Sukses

Menag Yaqut: Alhamdulillah Pelayanan Haji 2023 Berjalan Baik

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan, bila musim haji 2023, berjalan dengan lancar. Hal ini dipastikan dari sudah kembalinya seluruh jemaah haji Indonesia ke Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan, bila musim haji 2023, berjalan dengan lancar. Hal ini dipastikan dari sudah kembalinya seluruh jemaah haji Indonesia ke Tanah Air.

"Alhamdulillah, jemaah haji terakhir sudah landing kemarin, di Surabaya, Kloter 88. Dan secara umum alhamdulillah, pelayanan ibadah haji ini berjalan dengan baik," tutur Menag Yaqut, saat menyampaikan Konferensi Pers Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2023/1444 Hijriyah, di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (5/8/2023).

Dia juga menjelaskan, untuk hari ini, ada kepulangan 355 orang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang sudah mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Namun, masih ada lima petugas lagi yang baru akan pulang ke Tanah Air besok.

Selain itu, masih ada beberapa petugas dari Kementerian Agama yang masih akan berada di Arab Saudi dalam waktu yang lama. Hal ini dilakukan untuk memantau 77 jemaah haji Indonesia yang masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi, serta pencarian satu orang jemaah haji yang masih dinyatakan hilang.

"InshaAllah semua dalam keadaan sehat," ujar Menag Yaqut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terima Kasih

Menag Yaqut pun mengaku, pemerintah berkali-kali mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasinya atas dedikasi yang dilakukan petugas PPIH yang melayani para jemaah haji, terutama para lansia selama berada di Tanah Suci. Bahkan, melayani sampai yang bukan jadi tugasnya.

"Kita sama-sama tahu, ada petugas haji yang sampai menggendong jemaah, maaf, menceboki jemaah yang sebenarnya ini diluar tugas pokok mereka, tapi tetap dilakukan karena semangat melayani selayaknya orang tua sendiri," ungkap Menag Yaqut.

Namun menariknya, pelayanan bukan hanya diberikan dari petugas ke jemaah, melainkan sesama jemaah saling bantu membantu. Seperti jemaah yang usia lebih muda menolong jemaah lansia, yang semata-mata dilakukan untuk kelancaran jalannya rangkaian haji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini