak huni yang direnovasi. Lalu 1 unit rumah ibadah, serta 50 rumah warga lain yang dilakukan pengecatan ulang.

Liputan6.com, Jakarta Peringati Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023, Habitat for Humanity mengajak pemuda di Indonesia untuk membangun negara dengan cara bedah rumah di desa masyarakat pesisir RW 03, Kampung Babulak, Desa Margamulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Sabtu (28/10/2023).

Terlihat Senior Director & General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi dan National Director Habitat For Humanity Indonesia, Susanto Samsudin, bersama para relawan melakukan proses pembangunan rumah saat kegiatan 28UILD

Dengan penuh semangat, mereka mencoba sendiri membuat pondasi rumah warga yang tengah proses pembangunan ulang rumah baru, yang semula rumah tak layak huni.

Menurut National Director Habitat For Humanity Indonesia, Susanto Samsudin, untuk di Mauk Kabupaten Tangerang, ada 9 rumah tak layak huni yang direnovasi, membangun 1 sarana air bersih, serta 50 rumah warga lain yang dilakukan pengecatan ulang.

"Di Hari Sumpah Pemuda ini, bukan hanya di Mauk, Kabupaten Tangerang saja. Melainkan, kegiatan 28UILD juga dilakukan di Kulonprogo Jogja, Gresik dan Batam. Jadi total ada 4 kota yang kita bangun kembali rumah warga,"tutur Susanto.

Makanya, keseriusan pembangunan rumah tak layak huni ini pun diperlihatkan dengan cara personil yang diterjunkan merupakan tenaga profesional untuk melakukan pengecatan, pembangunan pondasi, hingga renovasi.

Susanto mengatakan, Habitat bukan kali ini saja melakukan bedah rumah warga kurang mampu, melainkan di Mauk Tangerang misalnya, tahun ini merupakan tahun ke-12 Habitat bergerak untuk warga. Sehingga sudah ada puluhan bahkan ratusan rumah warga pesisir yang telah terbantu renovasi.

"Kami berharap, kita ingin lebih banyak lagi anak muda Indonesia yang mencintai bangsanya. Membangun bangsanya, karena seperti kita tahu, Sumpah Pemuda adalah awal dari kebangkitan bangsa,"katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki peluang besar untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Hal ini ditandai dengan puncak bonus demografi yang akan terjadi pada 2030. Jokowi menyebut, penduduk usia produktif Indonesia akan berlimpah pada saat itu.

"Indonesia memiliki peluang besar dalam mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045 berupa bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030-an. Saat itu, penduduk usia produktif kita melimpah," ujar Presiden Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Sabtu (28/10/2023).

Dia pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan dua strategi besar yakni, mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dan melakukam hilirisasi industri. Jokowi menuturkan SDM disiapkan untuk memasuki pangsa kerja dengan produktif.

"Kita memanfaaatkan peluang tersebut di antaranya dengan dua strategi besar yaitu mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia dan melakukan hilirisasi industri," ucap dia.

"Sumber daya manusia kita persiapkan untuk memasuki pangsa kerja dengan produktif. Sumber daya alam yang kita miliki harus bernilai tambah dan menyejahterakan rakyatnya. Mari Bersama Majukan Indonesia," tutup Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini