Sukses

Meriahkan HUT ke-541 Kota Bogor, Pemkot Gelar Helaran Minggu 4 Juni 2023

Ketua Panitia HJB ke-541, Rakhmawati menyampaikan untuk memeriahkan HUT Bogor ini akan digelar kesenian helaran atau disebut juga dengan arak-arakan atau karnava

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan kembali menggelar helaran untuk merayakan Hari Jadi Bogor ke-541 pada Minggu (4/6/2023). Rencananya, ajang tahunan ini akan berlangsung di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB.

Ketua Panitia HJB ke-541, Rakhmawati menyampaikan untuk memeriahkan HUT Bogor ini akan digelar kesenian helaran atau disebut juga dengan arak-arakan atau karnaval.

Helaran yang mengusung tema 'Rumawat Pusaka Kota' akan menghadirkan pertunjukan seni dan budaya nusantara. Salah satunya iring-iringan jempana atau tandu yang dibawa dari masing-masing kecamatan.

"Jempana dengan panjang 2 meter dan tinggi 1,5 meter akan dibawa oleh peserta di setiap kecamatan," kata Rakhmawati, Jumat (2/6/2023).

Jumlah peserta yang ikut memeriahkan HJB kali ini diperkirakan berkisar ribuan orang. Mulai dari unsur pemerintahan hingga dari berbagai komunitas seni dan budaya di Bogor. Masing-masing komunitas akan diwakili oleh 25 hingga 40 peserta.

"Setiap komunitas atau per kecamatan memiliki tema berbeda. Setiap kecamatan juga harus menampilkan potensi atau ciri khas mereka," lanjut Ketua Panitia HJB ke 541 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diwarnai Iring-Iringan Berkuda dari Wali Kota Bogor Bima Arya

Sementara, helaran akan dibuka dengan iring-iringan rombongan berkuda dari Wali Kota Bogor Bima Arya bersama jajaran, termasuk unsur Forkopimda.

Sedangkan, para istri dari unsur Forkopimda akan mengiringi rombongan berkuda dengan menaiki kereta kencana.

"Sebelum membuka acara, unsur Forkopimda akan melakukan perjalanan dari Balai Kota menuju Jalan Sudirman," kata dia.

Lebih lanjut dikatakan Rakhmawati, pada peringatan HJB kali akan dihadiri tamu undangan seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Jepang Kisarazu Yoshikuni Watanabe, Kedutaan Besar Jepang, Australia hingga Perancis.

"Untuk para tamu undangan ini sudah fix akan hadir," ucapnya. 

3 dari 3 halaman

Momen HUT ke-206 Kebun Raya Bogor, Megawati Resmikan Rumah Kaca Anggrek Soedjana Kassan

Sebelumnya, Kebun Raya Bogor merayaka hari jadinya yang ke-205. Hadir dala acara tersebut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang meresmikan Rumah Kaca Anggrek Soedjana Kassan yang berada dalam kompleks Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Rabu, 17 Mei 2023.

Pada kesempatan itu, Megawati bernostalgia pada masa kecilnya hingga menceritakan upayanya memperbanyak kebun raya di Indonesia.

Megawati mengenang pada masa kecil ketika tinggal di Istana Bogor bersama sang ayah Presiden Pertama RI Soekarno.

"Nostalgia sedikit. Saya, kan, anak presiden, suka tidur di Istana. Liburan, keliling Kebun Raya," kata Megawati Soekarnoputri dalam sambutannya.

Megawati menuturkan dari Kebun Raya itu sering kali bersama kakaknya bermain. Bahkan, beberapa kali mereka bermain ke tempat-tempat yang berhubungan dengan alam.

"Kalau ada truk sampah, selalu kami, kan, (main), saya taruh sepeda saya, saya ikut naik sama kakak saya ke truk sampah kecil yang sudah dibuang sampahnya. Mancing di Kali Ciliwung, lalu cari udang di sungai," kata Megawati.

Keterkaitannya dengan alam itulah yang membuat Megawati mendirikan Yayasan Kebun Raya Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.