Sukses

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Dijamu Raja Arab Saudi, Beda Gaya di Media Sosial

Kedua tokoh yang didapuk akan menjadi bakal calon presiden yang maju di Pemilu 2024 Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan saling bersua saat menunaikan ibadah haji.

Liputan6.com, Jakarta Kedua tokoh yang didapuk akan menjadi bakal calon presiden yang maju di Pemilu 2024 Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan saling bersua saat menunaikan ibadah haji. Bukan hanya itu saja, keduanya pun mengikuti jamuan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Makkah, Kamis 29 Juni 2023.

Momen itu diabadikan oleh Ustaz Yusuf Manzur yang juga hadir pada acara tersebut. Di mana Anies Baswedan mengenakan batik sementara Ganjar Pranowo mengenakan kemeja putih.

"Yang jelas saya senang, pertemuan ini begitu damai, kontestasi cinta, saling beradu narasi, gagasan, visi misi ke depannya," ujar Yusuf Mansur, Kamis, dikutip dari Antara.

Saat jamuan makan siang ini, kata Yusuf Manzur, dirinya duduk diapit oleh kedua bakal calon presiden tersebut. Mereka sama sekali tidak membahas soal politik.

"Saat momen jamuan makan siang, saya duduk ditengah-tengah Mas Anies dan Mas Ganjar. Kami bercerita mengenai lempar jumrah, pembicaraannya bukan politik," kata dia.

Meski demikian, ada yang berbeda antara keduanya, khususnya di media sosial Instragram mereka. Ganjar tidak mengunggah apapun kegiatan yang berhubungan dengan ibadah haji yang ia lakukan.

Politikus PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah itu lebih banyak mengunggah program di Jawa Tengah dan momen saat mendengarkan aspirasi masyarakat dari hasil kelilingnya di sejumlah wilayah Indonesia.

Sedangkan, Anies Baswedan, beberapa yang terbaru memperlihatkan kegiatannya saat berada di Tanah Suci. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta itu juga mengunggah saat dirinya bertemu dengan pangeran Arab Saudi Muhammad Bin Salman Al-Saud (MBS).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Ungkap Senang Bisa Bertemu MBS

Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengunggah foto bersama Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman bin Abdulaziz bin Abdulrahman al-Saud (Pangeran MBS). Foto tersebut diunggah Anies di akun Instagramnya, @aniesbaswedan pada Jumat (30/6/2023).

Pada foto tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengenakan batik lengan panjang dan peci. Ia terlihat tengah bersalaman dengan Pangeran MBS. Foto itu juga tertulis lokasi di Istana Mina, Makkah. Pertemuan Anies dengan Pangeran MBS ini ternyata dilakukan di sela-sela pelaksanaan ibadah haji 1444 Hijriah.

"Sejatinya haji adalah “panggilan” dari Allah swt. Kami semua adalah Tamu Allah, jamaah haji yg sedang berada di Mina ini adalah Tamu Allah. Kami semua menjawab “panggilan” itu dengan talbiyah: Labaik Allahuma Labaik; aku datang memenuhi panggilan-Mu, ya Allah," tulis Anies di akun Instagramnya, dikutip Jumat (30/6/2023).

Anies mengatakan, ia dan sejumlah tamu lainnya mendapat undangan makan siang dari Raja Salman serta Pangeran MBS di Istana Mina, Makkah pada 29 Juni 2023.

"Sejak 8 Dzulhijah, para tamu raja ditempatkan di Mina Hospitality Palace, sekitar 10 menit dari bangunan utama Istana Raja di Mina. Kompleks istana ini ada di sisi barat daya kawasan Mina," kata Anies.

Saat bertemu dengan Pangeran MBS, Anies menyampaikan terima kasih atas undangan haji dari Kerajaan Arab Saudi. Ia pun menitipkan salam hormat untuk Raja Salman.

"Saat berjumpa dengan Putera Mahkota Pangeran MBS, kami sampaikan ucapan terima kasih atas kehormatan untuk bisa berangkat haji atas undangan dari Kerajaan Arab Saudi dan atas pelayanan yang luar biasa selama tinggal di Makkah ini. Kami titipkan salam hormat untuk ayahanda, Raja Salman, semoga beliau diberikan kesehatan, dipanjangkan umurnya," tutur Anies.

"Kepada Pangeran MBS kami sampaikan juga ucapan selamat, semoga bisa terus menjalankan tugas dengan baik. Semoga bisa kembali berkunjung ke Indonesia, kita ingin makin banyak kerja sama antar Indonesia-Arab Saudi, yang makin mengeratkan persaudaraan antar kedua bangsa yang sudah amat panjang," tambah Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.