Sukses

HUT ke-496, DKI Jakarta Tetap jadi Pusat Perputaran Ekonomi Indonesia

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menegaskan bahwa di usia ke-496 tahun, Kota Jakarta akan tetap menjadi pusat perekonomian, budaya, dan simpul pertemuan suku bangsa di Indonesia dan dunia.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menegaskan bahwa di usia ke-496 tahun, Kota Jakarta akan tetap menjadi pusat perekonomian, budaya, dan simpul pertemuan suku bangsa di Indonesia dan dunia. 

"Ini menjadi momen yang istimewa untuk merefleksikan sejarah prestasi dan potensi masa depan Kota Jakarta," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono saat menghadiri malam perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-496 DKI Jakarta di Jakarta Fair Kemayoran 2023, dikutip dari Antara, Kamis (22/6/2023).

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya berkumpul untuk merayakan HUT ke-496 DKI Jakarta. 

Joko menyebut, perayaan HUT ke-496 DKI Jakarta kali ini mengusung tema 'Jakarta, Jadi Karya Untuk Nusantara'.  

Selain itu, katanya, peringatan HUT DKI ini juga menunjukkan optimisme Jakarta dalam mengoptimalkan seluruh sumber dayanya.

"Juga mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan, menjadi barometer nusantara, serta pemantik kemajuan bagi daerah lain di Indonesia," ujar Joko.  Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono saat memberikan sambutan pada malam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Kota Jakarta di Jakarta Fair Kemayoran 2023, Rabu (21/6/2023). ANTARA/Siti Nurhaliza

Pemprov DKI berharap, momentum HUT ke-496 Kota Jakarta bermakna harapan untuk membuat Jakarta menjadi kota global dan berskala internasional dalam bidang ekonomi jasa. Pemprov DKI Jakarta, kata Joko juga akan terus berupaya mewujudkan cita-cita pembentukan negara yang bermasyarakat, adil dan makmur.

Lebih lanjut, PT JIExpo diharapkan turut memajukan industri, terutama industri pameran, perdagangan dan pariwisata dalam rangka memperkuat ekonomi domestik melalui penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran.

Perayaan Jakarta Fair Kemayoran menjadi wujud semangat sinergi antara Pemprov DKI Jakarta dan PT JIExpo dalam menghadirkan pameran berbagai produk unggulan untuk masyarakat, baik yang tinggal maupun berkunjung ke Jakarta. "Sekali lagi saya sampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran PT JIExpo selaku mitra penyelenggara, pihak sponsor, pendukung acara, serta para peserta dari dalam dan luar negeri yang berpartisipasi pada Jakarta Fair Kemayoran 2023," jelas Joko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jakarta Fair

Sejak 1968, Jakarta Fair telah memberikan ruang untuk merayakan kemajuan Kota Jakarta sekaligus menjadi salah satu ajang pameran ikonik yang menampilkan berbagai produk berkualitas, hiburan dan tujuan rekreasi.

Kehadiran Jakarta Fair memberikan suasana khas perayaan HUT Kota Jakarta, sekaligus menjadi wadah untuk mengoptimalkan potensi produk lokal, membuka peluang berwirausaha bagi masyarakat, serta memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Sebelumnya, Marketing Director JiExpo Kemayoran Ralph Scheunemann mengatakan Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.500 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.500 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan pemberian potongan harga atau diskon.

"Penyewa ada 2.500 perusahaan dengan 1.500 stan dan yang menggembirakan adalah pembagian-nya itu kurang lebih adalah 60 persen pihak swasta dan 40 persen UMKM," kata Ralph dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/6).

3 dari 4 halaman

Ulang Tahun Jakarta, Naik TransJakarta, MRT, dan LRT Cuma Bayar Rp 1 Hari Ini

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan tarif Rp1 untuk transportasi umum TransJakarta, MRT, LRT pada Kamis (22/6) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Jakarta. Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta pada tahun ini memasuki ke-496.

"Sebenarnya gratis, tapi karena terkait dengan pencatatan transaksi maka dikenakan satu rupiah saja," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dikutip dari Antara, Kamis (22/6/2023).

Enam+02:52VIDEO: Upaya Selamatkan Nilai Mata Uang Lokal di Zimbabwe Syafrin menyampaikan layanan Rp1 berlaku pada 22 Juni 2023 pukul 00.00-23.59 WIB. Namun, pengguna transportasi umum tetap wajib menempelkan tiket (tap in) di gerbang penumpang agar saldo uang elektronik terpotong Rp1 dan tercatat telah melakukan transaksi di dalam sistem.

"Namun dalam penerapannya karena agar tercatat satu kali transaksi maka tetap akan dicatat Rp1. Satu rupiah saja, hitungannya Rp1 kan gratis," ujar Syafrin.

Direktur Utama TransJakarta Welfizon Yuza mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan TransJakarta sebagai moda transportasi yang memiliki peran utama dalam perubahan iklim di DKI Jakarta menjadi lebih baik.

"Untuk layanan TransJakarta, Mikrotrans, TransJakarta Cares, Bus Wisata tetap berlaku tarif Rp0 atau gratis. Bagi pelanggan dihimbau untuk membawa kartu uang eletronik (KUE) ketika akan menggunakan layanan TransJakarta. Untuk selalu mendapatkan informasi terbaru tentang TransJakarta," jelas Welfizon dalam keterangan tertulisnya.

 

4 dari 4 halaman

Dukung Kebijakan Pemprov DKI Jakarta

Lalu, Head of Corporate Secretary Division PT LRT Jakarta Sheila Indira Maharshi mengaku mendukung kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang menerapkan tarif Rp1 bagi penumpang besok.

“Sebagai salah satu operator transportasi publik yang melayani segenap masyarakat Jakarta, LRT Jakarta mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai penerapan tarif Rp1 di LRT Jakarta pada tanggal 22 Juni 2023,” kata Sheila Indira Maharshi.

Begitupun dengan Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi yang turut memberlakukan tarif Rp1 sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta e-0078 Tahun 2023 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Transportasi Umum Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta Dalam Rangka HUT ke-496 Jakarta.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini