Sukses

Potret Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Dijamu Makan Siang oleh Raja Salman

Ustaz Yusuf Manzur mengatakan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo tidak menunjukkan muka cemberut dan mereka menunjukkan keakuran saat memenuhi undangan Raja Salman.

Liputan6.com, Jakarta Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo duduk satu meja di jamuan makan siang atas undangan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Makkah, Kamis 29 Juni 2023.

Dalam foto tersebut Anies Baswedan mengenakan batik sementara Ganjar Pranowo mengenakan kemeja putih. Keduanya duduk mengapit Ustaz Yusuf Manzur yang juga hadir pada acara tersebut.

"Yang jelas saya senang, pertemuan ini begitu damai, kontestasi cinta, saling beradu narasi, gagasan, visi misi ke depannya," ujar Yusuf Mansur, Kamis, dikutip dari Antara.

Saat jamuan makan siang ini, kata Yusuf Manzur, dirinya duduk diapit oleh kedua bakal calon presiden tersebut. Mereka sama sekali tidak membahas soal politik.

"Saat momen jamuan makan siang, saya duduk ditengah-tengah Mas Anies dan Mas Ganjar. Kami bercerita mengenai lempar jumrah, pembicaraannya bukan politik," kata dia.

Ia mengatakan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo tidak menunjukkan muka cemberut dan mereka menunjukkan keakuran.

Ia mengatakan pesan yang disampaikan dari haji ini adalah Rahmatan lil 'Alamin (Rahmat bagi seluruh alam).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertemuan Anies dan Ganjar Bukan yang Pertama Kali

Pertemuan Anies dan Ganjar di Tanah Suci bukan kali pertama. Sebelumnya, mereka bertemu di Mina, Arab Saudi.

Berdasar foto yang diunggah dari story instagram milik Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa @suharsomanoarfa, Ganjar, Anies dan juga Suharso nampak foto bersama di tempat makan. Ketiga mengenakan kain ihram putih dan tersenyum.

Pada foto itu nampak juga istri dari Ganjar, Siti Atiqoh, dan istri Anies yakni Fery Farhati.

3 dari 3 halaman

Pertemuan Anies dan Puan

Dalam undangan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud juga ada Puan Maharani, Nasaruddin Umar, Suharso Monoarfa, Abdul Halim, maupun Ninik Rahayu.

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan Puan dan Anies bertemu pada Jumat, 29 Juni 2023 pukul 19.30 waktu Saudi Arabia. Keduanya bertemu usai melempar jumproh kedua dari Mina.

"Saya mendampingi Mbak Puan dan suami beribadah haji. Kami sedang beristirahat sejenak usai dari Mina untuk melempar jumroh kedua. Tanpa direncanakan kami bertemu dengan Mas Anies Baswedan dan istri di Guest House di Mina, Saudi Arabia,” kata Said.

Dia mengungkapkan, Puan dan Anies hanya bercakap santai dan mendoakan satu sama lain. "Apalagi sedang berada di baitullah sebagai tempat yang bermustajabah untuk berdoa," ujarnya.

Said mengatakan, keduanya berbicara hal yang ringan. Apalagi usai melempar jumroh sebagai simbol telah mengusir hawa jahat dan membuahkan tali silaturahmi.

Said berharap pertemuan kedua tokoh ini bisa menciptakan kondisi politik tanah air lebih sejuk, lebih asyik tanpa ketegangan. Serta tidak ingin suasana Pilpres 2024 penuh ketegangan seperti yang terjadi pada pilpres sebelumnya.

“Karenanya, saatnya memberi teladan kepada rakyat, bahwa perbedaan pilihan politik tidak lantas membuat sesama kita saling memutuskan silaturahmi, apalagi saling bermusuhan," ujar Ketua Banggar DPR ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini