Sukses

Museum Nasional Kebakaran, Tiket Pengunjung Akan Dikembalikan

Pihak Museum Nasional Indonesia (MNI) bakal mengembalikan tiket yang telah dibeli masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Museum Nasional Indonesia (MNI) bakal mengembalikan tiket yang telah dibeli masyarakat. Pasalnya, kini Museum Nasional ditutup sementara pasca kebakaran Gedung A Prasejarah atau Museum Gajah pada Sabtu, 16 September 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra mengatakan, tiket dikembalikan mengingat kebakaran ini merupakan situasi force majeur (keadaan kahar).

"Karena keadaan kahar ini, tiket yang telah dibeli akan dikembalikan. Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera setelah kami memiliki panduan yang lebih jelas," kata Mahendra dalam keterangan resmi, Minggu (17/9/2023).

"Kami mohon pengertian dari masyarakat atas langkah yang kami ambil. Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung," sambung dia.

Menurut Mahendra sesuai instruksi Mendikbudristek BLU MCB juga telah membentuk tim khusus yang akanbertanggung jawab untuk merawat dan mengamankan benda-benda sejarah dan budaya yang terdampak kebakaran. Selain itu, proses investigasi juga bakal dilakukan.

"Investigasi terus dilakukan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini. Kami berkomitmen untuk terus berbagi temuan investigasi dengan publik seiring perkembangannya," kata Mahendra.

Lebih lanjut, Mahendra menyebut kebakaran di Museum Nasional Indonesia (MNI) telah terkendali berkat respons cepat antara tim pemadam kebakaran, kepolisian, dan MNI. Api berhasil dipadamkan pada pukul 22:40 WIB.Displaying IMG_20230917_080235.jpg.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebakaran Museum Nasional Indonesia, Polisi Interogasi 6 Saksi

Polisi memeriksa enam saksi untuk mendalami penyebab kebakaran Museum Nasional Indonesia. Museum Nasional Indonesia diketahui dilalap si jago merah pada Sabtu, 16 September 2023 malam.

"Yang kita interogasi sudah 6," ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dikonfirmasi, Minggu (17/9/2023).

Komarudin menyebut berdasarkan keterangan enam saksi itu, beberapa pihak mencoba memadamkan api saat awal muncul, namun tak berhasil.

"Jadi informasi mereka, dari sekuriti mendengar ada yang teriak bahwa ada api, kemudian sekuriti berupaya memadamkan dengan menggunakan apar, namun apar tidak mampu memadamkan," kata dia soal kebakaran Museum Nasional.

Komarudin menyebut, pihaknya berencana langsung menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari penyebab kebakaran tersebut pada hari ini. Komarudin menyebut, olah TKP akan dilakukan pihaknya dengan menggandeng tim Pusat Laboratorium Polri (Puslabfor) dan tim investigasi yang dibuat oleh pengelola Museum Nasional Indonesia.

"Hari ini akan turun tim labfor dengan tim yang memang nanti ditunjuk dari pengelola dari museum," kata dia.

Museum Nasional Indonesia kini ditutup sementara usai Gedung A Prasejarah atau dikenal Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat kebakaran pada Sabtu malam, 16 September 2023.

Pantauan Liputan6.com, pada pukul 08.20 WIB, Minggu (17/9/2023) bagian depan Museum Nasional dijaga ketat aparat kepolisian. Awak media pun belum diperkenankan untuk masuk.

Sementara itu, di bagian belakang gedung, terlihat garis polisi melintang di bekas robohan atap salah satu ruangan Museum Gajah sisa kebakaran. Asap juga nampak keluar dari puing-puing sisa kebakaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini