Sukses

Kapolri Copot Kapolres Dairi Imbas Kasus Penganiayaan Anggota

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres Dairi AKBP Reinhard Nainggolan dari jabatannya, buntut peristiwa pemukulan terhadap anggotanya hingga masuk rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres Dairi AKBP Reinhard Nainggolan dari jabatannya, buntut peristiwa pemukulan terhadap anggotanya hingga masuk rumah sakit. Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2164/IX/KEP/2023 tertanggal 26 September 2023.

"Mutasi dan rotasi di tubuh Polri adalah hal biasa merupakan bagian tour of duty dan penyegaran organisasi," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (27/9/2023).

Tertulis bahwa AKBP Reinhard Nainggolan selaku Kapolres Dairi Polda Sumatera Utara dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri dalam rangka evaluasi jabatan. Posisinya pun digantikan oleh AKBP Agus Bahari Parama Artha yang sebelumnya Danyon Tk I Mentarsis Ditbintarlat Akpol Lemdiklat Polri.

Sebelumnya, Polri melakukan rotasi dan mutasi atas 60 personel baik perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati) Polri. Hal itu tertuang dalam dua surat telegram (ST) tertanggal 26 September 2023.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan, mutasi dan rotasi jabatan di tubuh Polri adalah hal biasa.

"Mutasi dan rotasi di tubuh Polri adalah hal biasa merupakan bagian tour of duty dan penyegaran organisasi," tutur Ahmad kepada wartawan, Selasa (26/9/2023).

Dalam ST/2163/IX/KEP./2023, ada sebanyak 35 personel dimutasi dan ST/2164/IX/KEP./2023 sebanyak 25 personel dimutasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapolda Aceh Diganti

Posisi Kapolda Aceh yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Ahmad Haydar digantikan oleh Irjen Achmad Kartiko yang sebelumnya menjabat sebagai Pati Baintelkam Polri, dengan penugasan Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI. Sementara Irjen Ahmad Haydar dimutasi dalam rangka pensiun.

Kemudian posisi Wakapolda Aceh yang sebelumnya dijabat oleh Brigjen Syamsul Bahri digantikan oleh Kombes Pol Armia Fahmi. Sementara Brigjen Syamsul dimutasi lantaran memasuki masa pensiun.

Selanjutnya, Wakapolda NTT Brigjen Heri Sulistianto juga memasuki masa pensiun dan digantikan oleh Brigjen Awi Setiyono yang sebelumnya Wakil Gubernur Akademi Kepolisian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.