Sukses

30 Link Twibbon Peringatan Sumpah Pemuda yang Diperingati Hari Ini Sabtu 28 Oktober 2023

Lantas, bagaimana jika kita ingin ikut memeriahkan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tahunnya pada 28 Oktober? Salah satu caranya kamu bisa membuat Twibbon Sumpah Pemuda.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Sabtu (28/10/2023) diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Tujuan Sumpah Pemuda adalah menciptakan persatuan dan kesatuan antar pemuda Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan.

Lalu, apa itu Sumpah Pemuda? Memahami Sumpah Pemuda adalah bentuk kesepakatan para pemuda dan pemudi Indonesia yang terkumpul dalam sebuah organisasi atau perhimpunan. Sumpah Pemuda lahir pada momen Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928.

Melansir modul berjudul Sejarah Indonesia Kelas XI KD 3,4 dan 4,4 yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sejarah Sumpah Pemuda terbentuk pada dua momentum kongres.

Kongres Pemuda yang pertama diadakan pada tanggal 30 April hingga 2 Mei 1928. Kongres dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari Jong Java, Jong Islamieten Bond, Jong Sumatra Bond Jong Ambon, Sekar Rukun Jong Batak dan para Pemuda Theosofi.

Kemudian, ada tiga rapat yang dihadiri oleh para pemuda di Kongres Pemuda Kedua. Rapat pertama, bertempat di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Rapat kedua, bertempat di Gedung Oost-Java Bioscoop di tanggal 28 Oktober 1928.

Lantas, bagaimana jika kita ingin ikut memeriahkan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tahunnya pada 28 Oktober? Salah satu caranya kamu bisa membuat Twibbon Sumpah Pemuda.

Lalu, apakah Twibbon? Twibbon sendiri merupakan bingkai bertema yang bisa dipasang di foto profil akun media sosial seseorang.

Bingkai atau Twibbon tersebut bisa dipakai untuk foto profil akun Facebook, Twitter, Instagram, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, serta kirim ke orang lain melalui laman Twibbonize.com.

Berikut adalah cara membuat dan link Twibbon Sumpah Pemuda yang dihimpun Liputan6.com dari laman www.twibbonize.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Twibbon Sumpah Pemuda

Untuk membuat Twibbon Sumpah Pemuda pun cukup mudah. Kamu dapat menggunakan perangkat seperti laptop, tablet, atau cukup dari ponsel. Berikut caranya:

1. Kamu cukup memilih salah satu dari link atau dapat mencari lebih banyak di Twibbonize.com,

2. Lalu, klik "Choose a Photo" dan pilih foto yang kamu ingin pakaikan bingkai dari galeri perangkatmu,

3. Sesuaikan posisi foto di dalam bingkai yang dipilih, kemudian pilih "Next",

4. Klik "Download" untuk menyimpannya di perangkatmu,

5. Kamu lalu bisa membagikan Twibbon yang sudah kamu buat di media sosial yang diinginkan.

 

3 dari 5 halaman

Link Twibbon Sumpah Pemuda

Berikut link Twibbon Sumpah Pemuda dihimpun dari laman www.twibbonize.com:

