Sukses

Polisi Temukan Dupa hingga Senter di TKP Kasus Kematian Ibu-Anak di Cinere Depok

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi menerangkan, pihaknya menemukan sejumlah bukti-bukti baru saat melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Liputan6.com, Jakarta Polisi masih menyelidiki penyebab kematian ibu dan anak yaitu GAH (64) dan DAW (38). Diketahui jenazah tersebut ditemukan dalam kondisi mengenaskan di dalam kamar mandi sebuah rumah di perumahan elite kawasan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi menerangkan, pihaknya menemukan sejumlah bukti-bukti baru saat melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Temuan baru itu berupa dupa dan senter.

"Kita menemukan dua buah senter dan dua buah dupa berisi bebatuan di sebelah jenazah. Kita akan selidiki kenapa kok ada senter apakah listriknya sudah dimatikan," kata Hengki di Polda Metro Jaya, Senin (11/9/2023).

Hengki melanjutkan, penyidik juga mendapatkan sampah dan sisa-sisa makanan termasuk roti dalam kondisi utuh di dalam rumah.

Barang-barang didapati pada saat olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) lanjutan. Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Metro Jaya turut hadir.

"Kita cari lagi kok sampah di luar tidak ada. Ternyata ada sampah di dalam kita temukan sisa makan termasuk roti yang masih utuh nah ini sedang kita teliti," ujar dia.

Hengki menerangkan, ahli yang tergabung dalam kolaborasi interprofesi terus menganalisis temuan-temuan yang didapatkan di lokasi. APSIFOR bekerja dengan metode retrospektif otopsi psikologi untuk mencari motif.

Sementara kedokteran forensik sedang meneliti fase-fase kematian hingga penyebab kematian, Dalam hal ini, juga melibatkan Puslabfor Bareskrim Polri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Hipotesa Kasus Ibu-Anak di Depok

Hengki menyebut, ada empat hipotesis yang akan dibuktikan secara scientific crime investigation yaitu; meninggal alami, kecelakaan, atau bunuh diri atau gabungan daripada indikasi tersebut.

"Apa ada jejak-jejak orang lain di luar dua jenazah sebelum kejadian yang dimungkinkan apakah ada tindak pidana lain sebelum terjadinya ini kita masih dalami juga termasuk apakah di seputaran TKP ada racun termasuk di tubuh jenazah ini ada kandungan racun nah ini sampelnya masih diteliti oleh labfor," ujar dia

Sebelumnya, penemuan mayat ibu dan anak di dalam rumah elite dalam kondisi mengenaskan menggegerkan warga Cinere, Depok. Penemuan bermula dari kecurigaan warga yang melihat rumah tersebut seperti tidak ada penghuninya.

“Awalnya warga petugas keamanan karena penghuni sudah lama hampir satu bulan tidak keluar rumah,” kata Kaur Humas Polres Metro Depok, Iptu Made Budi, Kamis (7/9/2023).

Petugas keamanan kemudian melapor pada Ketua RT. Kemudian petugas keamanan dan Ketua RT mencoba masuk ke rumah namun pintu gerbang dikunci.

“Saksi masuk ke dalam pagar lalu membuka garasi rumah dan mencium bau tidak sedap dari ruang kamar mandi,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.