Sukses

Propam Polri Raih Penghargaan Berkat Inovasi Aplikasi Yanduan Masyarakat

Lembaga Kajian Strategi Kepolisian Indonesia (Lemkapi) memberikan apresiasi dan penghargaan Presisi Award kepada Divisi Propam Polri.

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Kajian Strategi Kepolisian Indonesia (Lemkapi) memberikan apresiasi dan penghargaan Presisi Award kepada Divisi Propam Polri. Penghargaan ini karena inovasi aplikasi WhatsApp (WA) Yanduan Propam Presisi yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Saputra Hasibuan menilai, aplikasi online yang diluncurkan oleh Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono sejak lima bulan lalu sangat membantu masyarakat untuk menyampaikan berbagai keluhan dan masukan kepada Polri.

"Kami menguji langsung layanan Yanduan dan terbukti cepat direspon. Kami melihat layanan aplikasi online ini menjadi solusi sebagai layanan alternatif masyarakat kepada Polri," kata Edi Hasibuan dalam keterangannya, Sabtu (12/8/2023).

Mantan Komisioner Kompolnas ini menyebut, aplikasi WA Yanduan Propam Presisi Polri kini menjadi unggulan dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Polri. Faktanya, kehadiran aplikasi daring ini banyak dimanfaatkan masyarakat.

"Berdasarkan pengamatan pihaknya selama ini, setiap hari ada saja pengaduan yang disampaikan masyarakat soal layanan Mabes Polri lewat WA Yanduan Propam Presisi Presisi," ujarnya.

"Hasil penelitian menyebutkan, layanan WA Yanduan Propam Presisi Polri cukup berpengaruh atau sekitar 25 persen menyumbang trust terhadap Polri," sambungnya.

Menurut Edi, dengan adanya aplikasi pengaduan tersebut, konsekuensi yang didapat adalah banyaknya aduan dan masukan dari masyarakat. Dirinya berpesan, agar setiap aduan yang masuk bisa segera direspon.

"Masyarakat akhirnya bisa merasakan layanan online ini berfungsi dengan baik," ucapnya.

Sementara itu, Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono berharap, WA Yanduan Propam Presisi Polri dapat menciptakan interaksi langsung dengan pelapor. Selain itu, juga menghilangkan sumbatan komunikasi antara masyarakat yang mengadu dengan anggota (Polri).

Mantan Wakabareskrim ini menjelaskan, dirinya juga mendapatkan masukan langsung dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan hasil Litbang Kompas terkait kinerja Propam Polri.

Sigit meminta agar diadakan lomba Dumas Satwil Bid Propam dalam rangka HUT ke-77 Bhayangkara. Para anggota Propam Polri yang menerima pengaduan masyarakat (Dumas) agar diberikan penghargaan.

"Banyaknya aduan yang direct ke bapak Kapolri sudah banyak berkurang dan itu berarti sumbatan komunikasi sudah mulai berkurang," ujar Syahardiantono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berterima Kasih

Selain itu, ia berterima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan oleh Lemkapi. Terlepas dari itu, Propam Polri berharap semua dukungan masyarakat dapat menjaga amanah dan Marwah Polri.

Syahardiantono menegaskan, Propam Polri bukan hanya bertugas menindak pelanggaran anggota saja, namun juga sebagai penyeimbang Polri.

"Propam Polri adalah polisinya polisi harus bisa menjadi tauladan. Untuk menjadi tauladan tidak ujug-ujug. Saya menekankan kepada keluarga Propam Polri, untuk tidak melakukan pelanggaran dan mematuhi aturan dengan tetap menanamkan nilai-nilai agama. Sehingga, kedepan Propam merendahkan diri," tegasnya.

Jenderal bintang dua ini mengungkapkan, dirinya selalu mengevaluasi terkait kinerja Propam Polri baik di pusat maupun daerah.

"Litbang Kompas akan kita pakai sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja kita, kita akan lakukan rutin tiga bulan sekali. Kami juga meminta masukan Lemkapi untuk membantu kita jika ada kekurangan yang dapat menurunkan citra Polri," pungkasnya.

 

Reporter: Nur Habibie/Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini