Sukses

Polisi Libatkan Forensik Usut Kepastian Penyebab Kebakaran Hotel F2 Melawai

Kapolsek Metro Kebayoran Baru, Tribuana Roseno mengatakan dugaan awal penyebab kebakaran Hotel F2 Melawai adalah puntung rokok yang kemudian merambat ke barang-barang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi akan melibatkan tim Labolatorium Forensik untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran Hotel F2, kawasan Melawai, Jakarta Selatan pada Kamis, (17/8/2023) malam. 

Kebakaran ini menyebabkan 3 orang meninggal dunia karena terkepung asap. Sedangkan tiga orang lainnya dinyatakan selamat dari insiden tersebut.

Kapolsek Metro Kebayoran Baru, Tribuana Roseno mengatakan dugaan awal, penyebab kebakaran adalah puntung rokok yang kemudian merambat ke barang-barang lain.

"Tetap akan koordinasi dengan labfor mabes polri (untuk tentukan penyebab pasti)," kata Tribuana saat dikonfirmasi, Jumat, (18/8/2023).

Pihaknya saat ini telah melakukan pemeriksaan terhadap pemilik Hotel F2 mulai dari pemilik, manager, sekuriti, dan resepsionis.

Petugas piket pemadam kebakaran Sukur Sawarno menjelaskan, kronologi kebakaran diawali dari informasi pihak hotel yang menyebut telah terjadi kebakaran di lobi lantai 2.

 

"Informasi kami terima terjadi kebakaran diyang disebabkan oleh rokok di lobi lantai 2 hotel, kemudian merambat ke barang-barang yang ada di ruangan tersebut," kata Sukur dalam keterangannya kepada wartawan.

Meski situasi saat ini api sudah padam, namun menurut Sukur, saat prosesnya terjadi kesulitan. Sebab bangunan hotel tidak memiliki ventilasi maka asap memenuhi seluruh ruangan di lantai 2 dan 3 Hotel F2 Melawai.

"Kesulitan evakuasi ini kamar terkunci. Asap pekat, udara panas, tidak ada ventilasi," jelas Sukur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Orang Jadi Korban Kebakaran

Belum diketahui kerugian yang ditanggung oleh pemilik hotel akibat kebakaran. Namun, enam orang dilaporkan menjadi korban. Tiga di antaranya meninggal dunia.

"Korban luka Triyana (25) berjenis kelamin laki-laki, Nadia (23) berjenis kelamin wanita dan Firmansyah (27) berjenis kelamin laki-laki. Sementara itu, tiga korban meninggal yakni Hilal (42), dan dua orang wanita yang belum diketahui identitas," ucap Sukur.

Terkait penyebab kebakaran, Kapolsek Metro Kebayoran Baru, Kompol Tribuana Roseno menuturkan akan berkoordinasi dengan Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri untuk mencari penyebab Hotel F2 Kebakaran.

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.