Sukses

KSP Yakin LRT Jabodetabek Siap Soft Launching Pertengahan Juli 2023

Kantor Staf Presiden (KSP) mengaku optimis, pengoperasian Proyek Strategis Nasional (PSN) LRT Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek) yang rencananya akan soft launching pada tanggal 12 Juli 2023 bisa terwujud.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Staf Presiden (KSP) mengaku optimis, pengoperasian Proyek Strategis Nasional (PSN) LRT Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek) yang rencananya akan soft launching pada tanggal 12 Juli 2023 bisa terwujud. Termasuk tahap progress sarana dan prasarananya yang sudah mencapai 99,37%.

“KSP ingin memastikan kesiapan aksesibilitas moda transportasi penunjang lain atau angkutan feeder maupun jalan akses pada setiap stasiun LRT di DKI Jakarta, Kota Depok dan Kota Bekasi (sudah rampung),” tegas Tenaga Ahli Utama KSP, Helson Siagian, saat membuka Rapat Kesiapan Pengoperasian LRT Jabodebek seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (17/6/2023).

Helson meyakini, hadirnya LRT mampu mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jabodebek akibat dominasi penggunaan kendaraan pribadi. Selain itu, pembangunan LRT juga memiliki spirit untuk mendorong masyarakat beralih ke transportasi publik yang sudah terintegrasi.

“Seluruh stasiun harus memiliki akses ke angkutan umum lain,” sambung Helson.

Helson menambahkan, selain kesiapan aksesibilitas, sejauh ini masih ditemukan kendala terkait pemanfaatan aset Barang Milik Negara dan Barang Milik Daerah yang perlu dicarikan solusinya. Karena itu, KSP menjembatani penyelesaian tersebut sehingga menghasilkan beberapa kesepakatan antara para pihak terkait.

Senada dengan itu, Ferdian Suryo Adhi Pramono selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengembangan Prasarana Transportasi Perkotaan/Urban Transport, mengatakan bahwa tidak ada kendala teknis berarti dalam pengerjaan dan saat ini sedang dalam proses trial run.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

18 titik Stasiun Pemberhentian LRT

Sebagai informasi, Proyek LRT Jabodebek sesuai dengan Permenko Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 yang memiliki 18 titik stasiun pemberhentian di 3 lintas pelayanan yaitu Cawang-Bekasi, Cawang-Cibubur, dan Cawang-Dukuh Atas.

Dengan beroperasinya LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif moda transportasi untuk penumpang yang menghubungkan Kota Bekasi, Kota Depok dan DKI Jakarta

Layanan LRT Jabodebek dijadwalkan akan melakukan operasi terbatas pada 12 Juli 2023 sampai dengan peresmian 18 Agustus 2023 bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia ke 78.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.