Sukses

Demokrat Sebut Nama Cak Imin Sudah Dibahas di Tim 8 Sejak Desember 2022

Iftitah mengakui nama Cak Imin sempat dibawa oleh perwakilan Partai Demokrat untuk dibahas bersama Tim 8.

Liputan6.com, Jakarta - Eks anggota Tim 8 Koalisi Perubahan utusan Partai Demokrat, Iftitah Sulaiman mengungkapkan bahwa Tim 8 Koalisi Perubahan sejatinya sudah mencium kabar PKB akan bergabung dengan koalisinya sejak Desember 2022 lalu.

“Nah jadi sebetulnya PKB itu predictable masuknya itu, karena informasinya itu makin kuat, makin kuat, makin kuat,” kata Iftitah saat diwawancarai di Cikeas, Jawa Barat, Jumat (1/9/2023).

Bahkan, kata dia, nama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sudah masuk dalam pembahasan di jajaran Tim 8 sejak Desember 2022 atau sebelum Piagam Koalisi Perubahan diresmikan.

Dia juga mengakui nama Cak Imin sempat dibawa oleh perwakilan Partai Demokrat untuk dibahas bersama Tim 8.

“Demokrat membahas (nama Cak Imin) di Tim 8, jadi kita open di sana sejak bulan Desember tahun lalu (2022). Kami menyampaikan ini (Cak Imin) bagaimana?,” ujar Iftitah.

Oleh karena itu, Iftitah sendiri mengaku tidak terkejut dengan manuver politik NasDem dan PKB menduetkan Anies Baswedan dengan Cak Imin.

Namun terkait apakah manuver yang disebut Ketum NasDem Surya Paloh spontan terjadi ini karena desakan dari pihak luar, Iftitah enggan menjawab.

Iftitah hanya mengatakan dia memprediksi Surya Paloh sejak awal sengaja menunda menyetujui deklarasi Anies-AHY karena sudah menyiapkan skenario Anies-Cak Imin. “Iya, saya memprediksi itu,” katanya menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demokrat Keluar Koalisi dan Cabut Dukungan Terhadap Anies

Diberitakan sebelumnya, Partai Demokrat secara resmi mencabut dukungannya terhadap Bacapres Anies Baswedan serta keluar dari Koalisi Perubahan yang dibangun bersama Partai NasDem dan PKS.

Sikap itu diambil, usai Partai NasDem dan Anies memutuskan untuk menunjuk Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres Anies di 2024.

"Pertama Demokrat cabut dukungan Anies Baswedan sebagai capres pilpres 2024," kata Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, usai rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat di Cikeas, Jumat (1/9).

"kedua Partai Demokrat tidak lagi berada di dalam koalisi perubahana untuk persatuan karena terjadi pengingkatan kesepakatan yang dibangun selama ini," imbuh dia.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini