Sukses

6 Ucapan, Doa, dan Harapan di Ulang Tahun Jakarta dari Sekda DKI, Anies Baswedan, hingga Sandiaga Uno

Tepat pada hari ini, Kamis (22/6/2023), Kota DKI Jakarta genap berulang tahun ke-496. Upacara ulang tahun Jakarta pun dihelat di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, Kamis (22/6/2023), Kota DKI Jakarta genap berulang tahun ke-496. Upacara ulang tahun Jakarta pun dihelat di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta bertindak sebagai inspektur upacara. Dia mengenakan baju adat bangsawan Betawi, yaitu Ujung Serong. Sedangkan, perwira upacara dipimpin oleh Fredy Setiawan dan komandan upacara Mochamad Miftahullah Tamary.

Kemudian, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono turut menyampaikan harapan. Salah satunya ia berharap agar Jakarta tidak banjir lagi.

"Semoga lancar semua, semoga tidak banjir, semoga tidak ada hal-hal yang merugikan masyarakat," ujar Heru usai memimpin upacara ulang tahun Jakarta di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023).

Ada pun, menurut Heru, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan sederet strategi dalam mengatasi banjir yang kerap melanda Ibu Kota Jakarta. Salah satunya, dengan melakukan pengendalian banjir sebagai salah satu agenda prioritas.

Selain itu, Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi menyoroti tema HUT ke-496 DKI Jakarta 'Jadi Karya untuk Nusantara'.

Pras pun menilai, tema tersebut merupakan momentum untuk mengajak masyarakat bersinergi mengantarkan perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara atau Kalimantan Timur.

"Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara antara lain meningkatkan taraf hidup masyarakat, memajukan ekonomi, memperkuat sistem demokrasi, dan menjaga warisan budaya," kata Pras.

Berikut sederet harapan, ucapan, dan doa di hari ulang tahun atau HUT ke-496 DKI Jakarta dari para tokoh dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sekda DKI Jakarta Harap Ibu Kota Tetap Jadi Pusat Perputaran Ekonomi Indonesia

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menegaskan bahwa di usia ke-496 tahun, Kota Jakarta akan tetap menjadi pusat perekonomian, budaya, dan simpul pertemuan suku bangsa di Indonesia dan dunia.

"Ini menjadi momen yang istimewa untuk merefleksikan sejarah prestasi dan potensi masa depan Kota Jakarta," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono saat menghadiri malam perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-496 DKI Jakarta di Jakarta Fair Kemayoran 2023, dikutip dari Antara, Kamis (22/6/2023).

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya berkumpul untuk merayakan HUT ke-496 DKI Jakarta.

Joko menyebut, perayaan HUT ke-496 DKI Jakarta kali ini mengusung tema 'Jakarta, Jadi Karya Untuk Nusantara'.

Selain itu, katanya, peringatan HUT DKI ini juga menunjukkan optimisme Jakarta dalam mengoptimalkan seluruh sumber dayanya.

"Juga mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan, menjadi barometer nusantara, serta pemantik kemajuan bagi daerah lain di Indonesia," jelas Joko.

 

3 dari 7 halaman

2. Harapan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta

Ibu Kota DKI Jakarta resmi berusia 496 pada hari ini Kamis (22/6/2023). Di HUT kali ini, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap agar Jakarta tidak banjir lagi.

"Semoga lancar semua, semoga tidak banjir, semoga tidak ada hal-hal yang merugikan masyarakat," kata Heru usai memimpin upacara HUT ke-496 DKI Jakarta di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Ada pun Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan sederet strategi dalam mengatasi banjir yang kerap melanda Ibu Kota Jakarta. Salah satunya, dengan melakukan pengendalian banjir sebagai salah satu agenda prioritas.

"Prioritas kami adalah warga. Segala hal yang berdampak langsung dengan warga, baik itu keselamatan, kenyamanan, maupun kemudahan, akan terus kami utamakan," kata Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono seperti dikutip dalam rilis PPID DKI Jakarta, Sabtu 18 Maret 2023.

Menurutnya, Pemprov DKI melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) telah melakukan berbagai upaya penanganan banjir, khususnya di 12 titik genangan berulang yang kini berhasil diatasi.

Dengan target dari 100 persen penanganan genangan di 58 titik juga berhasil ditangani kurang dari 6 jam. Sedangkan 85,14 persen penanganan genangan di 212 titik berhasil ditangani kurang dari 2 jam.

