Sukses

8 Fakta Film Barbie yang Baru Rilis di Indonesia, Sosok Margot Robbie hingga Sinopsisnya

Film Barbie akhirnya tayang perdana di Indonesia sejak Rabu 19 Juli 2023. Sebelumnya, sejumlah gala premier sudah dilakukan, di antaranya di Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Film Barbie akhirnya tayang perdana di Indonesia sejak Rabu 19 Juli 2023. Sebelumnya, sejumlah gala premier film Barbie sudah dilakukan, di antaranya di Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan.

Film tersebut akan dikemas dalam bentuk film komedi. Disutradarai oleh Greta Gerwig, Barbie akan menjadi film live-action pertama setelah sebelumnya dibuat versi animasinya.

Mengutip dari berbagai sumber, penulisan naskah dan skenario film ini ditulis langsung oleh Greta dengan dibantu Noah Baumbach. Nantinya, film ini akan dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling sebagai bintang utama.

Namun tahukah kamu? Mengutip Hearst Magazines dan Yahoo News, Margot Robbie ternyata diketahui sogok Ryan Gosling dengan hadiah untuk mau bermain film Barbie.

Robbie menjanjikan hadiah kepada Gosling setiap hari syuting jika dia menerima peran tersebut, yang terbukti menjadi tantangan ketika dia melakukannya: "Saya mendapatkan begitu banyak hadiah," kata Gosling.

"...Dia menepati janjinya, memberi hal-hal yang berhubungan dengan Ken setiap hari, dari kalung kulit puka hingga kotak makan siang bertema kuda," tutur Ryan Gosling.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Margot Robbie? Merangkum profil Margot Robbie dari situs IMDB, Senin 17 Juli 2023, ia diketahui memiliki nama lengkap Margot Elise Robbie. Lahir pada 2 Juli 1990 di Dalby, Queensland, Australia dari orang tua asal Skotlandia.

Sementara itu, film Barbie pun sukses panen review positif dari para kritikus film. Akting aktris utama Margot Robbie yang cemerlang berhasil mendapat sorotan.

Berdasarkan konsensus situs Rotten Tomatoes, Rabu 19 Juli 2023, film Barbie meraih skor 89 persen dari 96 reviewer.

Berikut sederet fakta terkait film Barbie yang baru saja tayang di Indonesia sejak Rabu 19 Juli 2023 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Profil Margot Robbie

Film Barbie dijadwalkan mulai tayang pada 21 Juli 2023 ini. Sejumlah gala premier sudah dilakukan, di antaranya di Amerika Serikat, Inggris dan Korea Selatan.

Film ini akan dikemas dalam bentuk film komedi. Disutradarai oleh Greta Gerwig, Barbie akan menjadi film live-action pertama setelah sebelumnya dibuat versi animasinya.

Mengutip dari berbagai sumber, penulisan naskah dan skenario film ini ditulis langsung oleh Greta dengan dibantu Noah Baumbach. Nantinya, film ini akan dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling sebagai bintang utama.

Selain keduanya, juga ada beberapa bintang Hollywood lain yang akan menjadi Barbie dan Ken yang tentunya akan meramaikan film ini.

Mengutip Hearst Magazines dan Yahoo News, Margot Robbie ternyata diketahui sogok Ryan Gosling dengan hadiah untuk mau bermain film Barbie.

Robbie menjanjikan hadiah kepada Gosling setiap hari syuting jika dia menerima peran tersebut, yang terbukti menjadi tantangan ketika dia melakukannya: "Saya mendapatkan begitu banyak hadiah," kata Gosling.

"...Dia menepati janjinya, memberi hal-hal yang berhubungan dengan Ken setiap hari, dari kalung kulit puka hingga kotak makan siang bertema kuda," tutur Ryan Gosling.

Yuk, mengenal Margot Robbie lebih dekat.

Merangkum profil Margot Robbie dari situs IMDB, Senin 17 Juli 2023, ia diketahui memiliki nama lengkap Margot Elise Robbie. Lahir pada 2 Juli 1990 di Dalby, Queensland, Australia dari orang tua asal Skotlandia.

Ibunya, Sarie Kessler, adalah seorang fisioterapis, dan sang ayah Doug Robbie.

Margot Robbie berasal dari keluarga dengan empat anak, memiliki dua saudara laki-laki dan satu saudara perempuan.

Dalam profil singkat yang diulas IMDB, disebutkan bahwa Margot Robbie lulus dari Somerset College di Mudgeeraba, Queensland, Australia, sebuah pinggiran kota di pedalaman Gold Coast Queensland Tenggara, tempat dia dan saudara-saudaranya dibesarkan oleh ibu mereka dan menghabiskan sebagian besar waktunya di pertanian milik kakek neneknya.

