Sukses

Tekan Stunting, Ketum TP PKK Dorong Kader di Sorong Mantapkan Ketersediaan Pangan

Ketum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian mengimbau para kader dan pengurus TP PKK di Kota Sorong dan Provinsi Papua Barat Daya untuk gotong royong memantapkan ketersediaan pangan.

Liputan6.com, Sorong Gerakan Pangan Murah (GPM) tengah berlangsung di berbagai daerah. Salah satunya di Distrik Klaurung, Kota Sorong, Papua Barat Daya, yang dibuka langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian pada hari Rabu, 11 Oktober 2023.

Acara ini terselenggara berkat kolaborasi Pemerintah Kota Sorong, Dinas Ketahanan Pangan Sorong, TP PKK Pusat dan Kota Sorong, serta Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Dalam kesempatan itu, Tri Tito Karnavian mengimbau para kader dan pengurus TP PKK di Kota Sorong dan Provinsi Papua Barat Daya untuk gotong royong memantapkan ketersediaan pangan. 

Adapun salah satu upaya yang diharapkan mampu memperkuat ketahanan pangan adalah dengan mengurangi disparitas harga antara produsen dan konsumen. Langkah tersebut diyakini juga akan berpengaruh signifikan terhadap upaya pengurangan angka stunting di Kota Sorong.

"Besar harapan saya, melalui kegiatan ini masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pangan pokok berkualitas dengan harga terjangkau untuk memenuhi konsumsi sehari-hari. Saya mengapresiasi kerja sama dan sinergi dari berbagai pihak, baik yang menunjukkan sinergi yang baik dalam upaya mencegah kerawanan pangan dan gizi, salah satunya dengan penyelenggaraan agenda hari ini," ungkap Tri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

GPM Sebagai Antisipasi Inflasi

Pangan merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia, maka tuntutan pemenuhan pangan merupakan hak asasi setiap individu yang menentukan kualitas suatu bangsa.

"Oleh sebab itu, masalah pangan merupakan hal prioritas untuk kita tangani. Kompleksnya aspek yang terkait dengan ketahanan pangan ini menghendaki keterlibatan dan tanggung jawab banyak pihak," paparnya.

Tri menekankan, Gerakan Pangan Murah ini bertujuan memastikan ketersediaan bahan pokok dengan harga terjangkau.

"Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat, mengendalikan tingkat inflasi daerah, dan membantu petani menjual produk pertanian langsung kepada konsumen," pungkas Tri.

Turut hadir dalam kegiatan ini, para pengurus dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Pengurus TP PKK Pusat, Pj. Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad beserta jajarannya, dan Pj. Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat Daya Andar Aryani beserta pengurus.

Selain itu, hadir pula Pj. Wali Kota Sorong Septinus Lobat, Pj. Ketua TP PKK Kota Sorong Jemima Elisabet Lobat, para Organisasi Wanita di Provinsi Papua Barat Daya dan Kota Sorong, para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.