Sukses

Ketua DPR RI Puan Maharani Kenakan Pakaian Adat Dayak Hadiri Sidang Tahunan MPR

Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Sidang Tahunan MPR dengan mengenakan pakaian adat Dayak, Kalimatan Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Sidang Tahunan MPR dengan mengenakan pakaian adat Dayak, Kalimatan Barat. Kain yang dipakai Puan tersebut merupakan salah satu motif yang dianggap sakral oleh masyarakat Dayak.

Pada Sidang Tahunan MPR yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023), Puan memakai pakaian adat Dayak dengan motif Ruit Besai berwarna merah maroon.

Puan Maharani mendapatkan kain tersebut langsung dari Kalimantan Barat (Kalbar), tepatnya dari Desa Umin Jaya, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang.

Tokoh Perempuan Dayak Yoalanda Lasarus mengatakan, motif Ruit Besai merupakan motif kebesaran yang dalam adat Dayak hanya digunakan oleh tokoh-tokoh besar.

"Motif ini melambangkan kebesaran dan keperkasaan. Pengerjaannya tidak boleh sembarangan, hanya orang-orang tertentu yang boleh membuatnya," ujar Yoalanda kepada wartawan, Rabu (16/8/2023).

Sidang Tahunan MPR dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin beserta jajaran pemerintahan. Sidang Tahunan MPR RI 2023 pun turut dihadiri oleh pimpinan negara dan para presiden serta wakil presiden terdahulu.

Presiden Jokowi yang menyampaikan pidato kenegaraan HUT ke-78 RI di Sidang Tahunan tersebut tampak mengenakan baju adat dari Tanimbar, Maluku.

Beberapa tokoh negara pun memakai baju adat dari berbagai daerah, seperti Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang tampil dengan memakai kebaya berwarna putih dengan bawahan kain batik bernuansa merah, serta dilengkapi dengan selendang yang diselempangkan.

 

Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Sumber : Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Megawati Hadiri Sidang Tahunan MPR, SBY Absen

Sebelumnya, para presiden dan wakil presiden terdahulu menghadiri Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (16/8/2023).

Tampak hadir Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden keenam Try Soetrisno, Wakil Presiden kesembilan Hamzah Haz, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, serta Wakil Presiden ke-11 Boediono.

Sementara itu,Presiden RI ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak hadir pada sidang tahunan kali ini. SBY diketahui sedang berada di Pacitan untuk meresmikan Museum dan Galeri SBY-Ani pada 17 Agustus 2023.

"Pak SBY ada di Pacitan karena tanggal 17 Agustus 2023 jam 19.30 WIB akan dilaksanakan peresmian Museum dan Galeri SBY-ANI di Pacitan," kata Ketua BPOKK Demokrat Herman Khaeron, Rabu (16/8/2023).

Selain itu, sejumlah ketua umum partai politik juga menghadiri Sidang Tahunan, antara lain Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Acara

09.30 WIB: Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

09.33 WIB: Mengheningkan cipta dipimpin Ketua MPR

09.36 WIB: Pembukaan Sidang Tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD 2023 sekaligus pidato pengantar sidang tahunan MPR 2023 oleh Ketua MPR

09.56 WIB: Pidato pengantar sidang bersama DPR dan DPD 2023 oleh Ketua DPD

10.16 WIB: Pidato Presiden tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato kenegaraan Presiden dalam rangka HUT ke-78 RI

11.01 WIB: Persembahan lagu-lagu daerah oleh Koprs Musik STIN-BIN,

11.11 WIB: Pembacaan doa

11.17 WIB: Penutupan sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR RI-DPR RI tahun 2023 oleh Ketua DPD RI

11.21 WIB: Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

11.30 WIB: Sidang berakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.