1. https://twb.nz/sumpahpemudapkmdharmarini

2. https://twb.nz/sumpahpemudatkkartika8

3. https://twb.nz/sumpahpemudasdinf2023

4. https://twb.nz/sumpahpemudacahayapelangi

5. https://twb.nz/sumpahpemudasdn3sumberejo

6. https://twb.nz/ucapan-hari-sumpahpemuda

7. https://twb.nz/smkciptakaryaharisumpahpemuda

8. https://twb.nz/ra-alikhlascupu

9. https://twb.nz/sarrjr

10. https://twb.nz/sumpahpemudaalazharbiibadillah

11. https://twb.nz/nessumpahpemuda2023

12. https://twb.nz/sumpahpemuda280kt0ber

13. https://twb.nz/sumpahpemuda12a

14. https://twb.nz/ucapan-harisumpahpemuda

15. https://twb.nz/harisumpahpemudanitura

16. https://twb.nz/sumpahpemuda2023assyarief

17. https://twb.nz/sumpahpemudaskandusa

18. https://twb.nz/pbspemuda

19. https://twb.nz/sumpahpemuda2023rr

20. https://twb.nz/sumpahpemudasdialakbar23

21. https://twb.nz/sumpahpemudabw2023

22. https://twb.nz/2024-sumpah-setiamu

23. https://twb.nz/sumpahpemuda23smkmuh4

24. https://twb.nz/smansasi2023

25. https://twb.nz/smpn2sambasdiharisumpahpemuda

26. https://twb.nz/sumpahpemudatkviedu

27. https://twb.nz/spemuda32

28. https://twb.nz/psmtijabarsumpahpemuda2023

29. https://twb.nz/sumpahpemuda281023hra

30. https://twb.nz/hari-sumpah-pemuda-95

 

4 dari 5 halaman

Sejarah Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Melansir modul berjudul Sejarah Indonesia Kelas XI KD 3,4 dan 4,4 yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sejarah Sumpah Pemuda terbentuk pada dua momentum kongres. Berikut selengkapnya:

Kongres Sumpah Pemuda 1

Kongres Pemuda yang pertama diadakan pada tanggal 30 April hingga 2 Mei 1928. Kongres ini dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari Jong Java, Jong Islamieten Bond, Jong Sumatra Bond Jong Ambon, Sekar Rukun Jong Batak dan para Pemuda Theosofi.

Kongres pertama Sumpah Pemuda adalah mengedepankan tema pentingnya persatuan dan kesatuan para pemuda yang kemudian berdiri dalam satu payung untuk mencapai Indonesia merdeka.

Sejumlah tokoh yang menjadi pembicara:

- Sumarto,

- M. Tabrani,

- Muh. Yamin,

- Bahder Johan,

- dan Pinontoan.

Meski ada kesepakatan untuk menerima dan mengakui cita-cita persatuan Indonesia, badan untuk mewadahi semua organisasi pemuda saat itu masih gagal terbentuk. Ini karena kesalahpahaman serta beda pendapat antara anggota kongres.

Keputusan penting hasil dari Kongres Pemuda 1:

1. Semua perkumpulan pemuda harus bersatu dalam organisasi.

2. Perlu segera diadakannya Kongres Pemuda kedua.

Selanjutnya Kongres Sumpah Pemuda 2

 

5 dari 5 halaman

Kongres Sumpah Pemuda 2

Ada tiga rapat yang dihadiri oleh para pemuda di Kongres Pemuda Kedua. Rapat pertama, bertempat di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng), hari Sabtu, 27 Oktober 1928. Rapat dibuka oleh Ketua PPPI, Soegondo Djojopoespito.

Dalam sambutan kongres Sumpah Pemuda adalah Soegondo mengatakan sangat berharap kongres bisa memperkuat semangat persatuan yang ada di dalam hati para pemuda peserta kongres, dan seluruh Indonesia nantinya.

"Ia melanjutkan dengan menjelaskan lima faktor yang bisa membuat persatuan Indonesia menjadi lebih kuat, yakni sejarah, Bahasa, hukum adat, pendidikan dan kemauan yang kuat," dijelaskan.

Rapat kedua, bertempat di Gedung Oost-Java Bioscoop di tanggal 28 Oktober 1928. Rapat kedua ini banyak membahas seputar pendidikan. Di hari kedua ini yang jadi pembicara adalah Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro.

Kedua pembicara ini memiliki pendapat bahwa anak-anak harus mendapat pendidikan kebangsaan. Selain itu mereka mengutamakan pentingnya keseimbangan antara pendidikan sekolah dan di rumah.

Rapat ketiga, sekaligus menutup kongres Sumpah Pemuda adalah mengambil tempat di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106. Di sini Sunario yang menjadi pembicara memberikan penjelasan akan pentingnya nasionalisme dan demokrasi mengiringi gerakan kepanduan.

Ramelan yang ikut menjadi pembicara di rapat ketiga mengatakan gerakan kepanduan tidak boleh dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan yang ditanamkan sejak dini pada anak-anak bisa mendidik mereka untuk menjadi disiplin dan mandiri. Kedua hal tersebut sangatlah dibutuhkan dalam perjuangan menuju kemerdekaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.