Sukses

Kurban Berkah BAZNAS Bersama Nabilah Ayu Salurkan Daging ke Kampung Gotong Royong Rawamangun

BAZNAS mulai mendistribusikan daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya penyaluran daging ke Kampung Gotong Royong Rawamangun.

Liputan6.com, Jakarta Menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS menghadirkan program Kurban Berkah BAZNAS. Melalui program ini masyarakat Indonesia dapat berkurban dengan mudah dan nyaman secara online tanpa harus keluar rumah. Layanan kemudahan itu mulai dari pembelian hewan kurban, pemeliharaan, pengawasan, proses pemotongan hingga pendistribusian daging kurban ke masyarakat.

Memasuki Idul Adha yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah, BAZNAS mulai mendistribusikan daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya penyaluran daging ke Kampung Gotong Royong Rawamangun yang dilakukan oleh Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, H. Rizaludin Kurniawan, S.Ag., M.Si. bersama Nabilah Ratna Ayu Azalia, Mantan Personil JKT48.

Rizaludin Kurniawan mengatakan BASNAZ mulai melakukan penyaluran daging kurban ke daerah-daerah, salah satunya secara simbolis menyumbangkan 5 kambing dan 15 paket daging olahan ke Kampung Gotong Royong Rawamangun.

"Kita hari ini ada giat penyaluran daging segar dari titipan para pengkurban. Kita potong di balai ternak kemudian didistribusikan. Kita memilih Kampung Gotong Royong Rawamangun karena hasil survei kampung ini betul-betul layak sekali menerima daging segar," ungkap Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan, H. Rizaludin Kurniawan, S.Ag., M.Si.

Rizaludin mengungkapkan ada sekitar 50-an penerima manfaat. BAZNAS telah melakukan koordinasi dengan pihak RT/RW dan masyarakat setempat untuk memastikan bahwa daging kurban dapat tersalurkan tepat sasaran dengan tujuan solidaritas sekaligus sebagai wujud mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Tujuannya kita mengambil hikmah dari Idul Adha ini, pertama pendekatan diri kepada Allah dan kedua mendekatkan diri kepada sesama melalui solidaritas sosial berbagi. Dengan memotong hewan kurban lalu dibagikan kepada para fakir miskin itulah hikmah yang ingin kita dorong," ungkapnya.

Dalam penyaluran kali ini, BAZNAS menggandeng Mantan Personel JKT 48 Nabilah Ratna Ayu Azalia, seorang sahabat BAZNAS yang telah lama mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang diselenggarakan BAZNAS.

"Semoga banyak teman-teman dan masyarakat memberikan sedekah kurban melalui BAZNAS untuk membantu masyarakat Indonesia yang masih mungkin kekurangan," harap Nabilah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BAZNAS Harap Kurban Tahun Ini Naik 30 Persen

Pada program Kurban Berkah Baznas tahun 2023 ini, Rizaludin Kurniawan mengharapkan ada kenaikan jumlah hewan kurban yang disalurkan ke masyarakat. 

"Saat ini masih dalam pendataan, diperkirakan ada sekitar 4-5 juta ekor hewan kurban yang akan disalurkan ke masyarakat. Harapannya, meningkat sekitar 30 persen dari tahun sebelumnya (2022)," kata Rizaludin.

Penyaluran program Kurban Berkah BAZNAS berlangsung serentak secara nasional di 514 lokasi selama 3 hari. Penyaluran daging dibagi dalam bentuk daging segar dan daging olahan yang memiliki daya tahan hingga 2 tahun. 

Di wilayah DKI Jakarta diperkirakan ada sekitar 20 ribu ekor hewan kurban yang akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Melalui program Kurban Berkah BAZNAS 2023, Rizal berharap semakin banyak masyarakat yang terbantu dan tercukupi kebutuhan daging kurban serta mendapatkan manfaat yang dalam jangka waktu yang lebih lama. Pada akhirnya bisa meningkatkan semangat berbagi dan gotong royong di masyarakat Indonesia dan menciptakan kesejahteraan yang lebih luas bagi semua.

Sebagai informasi, hewan-hewan kurban bersumber dari balai-balai ternak binaan BAZNAS yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Balai ternak BAZNAS memiliki Program pengembangan ekonomi mustahik di sektor peternakan. Mustahik diberdayakan dengan pemberian modal, pendampingan melalui pelatihan, pengawasan juga bantuan pemasaran hasil hewan ternak agar dapat mencapai kemandirian ekonomi.

BAZNAS memastikan seluruh aspek Kurban Berkah BAZNAS akan dilaksanakan dengan prinsip 3A yaitu Aman Syar’I, Aman Regulasi, dan Aman NKRI.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini