Sukses

Infografis Kunjungan Kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito ke Indonesia

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako menggelar lawatan kenegaraan 7 hari ke Indonesia. Lawatan Naruhito sebagai kunjungan kedua Kaisar Jepang ke Indonesia setelah Kaisar Akihito pada Oktober 1991.

Liputan6.com, Jakarta - Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako memulai lawatan kenegaraan ke Indonesia selama 7 hari. Rombongan Kaisar Naruhito Tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu 17 Juni 2023.

Kunjungan Kaisar Jepang ke Indonesia ini sekaligus lawatan perdana kenegaraan Naruhito ke luar negaranya sejak naik takhta pada 1 Mei 2019. Selain itu, lawatan Naruhito sebagai kunjungan kedua Kaisar Jepang ke Indonesia. Sebelumnya, Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko datang pada 31 Oktober 1991.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menerima kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin 19 Juni 2023. Presiden Jokowi menyampaikan kunjungan tersebut dapat memperkokoh fondasi persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Jepang.

"Saya merasa sangat-sangat terhormat karena Indonesia menjadi kunjungan pertama, kunjungan kenegaraan bilateral Kaisar Jepang ke luar negeri. Kunjungan Sri Baginda Kaisar (Kaisar Naruhito) beserta Sri Baginda Permaisuri (Permaisuri Masako) ke Indonesia makin memperkokoh fondasi persahabatan di antara masyarakat kita," ujar Presiden Jokowi di Bogor, Jawa Barat, Senin 19 Juni 2023.

Lawatan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako diharapkan mampu memberikan kesan baik bagi persahabatan kedua negara. "Sri Baginda, persahabatan antarmasyarakat, antarnegara, antara Jepang dan Indonesia penting untuk terus disemai di tengah berbagai tantangan yang dialami dunia saat ini," Jokowi menambahkan.

Adapun Kaisar Naruhito menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan keramahan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana. Terutama telah mengajak berkeliling di Kebun Raya Bogor.

"Saya sangat berharap bahwa pertukaran antara generasi muda kedua negara akan makin mengembangkan persahabatan antara kedua negara," ucap Kaisar Jepang tersebut menambahkan.

Pertemuan di Istana Bogor sebagai salah satu rangkaian agenda Kaisar Naruhito di Indonesia. Apa saja agenda lawatan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Indonesia? Simak dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Kunjungan Kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito ke Indonesia

3 dari 3 halaman

Infografis Sederet Agenda Kaisar Jepang Naruhito di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.