"Terkait banjir ini, karena menyangkut keselamatan warga yang juga dipengaruhi oleh faktor alam, kami siapkan berbagai langkah antisipasi hingga penanganan yang cepat dan tuntas," terang Heru.

Selain itu, Heru mewanti-wanti Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta agar bersikap netral jelang Pemilu 2024. Pasalnya, kata dia, Jakarta bakal menjadi barometer politik bagi daerah lain di Indonesia.

"Saya mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara untuk menjaga integritas dan profesionalisme dengan tetap bersikap netral," jelas Heru.

 

4 dari 7 halaman

3. Ketua DPRD DKI Harap Pemprov Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat Sebelum Ibu Kota Pindah

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyoroti tema HUT ke-496 DKI Jakarta 'Jadi Karya untuk Nusantara'.

Pras menilai, tema tersebut merupakan momentum untuk mengajak masyarakat bersinergi mengantarkan perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara atau Kalimantan Timur.

Untuk mendukung dan mensukseskan perpindahan Ibu Kota Negara ini, Pras meminta Pemprov DKI serius dalam menata dan mengelola pemerintahan yang lebih efisien.

"Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara antara lain meningkatkan taraf hidup masyarakat, memajukan ekonomi, memperkuat sistem demokrasi, dan menjaga warisan budaya," kata Pras saat pidato di Rapat Paripurna HUT ke-496 DKI Jakarta, Kamis (22/6/2023).

Selain dari sisi pemerintahan, Pras juga meminta warga Jakarta bertanggung jawab dalam membangun Indonesia menjadi negara yang maju, sejahtera, dan demokratis serta mampu bersaing di tingkat global.

"Sebagai masyarakat Jakarta, kita harus memiliki tanggung jawab untuk memperjuangkan kepentingan bangsa dan negara serta menjaga keutuhan dan kedaulatan Indonesia," jelas Pras.

 

5 dari 7 halaman

4. Mantan Gubernur DKI Jakarta Turut Ucapkan Selamat

Tak ketinggalan, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga ikut mengucapkan selamat ulang tahun ke-496 bagi Jakarta.

Ucapan itu diunggah Anies melalui akun sosial media Instagram miliknya @aniesbaswedan.

"Jakarta adalah warganya.

Berjuta orang dan cerita mengisi hampir lima abad perjalanan kota Jakarta. Setiap tanggal 22 Juni kita merayakan kehangatan, kegigihan, keguyuban, dan keceriaan warga Jakarta. Lebih dari sekadar tempat berkarya, kota yang jadi rumah untuk semua," tulis Anies melalui akun Instagram miliknya @aniesbaswedan.

 

6 dari 7 halaman

5. Menparekraf Sandiaga Uno Harap Warga Jakarta Makin Bahagia

Pasangan Anies Baswedan terdahulu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-496 untuk Ibu Kota.

Ucapan itu juga diunggah Sandiaga yang kini menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) melalui akun sosial media Instagram miliknya @sandiuno.

"Jalan-jalan ke Ibu Kota,jajan kuliner bareng si nyonyaSelamat ulang tahun DKI JakartaSemoga semakin bahagia warganya

Hari ini adalah momen istimewa untuk merayakan perjalanan luar biasa yang telah dilalui sebagai ibu kota yang megah dan dinamis. Jakarta terus tumbuh dan berkembang menjadi kota metropolitan yang penuh potensi dan peluang.

Kita patut berbangga dengan kekayaan budaya, keragaman, dan semangat warga Jakarta. Kota ini tidak hanya dikenal sebagai pusat pemerintahan, tetapi juga sebagai tempat di mana mimpi menjadi kenyataan. Melalui semangat inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, Jakarta telah menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, pusat seni dan budaya, serta sumber lapangan kerja yang melimpah. Mari terus bergotong-royong untuk mengoptimalkan potensi luar biasa kota Jakarta yang punya banyak cerita!

Ngomong-ngomong, siapa yang siap berburu promo-promo menarik dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-496 ini?😁🙌🏻," kata Sandiaga.

 

7 dari 7 halaman

6. Menhan Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengunggah sebuah foto di akun sosial media Instagram miliknya @prabowo.

Foto itu adalah Monumen Nasional atau Monas yang nampak dari kejauhan dan luas sekali. Meski begitu, Ketua Umum Partai Gerindra ini tak menuliskan caption apa pun diunggahannya.

Namun, ia turut memeriahkan peringatan ulang tahun Ibu Kota dengan mengunggah foto ikon Kota Jakarta, yaitu Monas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.