Di akhir masa remajanya, dia pindah ke Melbourne, Victoria, Australia untuk mengejar karir akting.

 

3 dari 9 halaman

2. Rekam Jejak Margot Robbie di Dunia Perfilman Australia hingga Menembus Hollywood

Dari 2008-2010, Margot Robbie memerankan karakter Donna Freedman dalam sinetron Australia yang sudah berjalan lama, Neighbours (1985), di mana dia dinominasikan untuk dua Penghargaan Logie.

Dia berangkat untuk mengejar peluang Hollywood, dengan cepat mendaratkan peran Laura Cameron di serial ABC Pan Am (2011). Dia membuat debut layar lebar dalam film, About Time (2013).

Robbie kian naik daun tatkala bermain bersama Leonardo DiCaprio, memerankan peran Naomi Lapaglia dalam film nominasi Oscar karya Martin Scorsese, The Wolf of Wall Street (2013). Dia dinominasikan dalam kategori Breakthrough Performance MTV Movie Award, dan berbagai penghargaan lainnya.

Pada tahun 2014, Robbie mendirikan perusahaan produksinya sendiri, LuckyChap Entertainment. Dia juga muncul dalam film drama romantis Perang Dunia II, Suite Française (2014). Lalu dia membintangi Focus (2015) dan Z for Zachariah (2015), dan menjadi cameo di The Big Short (2015).

Pada 2016, dia menikah dengan Tom Ackerley di Byron Bay, New South Wales, Australia.

Dia berperan sebagai Jane Porter dalam The Legend of Tarzan (2016), Tanya Vanderpoel dalam Whiskey Tango Foxtrot (2016) dan sebagai penjahat komik DC Harley Quinn dalam Suicide Squad (2016), di mana dia dinominasikan untuk Teen Choice Award, dan banyak lagi penghargaan lainnya.

Dia memerankan sosok skater Tonya Harding dalam film biografi I, Tonya (.2017), menerima pujian kritis dan nominasi Penghargaan Golden Globe untuk Best Actress - Motion Picture Comedy or Musical (Aktris Terbaik - Komedi atau Musikal Gambar Bergerak).

 

4 dari 9 halaman

3. Pundi-Pundi Kekayaan Ryan Gosling

Ryan Gosling akhirnya memerankan sebagai Ken karakter ikonik Mattel dalam film Barbie. Ia mendampingi Margot Robbie sebagai pemeran Barbie.

Film Barbie tersebut disutradarai oleh Greta Gerwig dan juga menulis naskah bersama Noah Baumbach, seperti dikutip dari Antara.

Seiring film Barbie yang mulai tayang di bioskop di Indonesia pada Rabu 19 Juli 2023, nama aktor Ryan Gosling pun ramai dalam mesin pencarian Google.

Oleh karena itu, menarik untuk diketahui, berapa kekayaan yang dimiliki oleh Ryan Gosling. Apalagi ia telah memainkan peran di sejumlah film antara lain The Gray Man pada 2022, La La Land pada 2016, Drive pada 2011, Blade Runner 2049 pada 2017, The Notebook pada 2004.

Berikut penghasilan yang diperoleh Ryan Gosling dikutip dari laman Yahoo:

- Penghasilan dari the Notebook

Gaji pasti Ryan Gosling dari the Notebook belum diketahui. Namun, diprediksi, ia mendapatkan bayaran USD 1 juta. Per minggu mendapatkan USD 185 dan jauh lebih sedikit dari yang dihasilkan untuk film besar yakni La La Land dan Barbie.

Kepada GQ, Ryan pernah menuturkan, kalau masa-masa awalnya sebagai aktor, dirinya merasa pekerjaannya hanya untuk mendapatkan pekerjaan.“Saya mencoba membayar sewa dan mungkin untuk mendapatkan asuransi kesehatan,” ujar dia.

Namun, saat dia mulai mendapatkan pekerjaan secara konsisten dan makin sukses, tujuannya adalah hanya untuk mengambil peran yang akan menantang saya.

- Penghasilan dari La La Land

Berdasarkan Forbes, Ryan hasilkan USD 29 juta atau sekitar Rp 434,83 miliar (asumsi kurs Rp 14.994 per dolar Amerika Serikat) . Hal tersebut sebagian besar berkat kesuksesan besar La La Land. Film tersebut melambungkan nama Ryan Gosling.

Namun, Ryan Gosling diprediksi juga hasilkan penghasilan besar dari film Barbie. Ia hasikan gaji USD 12,5 juta atau sekitar Rp 187,40 miliar.

- Endorsement hingga Jual Properti

Demikian juga penghasilan dari film The Gray Man. Netflix melaporkan, Ryan mendapatkan bayaran lebih dari USD 20 juta atau sekitar Rp 299,80 miliar. The Gray Man pun diprediksi ada sekuel. Sehingga diprediksi Ryan juga akan dapatkan lebih dari USD 20 juta lagi.

Tak hanya itu, THR juga melaporkan, Ryan hasilkan USD 7 juta atau sekitar Rp 104,93 miliar dari the Nice Guys dan USD 10 juta atau sekitar Rp 149,91 miliar dari Blade Runner.

Tak hanya dari film, Ryan Gosling juga mendapatkan pundi-pundi kekayaan dengan menjadi bintang dari iklan TAG Heuer. Namun, penghasilan yang didapat belum diketahui.

- Real Estate

Selain itu, Ryan Gosling dan Eva Mendes juga dilaporkan jual properti Los Feliz senilai USD 5 juta atau sekitar Rp 74,96 miliar dan pindah ke Kanada pada 2021.

Total Kekayaan Bersih Ryan GoslingMenurut Celebrity Net Worth, kekayaan Ryan Gosling mencapai USD 70 juta atau sekitar Rp 1,04 triliun.

 

5 dari 9 halaman

4. Sudah Tayang, Film Barbie Raih Pujian dari Kritikus Film

Film Barbie sukses panen review positif dari para kritikus film. Akting aktris utama Margot Robbie yang cemerlang berhasil mendapat sorotan.

Berdasarkan konsensus situs Rotten Tomatoes, Rabu 19 Juli 2023, film Barbie meraih skor 89 persen dari 96 reviewer.

Margot Robbie juga dinilai sebagai pemeran yang sempurna untuk Barbie. Yang dipuji bukan hanya rambut pirang dan mata biru Robbie, melainkan karakterisasinya.

"Sebagai bintang film, Margot Robbie menemukan keseimbangan antara satir dan ketulusan. Ia adalah pilihan pemeran yang sempurna; tidak mungkin untuk membayangkan orang lain di peran ini," ujar Lamire.

Unsur komedi film ini juga mendapat pujian tinggi. Tak lupa, Lemire memuji marketing Barbie yang cerdas.

Reviewer dari situs Time Out memuji Barbie sebagai film yang menyenangkan untuk ditonton. Selain akting Margot Robbie yang dipuji, film ini dinilai berhasil menunjukkan sisi satir dari brand Barbie, serta elemen feminisme dan girliness secara berbarengan.

Ada kritikan terhadap Barbie terkait banyaknya elemen yang ditampilkan. Ann Hornaday dari Washington Post menyebut kepentingan sutradara Greta Gerwig dalam menolak patriarik terkadang membuat filmnya berat, tetapi ia masih memuji "Barbie".

Film ini ia dideskripsikan sebagai "hot-pink mess" dan penonton bisa melihat "Barbie" dalam berbagai wujud, mulai dari yang stereotip, presiden, dokter, pengacara, dokter, hingga yang aneh.

"Dalam sebagian besar, ia mencapai keseimbangan yang menyenangkan antara silly dan serious," ujarnya.

Reviewer dari The Australian berkata film ini "sepenuhnya gila-gilaan", namun ia juga menyebut bahwa "mungkin itulah yang kita butuhkan saat ini".

Kritik yang murni negatif datang dari New Statesman yang menilai film arahan Greta Gerwig ini memiliki feminisme yang hampa.

Film "Barbie" sudah mulai tayang di Indonesia pada 19 Juli 2023. Sejumlah pemain film ini adalah Margot Robbie, Ryan Gosling, Simu Liu, dan Kate McKinnon.

 

6 dari 9 halaman

5. Tayang Perdana, Diproyeksi Bakal Cuan Rp 1,6 Triliun di Box Office Amerika

Film Barbie yang sangat ditunggu-tunggu diproyeksikan menghasilkan pendapatan yang bernilai cukup fantastis selama pemutaran perdana akhir pekan ini.

Melansir laman Forbes, Rabu 19 Juli 2023, Film Barbie yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling diperkirakan akan menarik keuntungan hingga USD 110 juta atau setara Rp. 1,6 triliun di box office Amerika Utara selama pemutaran perdana.

Laporan Variety dan Deadline menyebut, Barbie diperkirakan akan menghasilkan antara USD 95 juta dan USD 110 juta di sekitar 4.200 bioskop di Amerika akhir pekan ini, menjadikannya salah satu rilis film terbesar tahun ini.

Jika proyeksi tersebut benar, Barbie akan menjadi rilis film dengan penghasilan terbesar kelima di 2023, setelah Super Mario Bros. Movie, yang meraup USD 146 juta pada akhir pekan pembukaannya, Spider-Man: Across The Spider-Verse untung USD 120,5 juta (Rp. 1,8 triliun), Marvel's Guardians of Galaxy Vol. 3 untung USD 118,4 juta (Rp. 1,7 triliun)

Adapun Little Mermaid rilisan Disney, yang menghasilkan USD 118 juta atau sekitar Rp. 1,7 triliun.

Sementara itu, film garapan Christopher Nolan, yang dirilis di hari yang sama dengan Barbie, yaitu Oppenheimer diproyeksikan hanya meraup USD 50 juta atau Rp. 750 miliar, yang bisa menjadi salah satu akhir pekan terbesar di box office tahun ini.

Dalam pembuatan dan produksinya, film Oppenheimer dilaporkan menelan biaya USD 100 juta atau Rp. 1,5 triliu, sementara Barbie dilaporkan menelan anggaran USD 145 juta atau Rp. 2,1 triliun.

Meskipun tayang dalam tanggal yang sama, terjadi lonjakan permintaan untuk film Barbie dan Oppenheimer, mendorong lebih dari 20.000 anggota AMC Stubs untuk membeli tiket pada hari yang sama untuk fitur ganda Barbie-Oppenheimer, pasangan yang dijuluki "Barbenheimer".

Namun, terlepas dari tren besar-besaran, proyeksi box office Barbie bukanlah jaminan, dan dapat menemui nasib yang sama dari kekecewaan box office, termasuk Mission: Impossible—Dead Reckoning Part One, yang hanya menghasilkan USD 56,2 juta di box office AS akhir pekan lalu, jauh di bawah proyeksi USD 85 hingga USD 95 juta.

Barbie juga memiliki jalan panjang untuk mengejar Film Super Mario Bros., yang telah meraup hampir USD 574 juta di dalam negeri sejak dirilis pada bulan April—rilis terbesar sepanjang tahun ini.

 

7 dari 9 halaman

6. Biaya Produksi Barbie Movie Capai Triliunan Rupiah

Film Barbie dijadwalkan mulai tayang pada 21 Juli 2023 ini. Sejumlah gala premier sudah dilakukan, di antaranya di Amerika Serikat, Inggris dan Korea Selatan. Barbie Movie akan dikemas dalam bentuk film komedi.

Film Barbie sendiri digarap oleh sutradara Greta Gerwig dan dirilis oleh Warner Bros. Pictures. Ceritanya adalah soal petualangan Barbie yang diperankan Margot Robbie, bersama dengan Ken yang diperankan Ryan Gosling, di dunia nyata.

Selain kedua nama beken tersebut, beberapa nama terkenal juga meramaikan cast di film itu.

Sebut saja Kate McKinnon, Alexandra Shipp, dua Lipa, hingga Ritu Arya yang berperan sebagai Barbie dengan profesi yang berbeda-beda. Lalu ada juga Simu Liu, Scott Evans, hingga John Cena yang berperan sebagai varian Ken.

Lantas berapa biaya produksi dari Barbie Movie ini?

Diketahui, biaya produksi pembuatan film Barbie ini mencapai USD 145 juta. Jika dikonversi dalam rupiah, maka film ini memakan biaya sekitar Rp 2,17 triliun (kurs 15.006 per USD).

 

8 dari 9 halaman

7. Alasan Film Barbie Ratingnya 13 Tahun ke Atas

Film Barbie yang baru saja rilis di bioskop Indonesia, memantik rasa penasaran publik karena beragam alasan. Satu, karena merupakan adaptasi dari mainan legendaris yang tak lekang oleh masa dari generasi ke generasi. Kedua, karena masifnya teknik promosi, ditambah para bintang dan sineas kawakan yang memperkuat jajaran pendukung film ini.

Dari pantauan Liputan6.com di salah satu bioskop besar di kawasan Jakarta Selatan pada penayangan perdana, Rabu 19 Juli 2023, penonton berbondong-bondong ingin menyaksikan film yang dibintangi Margot Robbie tersebut.

Tak sedikit keluarga yang terlihat membawa anak-anak usia TK dan SD yang tampak antusias membawa popcorn berbentuk mirip boks boneka Barbie.

Tapi tahukah Anda rating film Barbie yang sesungguhnya? Di negara asalnya, Barbie mendapat rating PG-13. Dilansir dari Wikipedia, ini berarti beberapa materi dalam film dinilai kurang cocok untuk anak di bawah usia 13 tahun, sehingga orangtua diharap lebih waspada.

Senada dengan penilaian industri film Amerika Serikat, di Indonesia film ini mendapat rating 13+. Pantauan netizen Tanah Air, sejumlah orangtua bahkan ada yang membawa anaknya keluar dari bioskop, diduga karena kecele, mengira film ini diperuntukkan bagi penonton cilik.

“Banyak yang keluar dari bioskop (terutama yang bawa anak) gara2 filmnya ga sesuai ekspektasi hadeh,” kata seorang warganet anonim yang menyertakan foto hasil keputusan LSF tentang rating film Barbie, lewat akun Twitter @moviemenfes.

Menurut catatan People, ada sejumlah alasan mengapa film Barbie mendapat rating PG-13, bukannya untuk semua umur. Yang pertama, karena tema yang diangkat sebenarnya cukup berat.

Misalnya soal eksistensialisme, yang dirangkum dalam kalimat Barbie, “Do you guys ever think about dying? (Kalian pernah berpikir tentang kematian, enggak?).”

Kritikus juga menilai topik yang diangkat dalam film ini lebih cocok untuk dewasa, ketimbang anak-anak. Apalagi target audiens film ini diyakini memang orang dewasa yang dulunya besar bersama Barbie.

Film Barbie juga memiliki muatan feminis yang kuat untuk perempuan, sekaligus membahas bagaimana dunia memandang wanita. Contohnya, pandangan pria di dunia nyata kepada Barbie—bahkan ada yang dengan kurang ajar menyentuh (maaf) bokongnya.

“(Filmnya) tentang bagaimana wanita diperlakukan dan dipandang di dunia ini—bahkan terkadang levelnya mengagetkan,” kata orang dalam dari film ini kepada People.

Selain itu, terdapat beberapa kalimat “menjurus” yang mungkin sebenarnya bakal lewat begitu saja tanpa dipahami penonton cilik.

Salah satunya dialog Barbie yang diperankan Kate McKinnon. Ia berujar, “I’d like to see what smooth blob he’s packing in those shorts (Aku ingin lihat jendolan mulusnya di balik celana pendek itu).”

Ada juga beberapa kata makian—meski ada yang disensor lewat proses editing dengan memberikan efek komedi pada filmnya.

 

9 dari 9 halaman

8. Sinopsis Film Barbie

Film ini menjadi film live action dari Barbie untuk pertama kalinya. Naskah skenario dari film Barbie Movie ditulis oleh Greta bersama Noah Baumbach.

Film ini berkisah tentang kehidupan sosok wanita bernama Barbie yang tinggal di Barbie Land. Pada film ini Margot Robbie berperan sebagai Barbie dan Ryan Gosling sebagai Ken.

Pada poster perdana Barbie tampak Robbie dengan mobil convertible merah muda. Robbie yang berperan sebagai Barbie tingga di Barbie Land.

Iatidak hanya hidup sendiri, Barbie hidup berdampingan dengan masyarakat lainnya juga. Semua wanita disana disebut dengan sebutan barbie, sedangkan laki laki disana disebut dengan sebutan Ken.

Walaupun semua penduduk disana dipanggil dengan nama panggilan yang sama, tetapi mereka bisa mengenali satu sama lain.

Mereka sangat ceria dalam menjalani keseharian disana. Disana pula lebih dominan di pimpin oleh Intitusi tertinggi dan mayoritas kaum wanita (barbie).

Sehingga tidak asing lagi jika banyak keputusan keputusan yang merupakan hasil putusan dari kaum wanita. Pada suatu hari Barbie bertemu dengan seorang pria yang memiliki pesona bernama Ken.

Perkenalan mereka semakin akrab satu sama lain dan tidak lama kemudian mereka saling berhubungan layaknya teman dekat bahkan pasangan.

Pada suatu hari ada kejadian yang tidak terduga di Barbie Land. Seperti kehilangan kemampuan mendarat secara elegan.

Sehingga membuat kakinya yang tak lagi berjinjit seperti mengenakan sepatu hak tinggi.

Kejadian tidak terduga dan janggal tersebut akhirnya membuat Barbie dan Ken memutuskan berpetualang ke dunia manusia. Mereka turun untuk memulai kehidupan yang baru dan bahagia serta mencari tahu apa penyebab dari kejadian tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.