Sukses

Presiden Jokowi Tetap Lanjutkan Kunjungan Kerja di Papua Usai Gempa Jayapura

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap melanjutkan rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di Papua, usai gempa magnitudo 5,0 menguncang wilayah Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023) pukul 11.25.08 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap melanjutkan rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di Papua, usai gempa magnitudo 5,0 menguncang wilayah Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023) pukul 11.25.08 WIB.

Presiden Jokowi mengunjungi salah satu pasar yang ada di Kabupaten Jayapura pada pukul 12.50 WIB.

"Sekarang Bapak Presiden sedang berada di Pasar Pharaa, Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Jumat (7/7/2023).

Dalam video yang diterima Liputan6.com, tampak Jokowi sedang menyapa para pedagang yang ada di Pasar Pharaa. Dia juga terlihat memberikan amplop berupa bantuan untuk pedagang.

Sebelumnya, pihak Istana memastikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam kondisi baik-baik saja saat gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5 mengguncang Kota Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023). Jokowi disebut sedang makan siang di Jayapura saat gempa terjadi di Jayapura.

"13.25 WIT berarti saat Presiden dan rombongan sedang makan siang bersama," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Jumat (7/7/2023).

Menurut dia, Presiden Jokowi tak merasakan guncangan gempa Jayapura. Bey pun memastikan Presiden Jokowi dalam keadaan baik-baik saja.

"Tidak terasa ada gempa, dan saat makan siang tidak ada yang merasakan juga. Kondisi Presiden dalam keadaan baik-baik dan tidak merasakan gempa juga," ujarnya.

"Presiden santap siang bersama Mensesneg, Mendagri, Menteri Investasi, Panglima TNI, Kapolri, Pj Gubernur Papua," sambung Bey.

Bey menyampaikan pasukan pengamanan presiden (Paspampres) memiliki standar pengamanan apabila terjadi sesuatu yang membahayakan Kepala Negara. Dia menyebut aktivitas masyarakat di Papua juga masih berjalan normal.

"Paspampres pastinya sudah punya SOP dalam menghadapi kondisi apapun. Saat ini kegiatan masih berjalan normal. Sepanjang jalan aktivitas masyarakat normal," tutur Bey.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa M 5,0 Guncang Wilayah Jayapura Papua saat Hari Kunjungan Presiden Jokowi

Sebelumnya, gempa Magnitudo 5,0 menguncang wilayah Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023) pukul 11.25.08 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa Jayapura ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,0.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,22° LS ; 140,09° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 53 Km arah Barat Laut Kabupaten Jayapura, Papua pada kedalaman 10 km.

"Melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar," kata Daryono.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault). Getaran gempa turut dirasakan di daerah Kota dan Kabupaten Jayapura dengan skala intensitas III MMI

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," terang Daryono.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Monitoring BMKG

Hingga pukul 11.40 WIB tadi, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 (satu) aktivitas gempabumi susulan. Warga diimbau tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Gempa Jayapura ini bersamaan dengan hari kunjungan Presiden Jokowi ke wilayah Jayapura, Papua. Deputi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin mengabarkan, kondisi Presiden Jokowi dalam keadaan baik-baik saja.

"Kondisi Presiden dalam keadaan baik-baik dan tidak merasakan gempa," jelas Bey.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.