Sukses

Peringati 1 Muharam 1445 Hijriah, Sekjen PPP Ajak Kader Dekatkan Diri ke Masyarakat

Arwani menyebut, momentum 1 Muharam 1445 ini juga dimaknai untuk berhijrah. Seperti meningkatkan kecintaan dan kedekatan PPP dengan masyarakat, serta menebarkan kebaikan.

Liputan6.com, Jakarta Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memperingati Tahun Baru Hijriah 1 Muharam 1445 Hijriah dengan pembacaan doa akhir dan awal tahun, di Kantor DPP PPP, Menteng, Jakarta Pusat.

Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi menuturkan, kegiatan peringatan 1 Muharam telah menjadi rutinitas bersama yang dilaksanakan oleh seluruh dewan pimpinan partai dan kader se-Indonesia.

"Untuk mengawali tahun kita semua berdoa bersama untuk keselamatan dan kesuksesan dalam menjalankan seluruh aktivitas. Pada momentum ini juga dijadikan untuk meningkatkan optimisme semangat mendapat hasil yang baik,” tutur Arwani, di lokasi, Selasa (18/7/2023).

Arwani menyebut, momentum 1 Muharam 1445 ini juga dimaknai untuk berhijrah. Seperti meningkatkan kecintaan dan kedekatan PPP dengan masyarakat, serta menebarkan kebaikan.

"Kegiatan 1 Muharam ini juga akan diisi dengan kegiatan sosial, keumatan, dan penguatan partai di seluruh tingkatan. Terutama meningkatkan kehadiran di tengah masyarakat untuk menebar kebaikan," jelas dia.

Terakhir, Arwani berpesan agar seluruh kader khususnya para calon legislatif (caleg) untuk berkompetisi secara adil dan menciptakan kedamaian menghadapi Pemilu 2024.

"Pesan utama Muharam ini ayo berkompetisi secara fair, menciptakan kedamaian dan kebersamaan menghadapi Pemilu 2024. Agar nantinya bersama-sama untuk membangun Indonesia ke depan,” pungkas dia.

Adapun kegiatan kali ini juga diikuti oleh seluruh kader PPP se-Indonesia melalui virtual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amalan saat Malam Tahun Baru Hijriah

Umat Islam dianjurkan memperbanyak ibadah dan amalan di bulan Muharram atau dalam kalender Jawa disebut bulan Suro.

Kalender Jawa modern (sekarang-red), merupakan adopsi dari kalender Hijriyah. Ada latar belakang politik-strategis kenapa Sultan Agung mengadopsi kalender Hijriyah menjadi kalender Jawa, yang semula menggunakan kalender Saka.

Pada 2023 ini, tahun baru Islam 1445 H 1 Muharram jatuh pada Rabu 19 Juli 2023. Karenanya, malam 1 Suro atau 1 Muharram terjadi pada Selasa petang-malam, 18 Juli 2023.

Di berbagai daerah, ada berbagai tradisi untuk memperingati tahun baru Islam. Pun, dengan masyarakat Jawa yang memiliki tradisi berdasar kearifan lokal. Tentu tidak semua orang bisa melakukan tradisi yang mengharuskan seseorang berada di sebuah tempat dalam jangka waktu yang lama.

Tapi, kita juga tetap bisa melakukan amalan bernilai ibadah pada malam 1 Muharram, meski tengah bepergian. Salah satu rekomendasi amalan malam 1 Suro adalah membaca surat Al-Ikhlas.

Kita akan memperoleh berbagai fadhilah atau keutamaan surat Al-Ikhlas. Kita juga akan bergelimang manfaat dengan membaca surat Al-Ikhlas. Terlebih surat ini pendek dan nyaris seluruh umat Islamhapal di luar kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.