Sukses

Prabowo Ungkap Alasan Tak Hadir Saat Peringatan Bulan Bung Karno di GBK

Sebelumnya, Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria menjelaskan, Prabowo ada agenda lain sehingga tidak dapat hadir dalam acara Bulan Bung Karno di GBK.

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menjelaskan alasan tidak menghadiri acara Puncak Peringatan Bulan Bung Karno yang digelar PDI Perjuangan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/6). Menteri pertahanan ini mengaku sedang berada di luar negeri.

"Saya kan di luar negeri waktu itu," katanya kepada wartawan di Istana Negara, Senin (26/6/2023).

Prabowo mendatangi Istana untuk melaporkan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi tentang kunjungannya ke Eropa. Ia melaporkan perkembangan terakhir di dunia internasional.

"Saya melaporkan hasil kunjungan saya ke luar negeri ke Eropa kita bicarakan sedikit masalah geopolitik, masalah perkembangan terakhir di internasionalada beberapa hal yang dapat petunjuk dari bapak presiden saya kira akan kita laksanakan petunjuk-petunjuk beliau," ujar Prabowo.

Sebelumnya, Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria menjelaskan, Prabowo ada agenda lain sehingga tidak dapat hadir dalam acara itu. Riza tidak memberikan informasi detail kemana Prabowo ketika Peringatan Bulan Bung Karno.

"Ya saya tidak tahu detailnya, yang saya tahu memang beliau banyak sekali acara dan kegiatannya," kata Riza di Gelanggang Remaja Jakarta Utara, Minggu (25/6).

Sementara itu, PKB yang merupakan partai koalisi dengan Gerindra hadir dalam acara konsolidasi tersebut. Meski diwakili oleh Waketum PKB Jazilul Fawaid.

Riza bicara sikap Gerindra yang menghormati perbedaan politik. Prabowo selalu menganggap tokoh bakal capres seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebagai sahabat.

"Jadi mari kita sebagai elemen bangsa, saling guyub, saling mempersatukan, saling menghormati, menghargai. Pak Prabowo menyampaikan di banyak kesempatan mas Ganjar, mas Anies adalah sahabat saya begitu disampaikan Pak Prabowo," ujarnya.

"Mari kita berkompetisi secara sehat, secara damai, dan mengajukan ide, gagasan dan program-program visi misi untuk kemajuan, kesejahteraan rakyat Indonesia," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Tokoh Hadir saat Bulan Bung Karno di GBK

Sebelumnya, sejumlah tokoh elite nasional hadir di acara peringatan puncak Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (24/6). Selain seluruh struktur PDIP serta para simpatisan dan relawan, terlihat hadir ketua umum dari parpol lain.

Di antaranya ialah Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono, lalu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menggunakan baju partainya.

Mardiono bahkan sempat duduk dan berbincang bersama Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Tampak Bacapres Ganjar Pranowo, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Prananda Prabowo berada di ruangan.

Selain itu, ada Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Sementara PKB diwakilkan oleh Wakil Ketua Umumnya Jazilul Fawaid. Kedatangan elite parpol itu sama-sama menggunakan mobil golf untuk masuk ke dalam Stadion Utama GBK.

 

3 dari 3 halaman

Beberapa Menteri Jokowi Hadir

Tampak juga Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang berbincang dengan para tokoh politik itu. Selain Gus Yaqut, sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju juga turut hadir.

Di antaranya Menteri Sekretariat Kabinet Pramono Anung, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono.

Kemudian ada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menko PMK Muhadjir Effendy. Kemudian ada Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. Terlihat juga hadir Mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Ketua Lemhanas Andy Widjajanto, Kepala BPOM Penny Lukito, Watimpres Sidarto Danusubroto.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini