Sukses

Erick Thohir Dinilai Berhasil Mengembangkan Kemandirian Ekonomi Pesantren

Ru’yana Fuad mengatakan peran Erick Thohir terhadap ekonomi pesantren sangat besar. Dia pun berharap Erick Thohir bersedia menjadi kakak asuh bagi ponpes Sidogiri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai berhasil mengembangkan kemandirian ekonomi pesantren. Hal itu tak terlepas dari banyaknya program yang digagas Erick Thohir untuk membantu ekonomi pesantren.

Hal itu diakui oleh Putri Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri Pasuruan, Ru’yana Fuad yang mengatakan peran Erick Thohir terhadap ekonomi pesantren sangat besar. Dia pun berharap Erick Thohir bersedia menjadi kakak asuh bagi ponpes Sidogiri.

“Pak Erick bisa menjadi kakak asuh bagi kami untuk kembangkan kemandirian ekonomi pesantren.” Kata Ru’yana dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Salah satu program yang dihadirkan Erick Thohir adalah pendanaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui PMN Mekaar dan PNM Mekaar Syariah. Bukan hanya pendanaan semata, Erick Thohir juga memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ponpes.

“Program seperti ini yang sangat kami dukung untuk dapat menjangkau perempuan NU dan pondok lain di luar Sidogiri,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berharap Program Terus Berjalan

Dampak dari bantuan yang diterima itu tidak main-main. Sebagai salah satu Ponpes terbesar, Sidogiri memiliki aset mencapai Rp3 triliun, serta unit usaha di lebih dari 2.000 lokasi, baik di berbagai daerah di Indonesia, maupun di negara-negara Timur Tengah.

Dia pun berharap semua program serta inovasi yang Erick Thohir berikan dapat terus berjalan. Dengan begitu, Ponpes Sidogiri dapat terus mengembangkan kegiatan ekonomi untuk kepentingan umat.

“Profesionalisme dan warisan inovasi Pak Erick dapat terus dijalankan,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Representasi Pemimpin Muda

Diketahui, Menteri BUMN Erick Thohir merupakan salah satu representasi pemimpin muda saat ini yang berada di pemerintahan. Hal tersebut membuat Eks Presiden Inter Milan ini mudah mendapat tempat di hati para anak muda seperti milenial.

“Orangnya cukup energik dan relatif lebih muda, dan bergaul kelompok kelompok milenial sehingga mendapatkan tempat yang positif di generasi milenial,” kata Koordinator Komite Pemilih Indonesia, Jeirry Sumampow , Kamis (28/9/2023).

Bukan hanya semata-mata karena muda, kinerja Erick Thohir selama memimpin BUMN telah terbukti bagus. Hal itu turut membuat masyarakat terutama kalangan muda menyukai sosok Erick Thohir

“Dia pekerja keras dan selalu cepat melakukan segala sesuatu dan mampu menyesuaikan dengan tuntunkan masa kini,” ucap Jeirry.

BUMN selama dipimpin Erick Thohir memang menunjukkan banyak kemajuan. Hal itu sudah dibuktikan Erick Thohir dengan meningkatkan pendapatan BUMN mencapai Rp 2.613 triliun di tahun 2022, naik dari Rp 2.292 triliun pada tahun sebelumnya.

Dampaknya, BUMN meraup laba sebesar Rp303 triliun pada tahun 2022 yang mana merupakan raihan terbesar dalam sejarah. Meningkatnya laba selaras dengan dividen BUMN yang dibagikan kepada negara sebesar Rp80 triliun.

Oleh karena itu, Jeirry tidak heran jika elektabilitas Erick Thohir berada di posisi pertama dalam berbagai survei cawapres. Sebab, masyarakat sangat puas dengan kinerja menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi tersebut selama memimpin BUMN.

“Erick Thohir itu cukup tinggi dalam survei-sruvei menurut saya memang pertama karena popularitasnya tinggi karena ia memang jabatan-jabatan yang strategis di Indonesia sebagai BUMN,” pungkas Jeirry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.