Sukses

Polisi Panggil Pihak Hotel Lokasi Body Checking Miss Universe Indonesia

Polisi telah mengecek Ballroom Sari Pacific Hotel, Jakarta sebagai lokasi body checking Miss Universe Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi akan memeriksa pihak hotel Sari Pacific Hotel, Jakarta terkait kasus dugaan pelecehan terhadap para kontestan Miss Universe Indonesia. Pihak hotel akan diperiksa sebagai saksi karena sebagai tempat digelarnya body checking para finalis.

"Kita udah buat undangan management hotel. Dalam waktu dekat akan hadir," kata Yuliansyah saat dikonfirmasi, Jumat, (11/8/2023).

Meski tidak menjelaskan kapan waktu pemeriksaan tersebut, lanjut Yuliansyah, penyidik nanti akan mendalami terkait dengan posisi pengelola hotel yang menyediakan tempat.

"Ya seluruhnya, soal acara, pihak yang sewa hotel, penyelenggara," ujarnya.

Sebelumnya, polisi telah mengecek Ballroom Sari Pacific Hotel, Jakarta sebagai lokasi body checking. Pemeriksaan ini untuk mendapat gambaran tempat di mana para finalis Miss Universe Indonesia dipaksa telanjang.

"Ya tadi penyidik sudah ke lokasi. Tapi baru pengecekan awal saja biar penyidik ada gambaran," kata Yuliansyah saat dikonfirmasi, Rabu (9/8/2023).

Sekedar informasi bahwa kasus ini mulai diselidiki sebagaimana laporan nomor: LP/B/4598/VIII/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA tanggal 7 Agustus 2023. Atas enam 6 orang kontestan yang menjadi pihak pelapor dalam kasus ini.

Dengan pihak terlapornya yakni PT Capella Swastika Karya selaku pihak pemegang lisensi yang dilaporkan pelapor melanggar Pasal 5 dan atau Pasal 6 Undang- Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) dan Pasal 14 junto Pasal 15 TPKS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Penyelenggara

Secara terpisah, National Director and Owner Miss Universe Indonesia, Poppy Capella juga menanggapi soal dugaan pelecehan seksual para finalis dalam sesi body screening yang berujung dugaan pelecehan.

“Terkait dengan pemberitaan media mengenai hal-hal yang terjadi dalam perhelatan Miss Universe Indonesia, tentunya menjadi perhatian kami di Miss Universe Indonesia,” tulisnya lewat akun @missuniverse_id.

Namun dalam klarifikasi ini, tidak sama sekali menyinggung dugaan pelecehan seksual yang tengah ramai dibicarakan. Sebagai gantinya, Poppy hanya mencantumkan isu yang ramai dalam pemberitaan di media.

“Kami telah melakukan investigasi dan memeriksa hal-hal yang dituduhkan kepada kami yang mana, kami mengetahui hal tersebut dari media massa,” katanya.

“Kami akan segera mengambil sikap maupun tindakan yang diperlukan terkait permasalahan ini agar menjadi jelas dari terang kebenarannya,” sambungnya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini