Sukses

Menko PMK Minta Warga di Zona Merah Bencana Gunung Semeru Lumajang Tempati Hunian Relokasi

Muhadjir meminta warga di zona merah bencana Gunung Semeru Lumajang untuk tetap mengikuti arahan pemerintah demi keselamatan, sehingga segera pindah ke hunian tetap yang telah disediakan pemerintah di Desa Sumbermujur.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta warga yang berada di kawasan zona merah peta rawan bencana Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur untuk menempati hunian relokasi yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah setempat.

"Tadi saya cek ada beberapa keluarga yang seharusnya sudah menempati hunian tetap di relokasi malah sekarang tidak ditempati, dia masih tinggal di tempat yang lama," kata Menko PMK saat mengunjungi lokasi pengungsian di Balai Desa Jarit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Sabtu 8 Juli 2023.

Ia menemukan ada beberapa warga yang sudah memiliki rumah di hunian relokasi, namun tidak menempatinya saat berkunjung ke posko pengungsian di Balai Desa Jarit tersebut.

"Sudah seharusnya rumah hunian tetap ditempati karena tempat tinggal sebelumnya juga berada dalam zona merah peta rawan bencana Gunung Semeru," tuturnya yang dikutip dari Antara.

Muhadjir meminta warga untuk tetap mengikuti arahan pemerintah demi keselamatan, sehingga seharusnya segera pindah ke hunian tetap yang telah disediakan pemerintah di Desa Sumbermujur.

Sebelum meninjau ke Balai Desa Jarit, Menko PMK meninjau langsung dampak banjir lahar dingin Gunung Semeru di Dusun Bondeli Selatan, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro dengan didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Sekda Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggul Jebol Imbas Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

Ia langsung melihat kondisi tanggul yang jebol sekaligus meminta Bupati Lumajang untuk melakukan penanganan darurat untuk antisipasi kemungkinan lainnya.

"Saya minta Bupati Lumajang untuk segera mengkoordinasikan dengan kementerian terkait untuk penyelesaian dan penanganan permanen pascabencana banjir lahar dingin Gunung Semeru," ujarnya.

Kunjungan Menko PMK berlanjut pada peninjauan jembatan Kali Regoyo dan di sana sekaligus memberikan sejumlah bantuan sembako secara simbolis kepada warga yang saat ini terisolasi karena akses satu-satunya ke luar wilayah terputus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini